3 Cara Belajar Berkebun Online di Internet Paling Mudah

Sekarang Anda bisa belajar menanam tumbuhan lewat channel YouTube atau Instagram. Semua menjadi lebih mudah karena banyak orang berbagi tips berkebun.
Cara Belajar Berkebun Online di Internet (treehugger.com)


Berkebun adalah salah satu pilihan yang dilakukan selama pandemi karena bermanfaat dan berdampak positif bagi kesehatan fisik dan mental. 


Dengan semua batasan, pemula harus belajar berkebun secara online.

Bagi Anda yang lebih semangat belajar berkebun di rumah, semua referensi berkebun online pasti akan diserap habis.


Sekarang Anda bisa belajar menanam tumbuhan lewat channel YouTube atau Instagram. Semua menjadi lebih mudah karena banyak orang berbagi tips berkebun di internet. Sehingga tanpa tatap muka sekalipun, Anda bisa belajar cara berkebun di rumah dan mudah.


Perluas referensi internet Anda untuk memaksimalkan aktivitas berkebun dalam ruangan Anda. Sumber bisa berasal dari artikel yang tersebar di internet, media sosial (medsos), atau berbagai channel YouTube tentang berkebun.


1. Cari Referensi Berkebun di YouTube


Pencarian referensi yang cermat sangat penting bagi para pemula untuk menjawab berbagai pertanyaan yang membingungkan seperti: berapa komposisi pupuk, tanaman sehat apa yang harus diberi makan, jenis tanaman apa yang harus lebih banyak terkena cahaya, dan sebagainya.


Beberapa channel YouTube di bawah ini mungkin bisa menjadi rekomendasi Anda sebagai referensi untuk belajar berkebun:


  1. Hidup alami ala Momi Ike
  2. MGB garden
  3. Kebun organik
  4. The gardening channel with James Prigioni
  5. Taman Inspirasi


2. Belajar Berkebun dari Instagram


Bergabung dengan komunitas urban farming tidak hanya tentang mencari teman, tetapi juga belajar dari mereka di waktu yang sama. Berikut beberapa komunitas berkebun yang bisa Anda ikuti di Instagram:


  1. Kebun Ide (@kebunide)
  2. Sendalu Permaculture (@sendalu.permaculture)
  3. YPBB Bandung (@ypbbbandung)
  4. Jakarta Berkebun (jktberkebun)
  5. Kebun Kumara (@kebunkumara)


3. Belanja Kebutuhan Kebun secara Online


Karena adanya kendala sosial berskala besar (PSBB), tentunya segala aktivitas luar ruangan, termasuk belanja berkebun, menjadi terbatas.


Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan toko online, media sosial seperti Instagram untuk membeli semua yang Anda butuhkan untuk berkebun selama PSBB.


Mulai dari metan atau media tanam, bibit, tunas tanaman segar, sekop hingga pupuk bisa Anda beli secara online. Ingatlah bahwa sebelum membeli, pastikan toko online yang Anda pilih memiliki ulasan konsumen yang baik.


Baca juga:

7 Aplikasi Belajar Online dari Rumah Biar Aman dari Virus Corona
Belajar Main Saham Online Gratis dan Menguntungkan
Cara Melihat Jawaban Soal dan Token Password di Google Form


Tips tambahan, berkebun di taman dengan sabar. Penanaman, perawatan, penyiraman dan pemupukan merupakan proses yang harus dilakukan dengan hati-hati agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.


Melalui proses ini, mentalitas Anda secara tidak langsung akan terlatih untuk mengimplementasikan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari, yaitu lebih sabar dalam menghadapi segala hal.

Posting Komentar