Aplikasi Belajar Online dari Rumah (metropolitan.id)

Saat ini Virus Corona sukses membuat seluruh warga di dunia panik. Bagaimana tidak, penyebaran virus ini begitu cepat hingga menewaskan ribuan orang. Oleh karena itu, sebagian orangtua memilih meliburkan anak-anaknya dan menyuruhnya belajar online dari rumah.

Sekarang belajar tidak perlu di sekolah. Pasalnya, kini sudah ada beberapa aplikasi belajar online gratis. Siswa, mahasiswa, hingga pekerja bisa membuka aplikasi atau website untuk belajar online dari mana saja.

Baca juga: 3 Cara Mudah Mendeteksi Virus Corona dari Smartphone

Sebagian besar fitur yang diberikan gratis, tapi ada juga yang berbayar. Meski begitu, tentu saja belajar dari internet ini lebih memudahkan siswa. Cukup berbekal ponsel atau smartphone, anak-anak bisa belajar sendiri.

Aplikasi Belajar Online Gratis


1. Zenius Education


Bagi yang belum tahu, Zenius Education atau Zenius.net sudah menyajikan materi pelajaran SD hingga SMA. Selain itu, Zenius juga menawarkan seluruh materi UTBK SBMPTN yang dibahas tuntas dalam format video.

Menariknya, pengguna Zenius juga bisa mengunggah kumpulan soal SBNMPTN tahun-tahun sebelumnya. Sehingga pengguna yang lain bisa belajar kisi-kisi soal dari ujian sebelumnya.

2. Ruangguru


Aplikasi Ruangguru bisa dibilang paket lengkap karena menyajikan video belajar, les privat, latihan soal, hingga tryout SD, SMP, hingga SMA. Bahkan, ada fitur menarik seperti group chat untuk belajar bersama tutor yang siap menjawab berbagai pertanyaan. Selain itu, pengguna juga bisa berkonsultasi dengan tutor melalui aplikasi live chat.

Ruangguru juga menghadirkan layanan Rapor Belajar, Smart Recommendation, Ruangguru Adventure, dan Social Learning.


  1. Rapor Belajar untuk memantau perkembangan belajar dengan rapor belajar yang dikirimkan secara berkala ke orangtua.
  2. Smart Recommendation secara otomatis mendeteksi kelemahan dan merekomendasikan materi belajar sesuai dengan kebutuhan.
  3. Ruangguru Adventure, kumpulkan poin dengan belajar di aplikasi. Tukarkan dengan beragam digital items menarik!
  4. Social Learning, berinteraksi dan berdiskusi mengenai pelajaran sekolah dengan pengguna lainnya di dalam aplikasi.


3. Quipper


Siswa SMP dan SMA dapat belajar online dari Quipper. Mereka menyajikan materi pelajaran dalam bentuk latihan soal hingga video pembelajaran. 

Layanan Quipper bervariasi, seperti Quipper School, Quipper Video, Quipper Video MasterClass, dan Quipper Campus. Semua layanan ditujukan untuk siswa dan guru jenjang SMP hingga SMA.

4. Prime Mobile


Prime Mobile memberikan solusi kesulitan belajar & siap menghantarkan siswa siswi untuk sukses UTS , UAS, US/M, UN/USBN dan SBMPTN. 

Selain itu, Prime Mobile dilengkapi dengan puluhan ribu soal yang prediktif beserta pembahasan yang terstruktur dan jelas (teks maupun video). Bimbel online ini tersedia untuk siswa SD, SMP, hingga SMA.

5. Rumah Belajar dari Kemendikbud


Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.

6. Bahaso


Bahaso merupakan aplikasi belajar online lewat video, gambar, dan audio. Aplikasi ini tersedia untuk pembelajaran bahasa Inggris dan Mandarin. Selain itu, ada juga kelas online untuk persiapan IELTS dan TOEFL yang dibimbing oleh tutor berpengalaman.

Aplikasi Bahaso juga menghadirkan layanan menarik, sebagai berikut:


  1. Proven Learning Methods: Metode pembelajaran yang berstandar International mengacu kepada CEFR (Common European Framework of Reference of Languages).
  2. 24 Jam Akses Belajar untuk mengakses materi pembelajaran tak terbatas selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Kapanpun dan dimanapun Anda bebas untuk belajar!
  3. Sertifikat dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia: Di akhir kelulusan Anda akan mendapatkan sertifikat yang akan memberikan banyak manfaat untuk Anda seperti melamar pekerjaan dan mendaftar kuliah.


7. WeKiddo


WeKiddo mampu 'memindahkan' kegiatan belajar dari sekolah ke dalam smartphone. Dengan adanya WeKiddo, guru dapat mengunggah semua materi pembelajaran ke smartphone yang dapat diakses oleh seluruh pelajar.

Ada fitur yang dapat dimanfaatkan, seperti guru bisa memberikan tugas-tugas kepada peserta didik yang juga dapat dikerjakan oleh mereka di rumah. WeKiddo juga memberikan akses kepada orangtua untuk memantau seluruh kegiatan belajar-mengajar yang berjalan melalui smartphone.

Aplikasi WeKiddo dapat menjalin komunikasi antara siswa, guru, dan orangtua siswa agar terhubung dengan baik. Aplikasi ini juga bisa monitoring kegiatan belajar siswa menjadi lebih mudah, serta untuk guru dapat lebih efektif dalam mengajar.

Kesimpulan


Beberapa aplikasi belajar online tadi dapat menjadi solusi saat merebaknya virus Corona. Jika nanti sekolah-sekolah diliburkan, mereka tetap bisa belajar online dari rumah. Aplikasi bimbel online tersebut tersedia secara gratis dan berbayar.

Orangtua tidak perlu panik, anak-anaknya akan ketinggalan pelajaran. Soalnya, anak mereka dapat terus belajar dari materi-materi yang disajikan di aplikasi belajar online. 

Post a Comment