Cara Hapus Cache TikTok


Teknolagi.net - Aplikasi TikTok yang digunakan terus-menerus bisa mengalami error. Mungkin saja, ponsel mengalami gangguan karena RAM dan memori yang terbatas. Sehingga untuk menjalankan aplikasi TikTok sangat berat sampai ngelag dan macet.


Hal seperti ini bisa terjadi di ponsel Android dan iPhone. Anda harus memperhatikan bagian cache TikTok. Sebab, cache sangat berperan penting dalam penyimpanan data sementara.


Kemungkinan data yang disimpan memang sedang mengalami masalah. Sehingga Anda harus menghapus cache TikTok tersebut agar kembali normal lagi.


Terlebih lagi, file cache akan terus bertambah karena penggunaan aplikasi setiap hari. Sebenarnya cache yang banyak tidak masalah, tapi karena ada yang bermasalah, sehingga cache tersebut perlu dihapus agar cache diperbarui kembali.

Baca juga:


Efek Hapus Cache TikTok


Apakah hapus cache TikTok membuat akun logout sendiri? Tenang saja, menghapus data sementara ini tidak akan membuat akun logout. Bahkan, TikTok Anda tidak akan mengalami perubahan sama sekali dalam hal teknis.


Jadi penghapusan ini memang sepenuhnya aman. Anda bisa mencobanya sendiri.


Cache ini tujuan memanggil data yang tersimpan sementara. Misalnya, apa yang dilakukan pengguna selama menggunakan TikTok? Cache akan menyimpan data tersebut, seperti konten yang disukai, konten akun yang di-follow, dan lain-lain.


Sehingga TikTok bisa menyarankan Anda sebuah konten yang cocok untuk Anda. Bahkan, cache ini juga menyimpan minat Anda terhadap konten tertentu, misalnya kuliner. 


Sehingga pengiklan di TikTok atau Google, bisa menyajikan sebuah iklan yang memang Anda sukai. Contoh tadi Anda suka konten kuliner, maka iklan yang muncul biasanya berhubungan dengan kuliner hingga alat masak.


Fungsi cache ini juga untuk mempercepat aplikasi mengakses data yang biasa Anda buka. Namun, sesekali cache memang harus dihapus agar dia memperbarui data pada aplikasi.


Cara Menghapus Cache TikTok


  1. Buka aplikasi TikTok.
  2. Pilih Profil di pojok kanan bawah.
  3. Di pojok kanan atas klik ikon 3 garis.
  4. Pilih menu Pengaturan dan Privasi.
  5. Di menu Cache & Data Seluler, pilih Kosongkan ruang.
  6. Nanti muncul seberapa banyak Cache yang tersimpan, lalu klik tombol Bersihkan.
  7. Bagian menu Unduhan tidak perlu dihapus, cukup cache saja.


Anda juga bisa menghapus cache dari pengaturan smartphone.


  1. Pertama, buka Pengaturan di smartphone.
  2. Cari menu Aplikasi di Pengaturan.
  3. Pilih Kelola Aplikasi dan cari aplikasi TikTok.
  4. Setelah ketemu klik TikTok, lalu buka menu Penyimpanan di halaman info aplikasi TikTok.
  5. Kemudian hapus cache TikTok dengan cara klik Hapus Data > Bersihkan Cache > Hapus Cache.


Kesimpulan


Demikian cara menghapus cache TikTok yang sedang error. Anda mungkin tidak menyadari bahwa hapus cache sangat penting. 


Cache dan Cookie sebenarnya sangat penting bagi penyedia aplikasi. Dari situ, mereka tahu apa yang sedang Anda sukai dan inginkan. Mereka kemudian akan menghadir fitur-fitur tersebut agar pengguna lebih mudah.


Terkadang data dari pengguna juga dilempar ke pengiklan agar mereka bisa memberikan iklan yang tepat sasaran. Misalnya, Anda lagi ingin beli tas, nanti iklan yang muncul tas semua.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment