Penyebab dan Solusi Laptop Tidak Menutup Rapat (ifixit.com)

Ada sebagian pengguna yang mengeluhkan laptop atau notebook miliknya tidak bisa menutup rapat. Kira-kira apa yang menyebabkan laptop tidak menutup sempurna? Mungkinkah ada kecacatan dalam produksi atau memang kesalahan pribadi dalam penggunaan sehari-hari?

Jika awalnya laptop baik-baik saja dan bisa menutup rapat, tentu masalahnya pada diri Anda sendiri. Mungkin Anda tidak sengaja merusak engsel laptop atau teman Anda yang merusaknya. Namun, sebelum menyalahkan orang, mari instropeksi diri dulu.

Cara Menggunakan Laptop Agar Tidak Mudah Rusak (kompasiana.com)
Cara Menggunakan Laptop Agar Tidak Mudah Rusak (kompasiana.com)


Apa yang Menyebabkan Laptop Tidak Menutup Rapat?


Mungkin Anda tidak pernah menyadarinya, cara Anda membuka tutup laptop bisa merusak engsel layar laptop. Anda mungkin juga merasa selalu membuka laptop pelan-pelan, tapi engsel laptop tetap tidak menutup rapat seperti ada yang mengganjal.

1. Buka Laptop dari Sudut Ujung Layar


Ternyata kesalahan pengguna pertama terletak pada sudut tempat membuka laptop. Terkadang tanpa disadari, pengguna membuka laptop pada bagian ujung sudut layar laptop kanan atau kiri. Hal tersebut membuat tumpuan layar yang tipis menjadi berat sebelah. Salah satu engsel akan terasa berat karena dibuka dari satu sisi saja.

Berbeda ceritanya bila Anda membuka layar laptop dari posisi tengah. Tentu kedua engsel layar akan sama-sama bekerja. Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Cara ini akan mengurangi kerusakan pada engsel layar laptop. Sehingga laptop bisa ditutup dengan rapat.

2. Layar Laptop Seperti Agak Dibanting


Kebiasaan seseorang menutup layar laptop dengan cara dilepas, tanpa ditutup perlahan. Hal tersebut menimbulkan suara keras seperti layar dibanting. Walau tidak terlalu bermasalah, tapi kalau tindakan ini sering dilakukan akan berakibat fatal.

Terlebih bila Anda tidak tahu ada benda yang terselip di laptop. Sehingga saat layar ditutup seperti ada yang mengganjal. Misalnya, ada bolpoin di laptop, saat ditutup, layar laptop tertahan bolpoin hingga engsel rusak atau layar pecah.

3. Buka Layar Laptop Terlalu Lebar


Anda mungkin sering memangku laptop di paha. Hal ini menjadikan layar laptop teramat dekat dengan tubuh. Sehingga layar harus dibuka cukup lebar agar terlihat jelas. Nah, ini yang bisa menjadikan engsel cepat rusak, terlebih bila buka layar laptop sampai sejajar dengan keyboard.

Kalau laptop Anda memiliki desain layar yang bisa diputar 360 derajat, mungkin tidak masalah. Namun, bila laptop Anda tidak memiliki kemampuan tersebut, sudah pasti engsel yang akan dikorbankan.

4. Terbebani Benda Berat


Saat laptop dimasukkan ke dalam tas ransel, sudah pasti akan berhimpitan dengan buku dan benda-benda lainnya. Kalau buku atau benda yang dibawa berat, sudah pasti akan menindih laptop. Apalagi jika ransel sedang diletakkan posisi mendatar dan laptop berada di posisi paling bawah. Tentu saja laptop akan terjepit.

Layar laptop yang terhimpit benda berat akan memaksa engsel dan layar bertahan. Jika tidak kuat, engsel bisa patah dan layar pecah. Oleh sebab itu, hindari membawa benda-benda berat bersamaan dengan laptop. Minimal laptop diberi tas sendiri yang presisi (softcase) atau sarung laptop agar ada pelapis empuk yang membuat laptop aman dan tidak tergores.

5. Engsel Terbentur Benda Keras


Suatu ketika ada kalanya Anda kurang konsentrasi hingga mengakibatkan laptop terbentur dinding atau benda keras lainnya. Hal tersebut biasanya akan menyebabkan casing luar laptop tergores, retak, atau pecah. 

Nah, masalahnya bila benturan terjadi pada engsel, kemungkinan engsel rusak dan retak. Hal ini akan menjadikan engsel tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sebelumnya laptop bisa ditutup normal, sekarang jadi tidak bisa ditutup rapat.

Layar Laptop Pecah dan Engsel Tidak Menutup Rapat (olx.co.za)
Layar Laptop Pecah dan Engsel Tidak Menutup Rapat (olx.co.za)


Solusi Laptop Tidak Bisa Menutup Rapat


Cara satu-satunya untuk memperbaiki laptop yang tidak bisa menutup rapat adalah membongkar casing laptop dekat dengan keyboard sampai layar. 

Jika terbukanya sedikit, kemungkinan dengan buka casing dekat keyboard sudah bisa diatasi. Namun, bila terbukanya lebar, harus membongkar semuanya dan mungkin butuh penggantian sparepart engsel.

Sebenarnya di YouTube sudah banyak tutorial memperbaiki laptop yang tidak dapat menutup rapat. Namun, semuanya membutuhkan keahlian dalam membongkar laptop dan harus memiliki obeng kecil. Jika Anda tidak pernah bongkar laptop sama sekali, sebaiknya jangan dilakukan sendiri.

Minta bantuan saja sama teman yang sudah berpengalaman atau pergi ke tempat service laptop. Kurang lebih biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 500 ribu. Namun, untuk antisipasi biaya tambahan Anda bisa menyiapkan uang Rp 1 juta.

Baca juga:
5 Aplikasi Rumah Gratis untuk Mendesain Rumah dari Laptop
5 Manfaat Smartphone Lama Sebagai Alat Canggih Serbaguna 
10 Robot Pembersih Lantai Murah sampai Mahal di Indonesia 

Biaya Harga Perbaikan atau Service Layar Laptop


Untuk harga service atau biaya perbaikan layar laptop sekitar Rp 250 ribu per engsel. Jadi, kalau yang rusak dua engsel, biayanya Rp 500 ribu

Perlu diketahui harga ini kemungkinan tidak sama di setiap tempat service dan wilayah. Bisa jadi, biaya yang dikeluarkan sekarang jauh lebih mahal. Kalau biaya penggantian layar LCD laptop sekitar Rp 1 jutaan

Kami ulangi lagi, ini bukan harga mutlak mengingat merek laptop berbeda-beda dan tempat service memiliki standar harga yang tidak sama.

Post a Comment