Belajar Main Game Saham Online Gratis (southgatedigital.com)

Sebelum terjun ke dunia saham, ada baiknya Anda belajar cara main saham online secara gratis. Soalnya, jika tak mengetahui cara kerja saham dan alurnya, Anda mungkin bisa mengalami kerugian. Oleh karena itu, belajar saham dalam permainan merupakan cara termudah untuk mengenal saham lebih dekat.

Kalau main saham online, Anda bisa mendapatkan pelajaran tanpa takut kehilangan modal. Caranya, gunakan aplikasi simulasi trading atau virtual trading. Biasanya website atau aplikasi game saham selalu memberikan banyak bonus, termasuk modal untuk investasi.

Main Simulasi Saham Online atau Virtual Trading


Saat ini sudah banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan simulasi trading online atau virtual trading. Mereka menyediakan layanan tersebut dalam bentuk aplikasi atau website simulasi trading.

Tujuannya agar calon investor atau investor pemula dapat belajar melakukan jual beli saham online dengan basis data yang real time. Bahkan, seluruh mekanismenya disesuaikan dengan pasar modal yang sesungguhnya. Bedanya, simulasi semacam ini menggunakan uang virtual.

Namun, enaknya Anda tidak perlu membuat rekening saham asli. Sebab, Anda cuma bermain atau menggunakan simulasi trading saja. Anda tidak akan mengalami kerugian karena cuma simulasi.

Walau Anda tidak akan mendapatkan uang sungguhan, tapi Anda dapat belajar banyak tentang cara membaca dan menganalisa bursa saham.

Anda juga bisa memantau kondisi pasar saham setiap hari secara real time. Kalau Anda sudah mahir melakukan jual beli saham dan memahami mekanismenya, Anda bisa main saham sungguhan.

Simulasi Main Saham Online Gratis (yahoo.com)
Simulasi Main Saham Online Gratis (yahoo.com)


Persiapan Main Simulasi Saham Online


Untuk mengawali main saham online secara virtual, Anda harus membuat akun sendiri. Biasanya sudah ada aplikasi atau website khusus untuk main virtual trading.

Daftar dan buat akun di aplikasi tersebut. Caranya daftarkan nama lengkap dan email untuk kepentingan verifikasi akun. Untuk mendapatkan uang virtual, biasanya sudah terisi otomatis ke dalam portofolio saham saat akun sudah terverifikasi.

Jumlah uang virtual atau modal main saham berbeda-beda. Rata-rata aplikasi dan website simulasi trading memberikan modal awal Rp 100 juta.

Selanjutnya Anda bisa mencari saham yang Anda inginkan. Jika Anda bingung, ikuti saja tutorial cara investasi dan pahami peraturan-peraturan dasar dalam main saham online secara gratis.

Sambil memilih saham perusahaan tertentu, Anda bisa melihat grafik harga dan laporan kondisi fundamental perusahaan-perusahaan emiten yang terdaftar di bursa efek. Tujuannya agar Anda semakin mahir dalam memahami alur perjalanan saham.

Kalau mau beli saham, tinggal tekan tombol Buy. Di situ akan terlihat harga saham dan jumlah lot yang ingin Anda beli. Minimal Anda harus membeli satu lot saham yang terdiri dari 100 lembar saham.

Contoh Jual Beli Saham Online Gratis


Misalnya, Anda ingin harga Rp 2.030 untuk saham sejumlah 100 lot, maka Anda harus membayar Rp 20.300.000. Kemudian klik order atau next. Jika status order sudah tertulis Match, berarti saham tersebut sudah berhasil Anda beli.

Selain beli, terdapat pilihan Sell untuk menjual saham di akun virtual trading. Teorinya Anda bisa membeli saham di harga murah dan menjual saham di harga mahal.

Jangan lupa buat portofolio investasi Anda sendiri. Hal ini agar Anda mengetahui laporan bulanan terkait kinerja investasi yang Anda lakukan.

Keuntungan dalam bermain saham umumnya didapat dari investasi jangka panjang. Jika Anda ingin dapat keuntungan dengan cara instan, sebaiknya jangan memilih investasi saham.

Baca juga:

Game Saham Online


Anda bisa belajar main game saham online gratis di aplikasi Nabung Saham Go. Bagi yang belum tahu, Nabung Saham Go adalah permainan simulasi trading yang dapat digunakan untuk belajar berinvestasi dengan cara menyenangkan dan edukatif.

Game Nabung Saham Go (play.google.com)
Game Nabung Saham Go (play.google.com)


Fitur Game Nabung Saham Go


Mulai 6 April 2016 Akan ada 2 Market yang running pada pagi hari yaitu IDX dan sore hari yaitu NSGX dengan ketentuan :

IDX - Indonesia Stock Exchange

  1. Modal Awal : 100 juta
  2. Bobot : 50% dari Total Asset
  3. Harga saham : Real Time
  4. Open : 09:00 s/d 16:15 (Senin s/d Jum'at)
  5. Break : 16:15 s/d 17:00
  6. Close : Sabtu, Minggu serta hari libur bursa.
  7. Captcha every 5 transaksi
  8. Stock List : AALI, ASII, BBCA, BBNI, BMRI, GGRM, HMSP, TLKM, UNTR, WSBP.

NSGX - Nabung Saham GO Stock Exchange

  1. Modal Awal : 100 juta
  2. Bobot : 30% dari Total Asset
  3. Harga saham : Mekanisme yang sudah ada (perubahan tiap 1 menit)
  4. Frekwensi transaksi dibatasi sampai 1000x
  5. Open : 17:00 s/d 08:00 (Senin s/d Jum'at)
  6. Break : 08:00 s/d 09:00
  7. Sabtu, Minggu dan libur bursa : Open 24 jam
  8. Captcha every 5 transaksi
  9. Delay 30 sec setiap 1 transaksi
  10. Stock List : BBRI, CMNP, GIAA, INDF, ISAT, JSMR, MEDC, UNVR, WIKA, WSBP.

Bagi investor pemula, belajarlah menggunakan game Nabung Saham Go. Selamat mencoba.

Post a Comment