Cara Melihat Jawaban Soal dan Token Password di Google Form (hostinger.co.id)


Zaman sekarang tugas dari guru diberikan melalui Google Form. Sebab, para siswa masih diminta untuk belajar dari rumah atau daring. Sehingga, tugas dan ujian dilakukan melalui layanan Google Form.


Namun, ada masalah karena beberapa waktu lalu muncul video yang menunjukkan bahwa siswa bisa melihat kunci jawaban soal dari Google Form. Siswa ini diketahui menggunakan cara curang dengan melihat source code dari soal ujian di Google Form.


Apakah benar dengan melihat source code atau menekan Ctrl + U bisa mengetahui kunci jawaban di Google Form? Ternyata setelah kami coba, jawaban di soal Google Form tidak muncul. Namun, soal-soal dan pilihan jawaban bisa muncul.


Selain itu, bagi guru yang menggunakan token dan password, ternyata juga bisa dilihat menggunakan metode Ctrl + U. Bagaimana caranya?


Cara Melihat Kunci Jawaban dan Password di Google Form


  1. Setelah mendapat link Google Form, buka link tersebut.
  2. Nah, kalau link dikunci atau memakai password, pasti siswa tidak bisa membukanya kecuali mengetahui password tersebut.
  3. Untuk mengetahui password atau token soal, Anda bisa menekan tombol Ctrl + U atau F12 di keyboard. Pengguna smartphone bisa memakai browser Firefox di Android.
  4. Setelah muncul source code, coba gulir ke bawah sampai muncul soal-soal ujian tadi.
  5. Di bagian paling bawah soal terdapat tulisan Password.
  6. Nah, isi password tersebut terdapat di sebelah kanannya, biasanya ditulis di antara tanda " ... ".
  7. Kalau password bisa diketahui, tapi kunci jawaban di Google Form tidak bisa diketahui.
  8. Google memberi keamanan ekstra agar kunci jawaban tidak terlihat dan diganti kode null.


Pada dasarnya Anda yang sedang mencari kunci jawaban soal di Google Form tidak akan ada gunanya. Sebab, kunci jawaban sudah disembunyikan Google. Namun, kalau Anda mencari password atau token Google Form, hal tersebut bisa dilakukan.


Apa Manfaat Mengetahui Password atau Token Google Form?


Ternyata mengetahui password di soal Google Form ada gunanya. Sebab, terkadang ada guru yang memberikan soal pada malam hari agar dikerjakan siswanya besok. Guru mengira dengan memberi password siswa tidak bisa mengakses soal, padahal bisa dibuka dengan metode Ctrl + U.


Siswa yang sudah diberi soal malam hari, mereka akan membuka soal tersebut dengan cara buka source code. Kemudian mengintip soal dan mencari jawabannya di Google.


Keesokan paginya, siswa sudah mengetahui jawaban semua soal yang benar. Sehingga siswa bisa menjawab dengan benar dan mendapat nilai 100.


Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya guru memberikan link soal 10 menit sebelum mengerjakan tugas atau ujian. Dengan begitu, siswa tidak memiliki waktu lebih untuk mencari jawabannya. 


Ada lagi trik lain bagi guru, yakni menonaktifkan respon di soal ujian Google Form. Kalau Anda mematikan centang respon di soal, maka siswa tidak akan bisa membuka soal dengan metode Ctrl + U. Sebab, source code yang fitur respon dinonaktifkan, tidak akan memunculkan soal dan pilihan jawaban.


Waspada dengan Aplikasi Google Form dari SMMSKY.CO


Kami pernah melihat video aplikasi Google Form versi modifikasi dari smmsky.co. Aplikasi tersebut bisa menunjukkan kunci jawaban soal di Google Form. Jadi, kunci jawabannya sudah muncul dengan tanda warna hijau.

Aplikasi Google Form Modifikasi dari smmskyco (youtube.com)
Aplikasi Google Form Modifikasi dari smmskyco (youtube.com)



Untuk mendapatkan aplikasi modifikasi, pengguna harus menginstal aplikasi lain dulu. Entah aplikasi tersebut aman atau tidak, kami rasa aplikasi yang diunduh selain dari Google Play Store tidak bisa dijamin tingkat keamanannya.

Baca juga:

3 Cara Membuat Soal Kuis Pilihan Ganda dan Skor Nilai di Google Forms
Cara Menggunakan Google Classroom secara Offline Tanpa Internet
Cara Mengatasi Limit Download Google Drive Tanpa Tunggu 24 Jam


Jadi lebih baik para siswa belajar yang tekun daripada menempuh cara-cara yang tidak baik demi mendapatkan kunci jawaban Google Form. Wahai para siswa, mungkin Anda sekarang bisa mendapatkan kunci jawaban tersebut tapi nanti setelah lulus sekolah, Anda tidak akan mendapatkan ilmu apa-apa.

1 Komentar

Posting Komentar