Nomor HP Disensor Tokopedia, Solusinya Gimana?

Ada kabar kurang sedap dari Tokopedia Seller. Katanya minggu depan nomor HP disensor Tokopedia. Tidak hanya itu, nama dan alamat akan disamarkan juga.

Nomor HP Disensor Tokopedia


Teknolagi.net - Ada kabar kurang sedap dari Tokopedia Seller. Katanya minggu depan nomor HP disensor Tokopedia. Tidak hanya itu, nama pembeli akan disamarkan, nomor HP disamarkan, dan alamat disamarkan.

Pembaruan kebijakan ini akan aktif pada tanggal 21 November 2022. Hal ini terjadi karena Tokopedia berkomitmen ingin melindungi data pengguna.

Ya, peraturan ini ditetapkan sesuai dengan Undang Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP) Pasal 16 (2) yang telah diundangkan per 17 Oktober 2022 lalu.

Baca juga: 3 Cara Download Gambar Tokopedia Lewat HP 100 Persen Sukses


Nomor HP Disensor Tokopedia


Terdapat beberapa perubahan penayangan informasi pembeli, seperti nama, nomor telepon, hingga alamat pembeli.


Informasi pembeli / penerimaEmail notifikasi pesananHalaman pesananInvoice penjualLaporan penjualanLabel pengiriman
NamaDihilangkanDisamarkan untuk ongkos kirim dengan nontunaiDitampilkanDisamarkan untuk semua jenis layanan pengirimanDitampilkan
Nomor teleponDihilangkanDisamarkan untuk ongkos kirim dengan nontunaiDisamarkanDisamarkanDisamarkan
Alamat lengkapDihilangkanDisamarkan untuk ongkos kirim dengan nontunaiDisamarkanDisamarkan sebagian, hanya menampilkan kota dan provinsiDitampilkan


Catatan:

Khusus pada halaman Pesanan:

Pesanan dengan pembayaran ongkos kirim nontunai, penyamaran akan dilakukan secara otomatis setelah pesanan terkirim

Pesanan dengan pembayaran ongkos kirim tunai, penyamaran akan dilakukan secara otomatis setelah pesanan selesai atau dibatalkan. 

Sebelum pesanan terkirim, dinyatakan selesai atau dibatalkan, Seller masih dapat melihat informasi pembeli dan penerima tersebut untuk kebutuhan pemrosesan pesanan.


Solusi Nomor HP Tokopedia Disensor?


Saat ini Tokopedia memberikan solusi untuk melakukan komunikasi antara pembeli dan penjual melalui fitur Chat di aplikasi Tokopedia Seller.

Pihak kurir masih bisa menghubungi penerima meskipun nomor telepon disamarkan dalam sistem kurir sehingga proses pengiriman barang tetap lancar.

Anda juga bisa menghubungi admin Tokopedia untuk meminta mereka menghubungi pembeli bila ada yang ditanyakan oleh penjual.

Tampilan nama, nomor telepon, dan alamat saat disamarkan Tokopedia



Tanya Jawab Tokopedia Seller


1. Apa yang harus dilakukan jika ada hal yang perlu segera dikonfirmasi ke pembeli tetapi pembeli tidak merespons di Chat?

Seller dapat meminta bantuan melalui Tokopedia Care terkait kebutuhan informasi pembeli. Tim Tokopedia Care akan membantu menghubungi pihak pembeli untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan Seller sesuai dengan persetujuan pihak pembeli.

2. Bagaimana cara mencocokkan pesanan yang tepat saat diserahkan ke kurir jika tidak ada nama pembeli atau alamat yang dicantumkan?

Seller dapat mencocokkan nomor resi pesanan dengan nomor invoice saat menyerahkan paket ke kurir.

3. Bagaimana jika kurir tidak bisa menghubungi pembeli?

Jika pembeli tidak bisa menerima paket, maka paket tersebut akan dikembalikan ke Seller agar tidak terjadi kendala yang tidak diinginkan ketika paketnya gagal dikirim dan pesanan akan dibatalkan.

4. Bagaimana jika Seller membutuhkan nomor telepon pembeli untuk kebutuhan follow up atau promosi?

Untuk follow up atau promosi, Seller dapat memanfaatkan fitur Chat di aplikasi Tokopedia Seller.

5. Pada Invoice Seller, informasi mengenai pembeli disamarkan. Bagaimana prosedur pengajuan asuransi apabila ada kerusakan/kehilangan barang?

Apabila Seller membutuhkan informasi pembeli untuk pengajuan asuransi, maka Seller perlu meminta persetujuan dari pembeli melalui fitur Chat di aplikasi Tokopedia Seller.

Kesimpulan

Demikian solusi nomor HP disensor Tokopedia. Tenang saja, pasti nanti ada solusi saat nama, nomor telepon, dan alamat disamarkan oleh Tokopedia.

Untuk penjual atau suplier tentu tidak terlalu bermasalah atas hadirkan perubahan kebijakan tersebut. Berbeda dengan dropshiper, mereka tentu akan mengalami beberapa masalah di pengiriman atau saat akan menghubungi pelanggan.

Oh iya, itu tadi solusi dari Tokopedia saat nomor HP disensor. Kami nanti akan memberi solusi lanjutan biar para dropshiper tetap bisa melakukan transaksi penjualan dengan lancar.

Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow berita terbaru kami di Google News. Terima kasih.


Posting Komentar