Cara Menggunakan Google Classroom Offline Tanpa Internet (thecloudpeople.com)

Sejak ada pandemi virus Corona, seluruh aktivitas belajar dan mengajar dilakukan secara online. Namun, muncul permasalahan baru yaitu pengeluaran untuk membeli kuota internet jadi membengkak. Banyak keluarga yang mengeluh, akhirnya ditemukan cara baru dalam belajar tanpa internet atau offline yaitu menggunakan Google Classroom.

Selama ini banyak guru yang bertanya-tanya, bagaimana cara mengajar siswa yang tidak mempunyai akses internet di rumah? Mungkin keluarga sedang mengalami kesulitan dalam keuangan sehingga tidak bisa beli smartphone atau beli pulsa internet.

Kalau kasusnya seperti ini apakah siswa yang bersangkutan tidak bisa ikut pembelajaran secara online? Tenang saja, sekarang belajar mengajar bisa dilakukan secara offline tanpa internet memakai Google Classroom.

Cara Memakai Google Classroom Offline Tanpa Internet


Kami mengatakan offline tanpa internet, maksudnya Anda dapat mengerjakan tugas dari guru dan dosen secara offline. Kemudian, setelah selesai, Anda dapat mengumpulkan tugas tersebut secara online lagi. 

Kasusnya seperti ini, siswa yang tidak memiliki akses internet diperbolehkan masuk sekolah sesuai protokol kesehatan. Tujuan masuk sekolah untuk mengakses WiFi atau internet di sekolah.

Setelah itu, download seluruh tugas dari guru, bisa melalui laptop, tablet, hingga smartphone. Namun, lebih mudah mengunduh tugas dari laptop. 

Kalau sudah selesai, kerjakan tugas dari rumah secara offline. Anda bisa mengumpulkan tugas keesokan harinya saat berada di sekolah atau ketika sudah memiliki akses internet.

Nah, bagi siswa yang sudah memiliki akses internet tidak perlu masuk sekolah. Mereka bisa mengerjakan tugas dari rumah secara online dan mengumpulkan tugas hati itu juga.

Bahan-bahan untuk Belajar Offline di Google Classroom


  1. Buka situs classroom.google.com.
  2. Gabung ke kelas sesuai kode yang diberikan guru atau dosen.
  3. Biasanya guru akan memberikan tugas yang bisa dikerjakan melalui Google Docs, Slides, Sheets, Drawings, dan Forms.
  4. Guru dan Dosen juga bisa melakukan streaming video atau video conference agar bisa dilihat seluruh siswa.
  5. Download ekstensi Google Chrome Office Editing for Docs, Sheets & Slides.
  6. Buka Setting centang pilihan Offline.
  7. Anda bisa mengedit dan membuat dokumen, tabel excel, dan slide power point secara offline.
  8. Setelah dapat akses internet atau WiFi, Anda bisa menggunakan seluruh fitur secara sempurna. 
  9. Perubahan akan diperbarui secara otomatis saat Anda sudah online.
  10. Cek kembali tugas setelah Anda online. Pastikan tugas yang Anda kerjakan selama offline bisa diperbarui saat online.
  11. Setelah itu, kumpulkan tugas ke guru atau dosen.

Demikian cara menggunakan Google Classroom secara offline tanpa internet. Jika Anda login di akun Google, Anda dapat mengerjakan tugas tersebut di berbagai platform, seperti smartphone, tablet, laptop, hingga PC.

Baca juga:

Dalam hal ini yang terpenting adalah akses internet. Google Classroom menjembantani masalah pengguna yang tidak bisa mengakses internet dengan fitur offline. Semoga yang tidak mendapatkan akses internet terbantu dengan fitur tersebut.

Post a Comment