Tips Memilih MicroSD dan SD Card Smartphone (luckysebastian.gadtorade.com)

Untuk penyimpanan yang lebih besar, setiap perangkat elektronik dan gadget membutuhkan memori tambahan, berupa MicroSD dan SD Card. Saat ini pilihan memori card tadi sangat banyak dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, lantas bagaimana cara memilih MicroSD hingga SD Card yang bagus untuk smartphone.

Anda mungkin juga bingung mau beli MicroSD yang mana karena harga dan spesifikasinya berbeda-beda. Rata-rata smartphone terkini sudah menggunakan microSD. Sementara kamera digital dan yang lainnya menggunakan SD card.

Mengapa Ada Memori yang Kapasitasnya Sama tapi Harga Berbeda?


Kapasitas memori microSD bervariasi, mulai dari 16GB, 32GB, 64GB, hingga 128GB. Namun, banyak orang yang bertanya-tanya mengapa merek microSD yang satu kapasitasnya 64GB tapi harganya lebih murah dari microSD merek lain dengan kapasitas 32GB.

Nah, untuk masalah microSD atau SD Card tidak semata-mata tentang kapasitas saja. Ada banyak faktor yang bisa membuatnya mahal atau murah, salah satunya kecepatan. Biasanya kecepatan baca dan tulis memori tersebut berpengaruh terhadap harga walau kapasitasnya kecil.

Kode Angka di Bungkus Memori MicroSD dan SD Card


Sekarang coba lihat kode angka di bungkus memori card tersebut. Tentunya ada angka-angka yang tidak familiar karena ternyata itu adalah spesifikasi dari memori. 

Sebagai contoh:

Perbedaan Tulisan SDHC dan SDXC


  1. SDHC singkatan dari Secure Digital High Capacity.
  2. SDXC singkatan dari Secure Digital Extended Capacity.

Ternyata memori dengan kapasitas 4GB - 32GB ditulis SDHC. Kalau memori berkapasitas 32GB ke atas ditulis SDXC. Bahkan, secara teori SDXC bisa menampung penyimpanan hingga kapasitas 2TB atau 2048GB.

Perbedaan Standar FAT32 dan exFAT


Saat ini memori card sudah mempunyai standar FAT32 dan exFAT. FAT singkatan dari File Allocation Table. SDHC masuk standar FAT32. Sedangkan SDXC mempunyai standar exFAT.

Standar FAT32 tidak bisa menyimpan sebuah file besar lebih dari 4GB. Jadi, walau memori Anda 64 GB, maka memori tersebut tidak bisa melakukannya.

Berbeda dengan standar exFAT yang tidak memiliki batasan penyimpanan sebuah file besar. Hanya saja, tidak semua sistem operasi dapat membaca memori standar exFAT.

Contoh, memori berstandar exFAT dipakai di sistem operasi Linux, maka hal tersebut akan menjadi masalah. Meski begitu, memori standar exFAT bisa digunakan di berbagai sistem operasi lain seperti Microsoft Windows, MacOS, Android, iOS, dan lain-lain.

Kecepatan MicroSD dan SD Card


Standar kecepatan atau speed memori card terletak pada kode x kali dan MB/s. Coba lihat di bungkusnya, nanti Anda akan mendapati tulisan 100x hingga 600x. Artinya apa? Lambang x merupakan kecepatan baca dari CD-ROM yang relatif lebih cepat. 

Nah, standar kecepatan berikutnya dinamakan Class. Biasanya penulisan kecepatan memori tersebut dilambangkan dengan huruf C. Contoh, Class 2 berarti kecepatan menulis minimal 2 MB/s. Kalau Class 4 berarti kecepatan tulisnya minimal 4 MB/s. Ada juga yang kecepatannya Class 10 berarti minimal kecepatan tulisnya 10 MB/s.

Selain itu, ada juga penulisan class yang diawali huruf U. Tulisannya menjadi class U1 artinya kecepatan 10 MB/s hingga U3 artinya kecepatan 30 MB/s.

Ada juga kecepatan UHS-I dan UHS-II dengan singkatan Ultra High Speed. Secara teori UHS-I kecepatan bisa dinaikkan hingga 104MB/s dan UHS-II hingga 312MB/s.

Pin kuningan di belakang memori card UHS-II jumlahnya dua. Ini mendukung untuk hardware yang memanfaatkan baris pin bus kedua. Biasanya memori card ini kamera DSLR kelas atas yang support bus interface II.

Tips Membeli MicroSD untuk Smartphone


Jika smartphone Anda mendukung perekaman video 4K, Anda bisa membeli microSD class U3 UHS-I. Alasannya perekaman video 4K 30 fps diperkirakan membutuhkan memori 375MB. Untuk merekem video sebesar ini dibutuhkan kecepatan menulis yang stabil sekitar 30 MB/s.

Nah, kalau smartphone Anda masih mendukung video Full HD, Anda bisa menggunakan microSD UHS-I U1 atau minimal class 10. Itu tadi standar memori card untuk smartphone dengan perekaman video standar Full HD 1080 p.

Baca juga:

Kesimpulan


Sekarang Anda tidak akan bingung saat akan membeli microSD atau SD Card. Sebab, dari kode angka di bungkusnya, Anda sudah mengetahui seberapa cepat memori tersebut. Anda kini juga tidak bingung mengapa memori dengan kapasitas besar ada yang harganya murah.

Memori card tersebut sebenarnya asli tapi memang kecepatannya mungkin lambat. Walau kapasitas besar kalau kecepatan baca tulisnya rendah, hal tersebut perlu dipertimbangkan lagi.

Post a Comment