Xiaomi Mi Mix 3 (wccftech.com)

Xiaomi Mi Mix 3 akan segera diluncurkan tepatnya tanggal 25 Oktober mendatang. Xiaomi juga mengatakan bakal memberi Mi Mix 3 RAM 10 GB dan jaringan koneksi internet 5G, seperti yang dikutip dari Androidauthority.com (17/10/2018).

Ini bukan isapan jempol belaka karena pihak Xiaomi telah memberikan konfirmasi melalui Facebook, Twitter, dan juga Weibo. Bahkan, Donovan Sung selaku Director Product Management Xiaomi Global memberikan bocoran di akun Twitter miliknya bahwa Xiaomi Mi Mix 3 bakal dilengkapi RAM 10 GB dan kecepatan koneksi 5G.

Namun, bocoran tersebut diutarakan secara singkat dengan sebuah kalimat, "kecepatan 5G, RAM 10 GB, 8 hari lagi."




Untuk memastikannya lagi, Anda bisa melihat akun Facebook Xiaomi Global. Di sana, terdapat beberapa postingan tentang Xiaomi Mi Mix 3, di antaranya "Salah satu smartphone 5G pertama di dunia", "Apa yang akan kamu lakukan dengan semua itu? (Xiaomi Mi Mix 3 dengan RAM 10 GB)", dan terakhir video Xiaomi Mi Mix 3 dengan kamera depan slider.


Ya, dari video tersebut diketahui bahwa Xiaomi Mi Mix 3 nanti tidak memiliki notch seperti smartphone kekinian. Namun, kamera depannya disembunyikan di dalam bodi smartphone. Pengguna dapat mengeluarkan kamera tersebut dengan cara menggeser bagian layar ke bawah dan bagian punggung ke atas secara manual.

Tentu mekanisme kamera seperti ini hampir sama dengan Oppo Find X. Bedanya, Oppo Find X dapat memunculkan kamera depan secara otomatis, sementara Xiaomi Mi Mix 3 secara manual.

Selain dua smartphone tersebut, ada pula smartphone lain yang menggunakan kamera slider, seperti Honor Magic 2 dan juga Lenovo. Namun, smartphone Lenovo dengan kamera slider belum dikonfirmasi, cuma konsep saja.



Jaringan 5G Xiaomi Mi Mix 3 Tak Terpakai di Indonesia


Sayangnya, apakah Indonesia sudah siap menyediakan jaringan 5G? Smartphone sudah 5G tapi tidak bisa dipakai sama juga bohong. Diketahui jaringan 5 di Indonesia baru pertama kali disediakan oleh Telkomsel beberapa waktu lalu, tepatnya saat perhelatan Asian Games 2018 mulai tanggal 18 Agustus sampai 2 September.

Itu saja, jaringan 5G yang ditawarkan masih dalam tahap uji coba, belum dikomersilkan. Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) belum menetapkan spektrum yang digunakan untuk koneksi 5G. 

"5G itu ekosistem. Pemain utamanya adalah spektrum. Hari ini memang ada dua spektrum, 28 GHz sama sub-6 GHz. (Sementara) di worldwide yang sudah di market ada 3,5 GHz, sayangnya di Indonesia digunakan untuk satelit. Jadi, itu yang harus dicarikan solusinya," kata Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan seperti yang dikutip dari Inet.Detik.com (10/8/2018).

Ibaratnya, jaringan 5G seperti sebuah mobil baru. Namun, jalan untuk mengendarai mobil tersebut tidak ada. Jadi, terpaksa mobil tersebut harus diparkir dulu sampai jalannya selesai dibuat. 

Kapan jaringan 5G tersedia di Indonesia? Kemungkinan masih cukup lama, bocoran dari Bob Apriawan, sepertinya jaringan 5G akan hadir di Indonesia antara tahun 2020-2022. Jadi, tunggu saja dengan sabar.

"Ekosistemnya harus sudah siap. Kita lihat 2020, tapi harusnya 2021 atau 2022 kita harusnya sudah," tuturnya.

Post a Comment