Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak inovasi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah perkembangan robot di dunia. Untuk memudahkan Anda mengetahui apa saja robot di dunia, berikut jenis-jenis robot yang berhasil diciptakan manusia.

Baca juga : Dispenser mini Xiaomi

Jenis-Jenis Robot di Dunia

  1. Robot mobile

  2. Robot manipulator

  3. Robot humanoid

  4. Robot Android

  5. Robot animaloid

  6. Robot beroda

  7. Robot berkaki

  8. Robot fly

  9. Robot underwater

Jika banyak orang yang mengira robot hanya yang berbentuk seperti manusia saja, ternyata di dunia ini ada beragam jenis robot yang perlu diketahui. Berikut beberapa jenis robot di dunia.

  1. Robot mobile

Robot jenis ini merupakan robot yang mudah bergerak. Salah satu ciri khasnya adalah adanya roda untuk menggerakkan seluruh badan robot yang bisa melakukan perpindahan ke posisi yang lain. robot ini mampu digunakan untuk berbagai fungsi, seperti line follower ataupun maze solving.

  1. Robot manipulator

Robot manipulator disebut juga dengan robot tangan yang belum banyak dikembangkan di Indonesia. Hal ini karena banyaknya tuntunan teknis yang sangat kompleks. Meski begitu, Indonesia sudah berhasil mengembangkan jenis robot LIPI Wireless Robot (LWR).

Robot ini berfungsi untuk memanipulasi bentuk makhluk hidup. Biasanya digunakan untuk memegang atau memindahkan barang, seperti robot las atau robot perakit elektronik.

  1. Robot humanoid

Seperti namanya, salah satu dari jenis-jenis robot ini memiliki penampilan keseluruhan dibentuk berdasarkan bentuk manusia. Bentuknya yang seperti manusia inilah yang membuat robot ini bisa melakukan berbagai hal kegiatan, seperti berjalan hingga menari.

  1. Robot Android

Memiliki bentuk yang sama dengan robot humanoid, robot android cenderung memiliki bentuk yang menyerupai tubuh manusia. Tak hanya memiliki gerakan menyerupai gerakan manusia saja, robot android juga memiliki kulit seperti kulit manusia dan mampu berekspresi seperti ekspresi manusia.

Baca juga : Tablet Samsung

  1. Robot animaloid

Jenis robot ini diciptakan menyerupai bentuk binatang. Biasanya robot animaloid juga bisa berperilaku seperti binatang, seperti robot anjing yang diprogram untuk berperilaku dan memiliki kebiasaan seperti anjing pada umumnya.

  1. Robot beroda

Seperti namanya, robot ini berpindah tempat dengan menggunakan roda. Roda yang digunakan untuk membuat robot ini pun bermacam dan disesuaikan dengan fungsi dari robot tersebut. Menariknya, ada jenis robot yang menggunakan omni wheel yang memungkinkan untuk bergerak ke segala arah.

  1. Robot berkaki

Jenis robot ini biasanya memiliki bentuk kaki yang beragam. Robot berkaki biasanya menggunakan jumlah kaki sebanyak 1 buah hingga oktopoda yang membuatnya mirip seperti kaki serangga. Penggunaannya pun sangat bergam, bahkan beberapa jenis robot digunakan untuk membantu amunisi saat perang.

  1. Robot fly

Robot fly atau robot terbang biasanya menggunakan balling-baling ataupun sayap seperti burung dalam bergerak. Biasanya robot jenis ini digunakan untuk memonitor keadaan dari atas udara. Selain itu, robot ini juga banyak digunakan untuk meneruskan komunikasi.

  1. Robot underwater

Robot underwater dirancang dan dikembangkan untuk bisa bergerak di dalam air, tanpa merusak komponen di dalamnya. Robot ini biasanya digunakan untuk memantau keadaan di dalam air atau untuk mengambil sesuatu yang ada di dasar air.

Kesimpulan

Dengan mengetahui berbagai jenis-jenis robot di dunia, Anda akan memiliki wawasan yang luas mengenai perkembangan teknologi terkini. Jika Anda tertarik di bidang robotika, tidak ada salahnya untuk belajar ilmu ini dan mengembangkan robot sesuai dengan kebutuhan.

Post a Comment