Ciri WhatsApp Dibajak atau Disadap (bgr.in)

WhatsApp seolah menjadi aplikasi chatting wajib bagi semua orang. Namun, Anda harus waspada karena aplikasi tersebut rentan dibajak dan disadap. Bagaimana cara mengetahui aplikasi WhatsApp sedang dibajak atau masih aman?

Pertanyaan seperti ini mungkin sering kali muncul di benak Anda. Hal tersebut wajar mengingat sudah ada beberapa kasus yang menunjukkan aplikasi WhatsApp dibajak oleh orang yang tidak bertangunggjawab.

Kami akan memberitahu ciri WhatsApp sedang dibajak atau disadap. Setelah mengetahuinya Anda harus segera mengamankan akun WhatsApp Anda. Tidak perlu menunggu besok atau lusa karena kapanpun Anda rentan terkena kejahatan cyber melalui WhatsApp.

Cara Mengetahui WhatsApp sedang Dibajak


1. Akun WhatsApp Keluar Sendiri


Aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan di dua smartphone, kecuali satunya smartphone satunya lagi PC. Nah, apabila akun WhatsApp Anda keluar sendiri tanpa sebab, berarti ada seseorang yang mencoba membajak Anda. 

Kemungkinan si pembajak mencoba mengambil alih akun WhatsApp Anda untuk menyamar sebagai Anda. Setelah itu, akun tersebut dipakai untuk menipu teman atau saudara di daftar kontak.

2. Pesan Asing Terkirim Sendiri


WhatsApp tiba-tiba mengirim pesan asing sendiri tanpa sepengetahuan Anda. Jika Anda tak merasa mengirim pesan tersebut, maka Anda harus waspada. Sebab, ada kemungkinan ponsel dan akun WhatsApp Anda sedang disadap atau dibajak.

3. Menerima Kode OTP


Tiba-tiba Anda menerima kode (OTP) One Time Password dari WhatsApp. Mungkin ini pertanda bahwa ada seseorang yang berniat mengkloning nomor WhatsApp Anda. Sebaiknya Anda berhati-hati dan segera melakukan tindakan keamanan.

4. Pesan Sudah Centang 2 tapi Belum Dibaca


Normalnya tanda centang 2 biru muncul saat pesan WhatsApp sudah terbaca. Akan tetapi tanda 2 centang bisa muncul walau Anda belum membaca pesannya. Hal ini karena pesan Anda sudah dibaca duluan oleh penyadap. Anda harus benar-benar waspada dan meminta bantuan ahlinya.

5. WhatsApp Terlihat Online 


Jika status WhatsApp Anda tampak online di smartphone orang lain, padahal nyatanya tidak, kemungkinan smartphone Anda sedang disadap. Pelaku sudah berhasil menyusup di smartphone dan sedang memantau chat WhatsApp Anda.

6. Login Perangkat Tidak Dikenal


WhatsApp memberitahukan akun Anda sedang login di perangkat yang tidak dikenal. Waspadalah bisa jadi itu perangkat pelaku penyadapan atau pembajak. Segera logout dari semua perangkat PC, laptop, dan tablet. Sisakan satu perangkat yaitu smartphone Anda sendiri.

7. Terima Pesan Aneh


Anda mungkin pernah menerima pesan aneh yang meminta Anda untuk mengklik link website. Sebaiknya pesan seperti itu diabaikan saja atau langsung dihapus. Sebab, link tidak dikenal bisa mengantarkan Anda pada website pencuri data. 

Ada kemungkinan pelaku mencoba mengirimi Anda virus melalui website tersebut. Lalu, virus ini bisa mengirimkan data-data penting di ponsel Anda.

Baca juga:

Kesimpulan


Demikian cara mengetahui WhatsApp dibajak atau disadap. Anda harus selalu waspada dengan serangan cyber. Apalagi bila Anda termasuk orang penting atau orang berpengaruh dari kalangan politik.

Pastinya info di dalam smartphone Anda begitu berharga. Sehingga sering kali smartphone dijadikan sasaran para oknum yang benci dengan Anda.

Post a Comment