Standar Video YouTube HD Berubah (youtube.com)

Beberapa pengguna YouTube sepertinya telah menyadari bahwa YouTube telah melakukan perubahan standar video HD. Memangnya apa yang diubah dari standar video YouTube?

Sebenarnya ini bukan perubahan besar dan tidak akan berpengaruh besar pada pengguna. Sebab, perubahan standar ini hanya terjadi pada kualitas video 720p.

Kualitas Video 720p Bukan HD


Dulu kualitas video 720p sudah dianggap (HD) High Definition, tetapi sekarang sudah tidak lagi. Kini standar video HD disandang oleh kualitas video 1080p ke atas.

Pasalnya, video 720p tidak dianggap tajam lagi. Dari alasan tersebut, video kualitas 720p dikeluarkan dari daftar video HD.

Walau begitu kualitas video 720p masih sama seperti sediakala. Tidak ada perubahan kualitas pada video tersebut. Hanya saja, keterangan HD di sudut kanannya akan hilang.

Keterangan HD akan muncul di video 1080p dan 1440p. Sementara video 2160p mendapat predikat video 4K.

Tanggapan YouTuber


Perubahan ini ditanggapi langsung oleh seorang YouTuber bernama Marques Brownlee di akun Twitter miliknya. Dia mengaku setuju dengan perubahan standad video HD di YouTube.

"Fun fact YouTube no longer clarifies 720p as HD. Only 1080p and up now. I completely agree," kata Marques Brownlee.

Video YouTube 720p Bukan HD (twitter.com)
Video YouTube 720p Bukan HD (twitter.com)Add caption


Standar Video HD di Ponsel


Saat ini standar resolusi 720p di berbagai industri teknologi masih dianggap sebagai layar HD. Sebut saja, industri ponsel yang masih mengategorikan resolusi layar 720p sebagai layar HD.

Baca juga:

Mungkin saja setelah YouTube melakukan perubahan, industri teknologi yang lain juga melakukan hal serupa.

Post a Comment