Cara mengembalikan akun Instagram yang dibanned, diblokir, dan dinonaktifkan (youtube.com)

Instagram menjadi media sosial paling digandrungi masyarakat. Biasanya mereka ingin mendapatkan follower atau like sebanyak-banyaknya. Namun, cara yang mereka lakukan untuk meraih tujuan tersebut, terkadang menyimpang sehingga akun Instagram di-blokir, di-banned, dan dinonaktifkan. Kalau sudah begini, bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang di banned, diblokir, atau dinonaktifkan?

Kalau pihak Instagram sampai melakukan tindakan pemblokiran, banned, penonaktifan, tentu Anda melakukan pelanggaran yang tidak sesuai dengan ketentuan Instagram. Oleh karena itu, patuhi dulu beberapa ketentuan penggunaan Instagram sebagai berikut.


  • Anda tidak boleh menyamar sebagai orang lain atau memberikan informasi yang tidak akurat.
  • Anda tidak boleh melakukan pelanggaran hukum, perbuatan yang menyesatkan, menipu, maupun perbuatan untuk tujuan ilegal atau dilarang.
  • Anda tidak boleh melanggar (atau membantu maupun mendorong orang lain untuk melanggar) Ketentuan ini atau kebijakan kami, termasuk Panduan Komunitas Instagram, Kebijakan Platform Instagram, dan Panduan Musik pada khususnya.
  • Anda tidak boleh melakukan apa pun untuk mengganggu atau merusak operasi Layanan sebagaimana mestinya.
  • Anda tidak boleh mencoba untuk membuat akun atau mengakses maupun mengumpulkan informasi secara tidak sah.
  • Anda tidak boleh mencoba untuk membeli, menjual, atau mentransfer aspek mana pun dari akun Anda (termasuk nama pengguna Anda) atau meminta, mengumpulkan, atau menggunakan informasi masuk atau lencana milik pengguna lain.
  • Anda tidak boleh memposting informasi pribadi, informasi rahasia, atau melakukan apa pun yang melanggar hak milik orang lain, termasuk hak kekayaan intelektual.
  • Anda tidak boleh menggunakan nama domain atau URL di dalam nama pengguna Anda tanpa persetujuan tertulis dari kami.


Jika Anda tidak merasa melakukan pelanggaran di Instagram, tapi akun Instagram Anda di-banned, diblokir, dan dinonaktifkan, maka segera lakukan banding sebelum terlambat.

Banding ke Instagram merupakan langkah paling jitu untuk mengembalikan atau memulihkan akun Instagram yang terblokir atau dinonaktifkan. Namun, alurnya sedikit rumit, sehingga perlu waktu dan akun Anda tidak selalu bisa kembali seperti sediakala.

Jika Anda penasaran bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang dibanned, diblokir, atau dinonaktifkan, maka simak langkah-langkah berikut:


  1. Awalnya Instagram akan memberitahukan bahwa akun Instagram Anda dinonaktifkan karena telah melanggar kententuan. Bunyi pesan tersebut seperti ini "Akun Anda telah dinonaktifkan karena melanggar kententuan kami. Pelajari cara Anda dapat memulihkan akun Anda. Lalu klik "Selengkapnya".
  2. Setelah itu, klik kata "Hubungi Kami" yang berwarna biru.
  3. Kemudian muncul pesan bertuliskan "Akun Instagram Saya Telah Diaktifkan Kembali". 
  4. Instagram bertanya apakah akun ini digunakan untuk mewakili bisnis, produk, atau layanan saya? 
  5. Jawab sesuai keadaan Anda. Jika punya bisnis, maka pilih "Ya". Jika tidak ada bisnis, maka pilih "Tidak", lalu tekan tombol "Kirim".
  6. Selanjutnya isi nama lengkap, nama pengguna Instagram Anda, alamat email Anda, dan negara Anda. Terakhir tekan tombol "Kirim".
  7. Jika sudah menekan tombol kirim, berarti proses banding untuk mengembalikan akun Instagram yang dibanned, diblokir, dan dinonaktifkan sudah terkirim.
  8. Lalu, cek email Anda, The Instagram Team mengirim email yang intinya meminta Anda untuk mengirim foto diri Anda sambil memegang salinan tulisan tangan dari kode yang dikirimkan Instagram.
  9. Pastikan foto yang Anda kirimkan menyertakan kode tadi yang sudah ditulis tangan dalam selembar kertas bersih, diikuti dengan nama lengkap, dan nama pengguna Anda. Perlu diketahui, wajah dan tulisan di kertas harus terlihat jelas.
  10. Tunggu verifikasi dari Instagram selama 2-3 hari. Jika sudah dikonfirmasi oleh pihak Instagram, mereka akan mengirim pesan bertuliskan "Akun Anda telah diaktifkan ulang dan sekarang Anda akan dapat mengaksesnya. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, buka Pusat Bantuan."


Ini artinya akun Instagram Anda sudah normal seperti sediakala. Anda jangan melakukan pelanggaran lagi agar tidak terkena banned, blokir, dan penonaktifan dari Instagram.

Namun, jika pihak Instagram tidak membalas atau memberikan balasan bahwa akun Instagram Anda tidak bisa diaktifkan lagi, maka buat akun Instagram yang baru.

Kemungkinan, salinan kode yang Anda tuliskan salah, nama pengguna tidak lengkap, foto tidak jelas atau foto editan, bukan foto asli, sehingga proses verifikasi dianggap gagal.

Akun Instagram diblokir sementara


Pemblokiran akun Instagram terkadang terjadi sementara waktu karena Anda terlalu banyak follow orang lain. Terkadang akun Anda juga diblokir setelah Anda melakukan spam di komentar dan terlalu banyak melakukan like foto teman kalian.

Untuk masalah seperti ini, Anda hanya cukup menunggu saja minimal 3 hari. Sambil menunggu, Anda jangan melakukan aktivitas follow orang, like foto, atau spam komentar. Setelah 3 hari, kemungkinan akun Anda akan kembali lagi seperti sediakala.

Ada juga masalah lain, yaitu Anda tidak bisa follow akun Instagram orang teman lagi. Ini sama seperti di atas, berarti Anda diminta untuk tidak melakukan follow dan unfollow terlalu sering. Tunggu saja 3 hari, pasti akun Instagram Anda normal lagi.

Demikian cara untuk mengembalikan akun IG atau Instagram yang di banned, diblokir, dan dinonaktifkan. Sebelum terkena banned, blokir, dan penonaktifan, sebaiknya jangan pernah melanggar ketentuan dari Instagram.

Lakukan aktivitas di Instagram secara sewajarnya, seperti berkomentar positif, like foto teman, dan sebagainya. Istirahat sejenak dan lakukan kegiatan positif, lalu buka Instagram lagi.

Jika masih bingung, lihat video tutorial mengembalikan akun Instagram yang dibanned, diblokir, dan dinonaktifkan berikut:


Semoga bermanfaat.

23 Komentar

  1. Berikut ini file yang diminta dengan foto, komentar, informasi profil, dan data lainnya yang Anda bagikan di Instagram sebagai arisaputra00
    Tautan ini hanya akan bekerja selama empat hari ke depan. Karena mungkin berisi informasi pribadi, pastikan kerahasiaan tautan dan hanya unduh arsip ke komputer Anda sendiri.
    Ini maksud nya gimana bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya Anda meminta arsip data akun Anda pribadi, seperti foto, video, komentar, dan lain-lain.

      Hapus
  2. Jika tidak ada tulisan hubungi kami bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti tidak bisa mengajukan pemulihan akun Instagram.

      Hapus
  3. Saya sudah banding dan sudah menulis semua kolom pertanyaan dan permintaan tapi selalu saja ada masalah pada permintaan ini, bagaimana kak klo permasalahan kek gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akun Instagram Anda mungkin sudah tidak bisa dipulihkan lagi, buat akun baru aja.

      Hapus
  4. Akun ig saya tiba" hilang trus nama ig saya gdk lgi dh saya cari dri ig kawan gdk pdhl smalam saya msih bisa pake pagi ini pas saya buka aplks ig ig saya dh keluar sendiri bisa bantu saya?
    Plisss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akun seperti itu biasanya sudah banned permanen, jadi tidak bisa dipulihkan. Buat akun Instagram baru aja.

      Hapus
  5. Di akun Instagram saya ga ada tulisan kayak di video.. malah di aplikasi Instagram saya tulisan akun anda telah di nonaktifkan itu ada dia atas .. jadi gimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tingkatan penonaktifan akun berbeda-beda. Kemungkinan akun Anda sudah tidak bisa dipulihkan.

      Hapus
  6. Kan tadi malam aku post foto nah pas mau buka ig tiba-tiba akun aku ke lock dan masalahnya aku belum ajukan banding soalnya udah panik bgt langsung berusa login lagi, trs ada problem lagi dulu aku belum sempat mengkonfirmasi email aku di akun tsb karena "email trs sudah pernah digunakan" lalu nomer hp ku juga pake yg no hp lama itu gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak ada email dan nomor HP pemulihan, sulit mengembalikan akun seperti semula. Solusinya, coba pakai nomor HP yang lama.

      Hapus
  7. Saya ingin mengambilkan akun Instagram saya

    BalasHapus
  8. Gimana kalu akun dinonaktifkan kerna aku tersalah umur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama,aku juga gini kemaren. Ada rekomendasi akun yg bisa ngembaliin gkyah hehhehe

      Hapus
  9. Gimana kalu akun dinonaktifkan kerna aku tersalah umur

    BalasHapus
  10. Gimana kalu akun dinonaktifkan kerna aku tersalah umur

    BalasHapus
  11. Kalo dalam 4 hari gak buka email dari ig buat ambil file sisa postingan di ig gimana ya ?
    Apa gak bisa ambil filenya

    BalasHapus
  12. Kalo pihak instagram gak bales email kita gegara gambarnya kurang jelas, bisa kita kirim ulang fotonya gak??
    Apa cuman bisa 1 kali doang ngirim gambarnya??

    BalasHapus
  13. Akun ig saya dinonaktifkan oleh pihak ig tanpa tau apa kesalahanya, sya sdh mengajukan banding & sdh menerima email u/ mengirimkan fto & kode tapi blm ada balesan email lg , brp lama biasanya terima balesan email ya lg dr ig?

    BalasHapus
  14. Setelah mengajukan banding melalui link pengajuan,menunggu balasan email berapa hari kira2?

    BalasHapus
  15. Saya sudah mengajukan banding di form pengajuan,untuk mendapatkan balasan email kira2 berapa hari?

    BalasHapus
  16. Saya telah mereport akun yg pretend to be me, malah pihak ig keliru menonaktifkan akun saya, lalu saya memberi tahu teman2 untuk mereport akun tsb sampai akirnya akun tsb sdh di nonaktifkan, kemudian sy melakukan banding dan dapat balasan email, saya ikuti langkah dan sudah mendapat balasan email lagi kalau akun sy sudah diaktikan kembali, tapi pas saya cek akun saya masih nonaktif dan yg aktif malah akun yg saya report. Saya bingung harus bagaimana lg, udah banding terus tp masi belum ada jawaban lagi :“) padahal pkerjaan ada di dlm ig huft

    BalasHapus

Posting Komentar