Cara Memperbaiki Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul atau Hilang (mobilemarketingmagazine.com)

Pernah merasa smartphone sepi tak ada notifikasi sama sekali? Biasanya aplikasi WhatsApp ramai, apalagi grup-grup teman nongkrong, sekolah, atau kantor. Namun, sekarang notifikasi WhatsApp tidak muncul, bahkan hilang seperti ditelan bumi. Kira-kira bagaimana cara memperbaikinya?

Tentu masalah notifikasi WhatsApp ini tidak lain karena kesalahan sendiri atau mungkin memang ada masalah pada aplikasi. Namun, alangkah baiknya kita instropeksi diri dulu. Apakah ada pengaturan yang berubah sehingga mengakibatkan notifikasi WhatsApp tidak muncul, atau mungkin karena belum update WhatsApp.

Baca juga:
8 Cara Mengamankan WhatsApp agar Tidak Mudah Disadap
Cara Menggunakan 1 Akun WhatsApp di 2 Smartphone Sekaligus 
Cara Menghapus Chat WA yang Sudah Lama Lewati Batas 7 Menit 
Video Call di WhatsApp Bisa 8 Orang Sekaligus 
4 Cara Melacak Lokasi Orang Lewat WhatsApp, Google Maps, dan SMS 

1. Mode Jangan Ganggu


Untuk mengetahui apakah notifikasi WhatsApp tidak muncul bersumber dari kita sendiri adalah Mode Jangan Ganggu. Mungkin kita tanpa sengaja mengaktifkan fitur mode Jangan Ganggu. 

Jika fitur tersebut dalam keadaan aktif biasanya tidak akan muncul notifikasi WhatsApp sama sekali. Bahkan, notifikasi dari media sosial yang lain juga ikut-ikutan tidak muncul.

Oleh sebab itu, Anda harus mengecek apakah Mode Jangan Ganggu dalam keadaan aktif atau mati. Pastikan Mode tersebut mati agar notifikasi bisa muncul secara normal.

2. Periksa Notifikasi di Pengaturan


Nah, ada lagi kesalahan yang terjadi pada smartphone yaitu notifikasi WhatsApp yang tidak aktif.


  1. Buka Pengaturan atau Setting.
  2. Pilih Aplikasi dan Notifikasi.
  3. Lalu pilih Aplikasi WhatsApp.
  4. Pilih lagi Notifikasi.
  5. Pastikan seluruh notifikasi WhatsApp aktif semua berwarna hijau.
  6. Agar perubahan bisa dirasakan, coba reboot smartphone.


3. Hapus Data Aplikasi WhatsApp


Apabila kedua cara di atas masih belum berhasil, coba hapus data aplikasi WhatsApp.


  1. Backup chat atau cadangkan chat WhatsApp.
  2. Pilih titik tiga di pojok kanan atas > setelan > chat > cadangan chat > cadangkan.
  3. Setelah selesai, buka Pengaturan atau Setting.
  4. Pilih Aplikasi dan Notifikasi.
  5. Lalu pilih Aplikasi WhatsApp.
  6. Pilih Penyimpanan.
  7. Tekan hapus penyimpanan.
  8. Aplikasi WhatsApp akan logout dan tampilannya seperti aplikasi baru.
  9. Anda harus login WhatsApp lagi dengan cara memasukkan nomor telepon.
  10. Notifikasi WhatsApp akan kembali normal.


4. Hapus Instalan Aplikasi WhatsApp


Jika Anda tidak mau ribet, coba hapus aplikasi WhatsApp. Setelah itu, reboot smartphone. Kemudian instal kembali aplikasi WhatsApp yang baru. 

Dengan begitu, notifikasi WhatsApp akan muncul lagi karena baru diinstal ulang. Namun ingat, sebelumnya Anda harus backup chat WhatsApp agar history chat tidak hilang.

5. Update Aplikasi WhatsApp


Masalah notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa juga terjadi karena aplikasi jarang update. Anda mungkin selalu menggunakan jaringan internet data seluler. Sehingga aplikasi tidak update secara otomatis. 

Oleh karena itu aplikasi WhatsApp harus diperbarui secara berkala agar tidak muncul masalah seperti notifikasi atau pemberitahuan. Jika perlu, aktifkan pembaruan aplikasi WhatsApp secara otomatis di pengaturan Google Play Store.

6. Aktifkan Sinkronisasi WhatsApp



  1. Buka Pengaturan smartphone.
  2. Cek fitur sinkronisasi aplikasi.
  3. Pasti data WhatsApp sudah auto-sync atau otomatis tersinkronisasi.
  4. Dengan begitu, saat ada chat masuk di WhatsApp, maka smartphone akan memberikan notifikasi.


7. Matikan Penghemat Daya Baterai


Terkadang smartphone canggih memiliki fitur penghemat daya baterai. Nah, fitur ini bisa memutuskan sinkronisasi suatu aplikasi agar baterai lebih awet. Namun, kekurangannya notifikasi aplikasi seperti WhatsApp jadi tidak muncul atau telat munculnya. 

Jadi, solusinya tidak perlu menggunakan fitur penghemat daya baterai. Cara lain, pilih aplikasi yang bisa dihemat baterainya, kecuali WhatsApp. Sehingga aplikasi yang lain bisa hemat daya, tapi WhatsApp tetap normal.

Kesimpulan


Demikian berbagai cara memperbaiki notifikasi WhatsApp yang tidak muncul atau hilang. Pertama harus mengecek kesalahan sendiri, kemudian pengaturan notifikasi ponsel, cek pengaturan aplikasi WhatsApp, aktifkan sinkronisasi, matikan penghemat daya baterai, dan update aplikasi.

Apabila Anda memiliki smartphone lebih dari satu, Anda bisa menginstal WhatsApp di smartphone kedua. Tentu aplikasi di WhatsApp smartphone pertama harus dihapus dulu atau logout. 

Jika di ponsel kedua notifikasinya muncul secara normal, kemungkinan masalahnya terletak pada smartphone Anda. Solusinya, bawa smartphone ke tempat service atau tanyakan kepada teman yang jago mengoprek smartphone.

Post a Comment