Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus (androitpit.com)

Sekarang Anda tak perlu khawatir, pesan chat WhatsApp yang terhapus bisa dikembalikan seperti semula. Jadi, apabila Anda tidak sengaja menghapus chat WhatsApp, Anda tinggal memulihkannya kembali dari setingan WhatsApp.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa fitur memulihkan chat WhatsApp ini bisa dilakukan jika Anda sudah melakukan backup atau cadangan chat. Apabila Anda belum pernah mencadangkan pesan WA, kemungkinan riwayat chat kembali akan sangat kecil.

Oleh karena itu, sangat penting melakukan backup atau cadangan chat WhatsApp melalui Google Drive dan Cadangan Lokal di Penyimpan Internal smartphone.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus


Pemulihan pesan chat WhatsApp ini bisa dilakukan dengan tiga cara, di antaranya menggunakan Google Drive, cadangan lokal di memori eksternal, dan cadangan lokal lama.

1. Cadangan dari Google Drive


Jika Anda pernah melakukan backup chat WhatsApp di Google Drive, maka Anda bisa memulihkan cadangan chat tersebut.


  1. Uninstall aplikasi WhatsApp.
  2. Install lagi aplikasi WhatsApp.
  3. Masukkan nomor telepon WhatsApp.
  4. Pilih Pulihkan untuk mengembalikan chat WA dari Google Drive.
  5. Tekan Lanjut, maka chat WhatsApp Anda akan segera ditampilkan seperti sediakala.
  6. Setelah itu, WhatsApp akan memulihkan file media di dalam chat.
  7. Apabila Anda tidak pernah mencadangkan chat WA di Google Drive, maka WhatsApp secara otomatis akan memulihkan data dari file cadangan lokal yang tersedia.


2. Cadangan Lokal di Memori Eksternal


Cara mengembalikan chat WA ini bisa dilakukan apabila Anda pernah mencadangkan file WhatsApp di memori eksternal, seperti kartu SD, flashdisk, laptop, dan komputer.

Jadi, Anda secara manual melakukan copy folder WhatsApp di memori internal ke penyimpanan lain. Kemudian saat akan mengembalikan chat lama WhatsApp, Anda tinggal memindahkan folder WhatsApp tersebut ke memori internal.

Dengan begitu, Anda bisa memulihkan chat WhatsApp yang lama. Namun, jarang sekali ada pengguna yang melakukan hal tersebut. Mereka tidak akan berpikir akan kehilangan chat WhatsApp, sehingga tidak pernah berjaga-jaga melakukan backup file WhatsApp.

Pengembalian chat ini sesuai dengan kapan Anda melakukan backup manual chat tersebut. Misal, Anda melakukan backup folder pada bulan Januari 2020. Berarti cadangan chat yang bisa dikembalikan cuma chat di sekitar bulan tersebut. Sementara, bulan berikutnya seperti Februari, Maret, April, dan Mei akan hilang.

Perlu Anda ketahui juga bahwa cadangan lokal WhatsApp dibuat otomatis setiap jam 02.00 dini hari. Cadangan ini disimpan di memori internal folder WhatsApp.

3. Cadangan Lokal Lama


Anda ingin mengembalikan chat WhatsApp yang sudah terhapus lama? Cara ini mungkin bisa Anda lakukan, tapi kemungkinan hanya chat lama saja yang kembali sesuai dengan cadangan lokal terakhir.


  1. Buka file manager di smartphone.
  2. Folder WhatsApp biasanya disimpan di memori internal atau kartu SD.
  3. Coba cari dulu folder tersebut memori internal.
  4. Jika folder WhatsApp sudah ketemu, buka file Databases.
  5. Anda akan menemukan beberapa file cadangan chat bertuliskan msgstore-TTTT-BB-HH.1.db.crypt12.
  6. TTTT-BB-HH berarti tahun bulan hari.
  7. Nah, ganti nama msgstore-TTTT-BB-HH.1.db.crypt12 menjadi  msgstore.db.crypt12.
  8. Pastikan file cadangan sesuai dengan tanggal riwayat chat yang ingin Anda pulihkan.
  9. Kemungkinan file cadangan juga ditemukan dengan nama crypt9 atau crypt10. Yang terpenting jangan mengubah nomor ekstensi crypt.
  10. Setelah nama file msgstore diubah menjadi msgstore.db.crypt12, maka cadangan di tanggal tersebut yang akan dipulihkan.
  11. Uninstall dan install lagi aplikasi WhatsApp.
  12. Pilih Pulihkan, maka WhatsApp akan mengembalikan cadangan lokal dari file msgstore.db.crypt12 tadi.


Kesimpulan


Demikian cara mengembalikan dan memulihkan chat WhatsApp yang terhapus lama. Chat WhatsApp bisa dikembalikan selama Anda tidak mencadangkan chat setelah menghapusnya. Maksudnya, jika chat WA sudah terhapus, kemudian Anda menekan Cadangkan atau Backup, maka cadangan yang lama otomatis akan hilang.

Baca juga:
7 Cara Memperbaiki Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul atau Hilang
8 Cara Mengamankan WhatsApp agar Tidak Mudah Disadap 
Cara Menghapus Chat WA yang Sudah Lama Lewati Batas 7 Menit 

Riwayat chat WhatsApp yang lama sudah diganti dengan cadangan yang baru. Anda tidak akan bisa mengembalikan chat WA yang sudah dihapus. Kecuali Anda sudah mencadangkan folder WhatsApp di lokasi lain, seperti memori eksternal atau laptop. Berarti ada kemungkinan pesan WA bisa kembali seperti sediakala.

Post a Comment