Cara Mengamankan WhatsApp agar Tidak Mudah Disadap (express.co.uk)

Hampir semua orang di Indonesia menggunakan aplikasi chatting WhatsApp. Selain mudah, penggunaan aplikasi WhatsApp bisa dibilang hemat karena tidak menguras kantong. Aplikasinya gratis, pengguna bisa berkirim pesan, telepon, video call, dan mengirim gambar, video, serta berkas. 

Namun, semakin populer suatu aplikasi terkadang ada saja yang berniat buruk, seperti menyadap isi pesan WhatsApp dan lain-lain. Oleh karena itu, diperlukan pengamanan agar WhatsApp tidak mudah disadap oleh siapa pun, baik kawan atau lawan.

Baca juga: Daftar Smartphone yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Tahun 2020

Tips Mengamankan WhatsApp agar Tidak Mudah Disadap


1. Update Aplikasi WhatsApp


Agar aplikasi WhatsApp lebih aman, selalu updater aplikasi tersebut begitu muncul pembaruan. Biasanya, di dalam pembaruan WhatsApp terdapat fitur keamanan baru yang lebih baik. Selain itu, tanda-tanda ada tindakan mencurigakan di aplikasi akan segera ketahuan.

Di samping memperbarui aplikasi, Anda juga harus memperbarui sistem operasi di smartphone. Tidak peduli Android atau iOS, segera lakukan pembaruan saat sistem operasi sudah stabil dan aman.

2. Kunci Aplikasi dengan Touch ID atau Face ID


Aplikasi WhatsApp sudah menawarkan fitur keamanan tambahan berupa Touch ID dan Face ID untuk iPhone serta pemindai sidik jari untuk Android. Nah, manfaatkan fitur ini untuk mengamankan WhatsApp agar tidak mudah dibuka orang lain atau pacar.

3. Aktifkan Privasi Grup


Anda sebelumnya pasti sering dimasukkan ke grup WhatsApp tanpa izin. Kalau grup yang baik tidak masalah, tetapi kalau isinya tentang ujaran kebencian, tentu grup seperti ini akan sangat mengganggu. 

Daripada Anda risih dengan isi pesan di grup tersebut, lebih baik Anda mengontrol privasi grup WhatsApp. Tujuannya agar nomor Anda tidak mudah dimasukkan ke grup tertentu. Mereka harus meminta izin dulu kepada Anda sebelum dimasukkan ke dalam sebuah grup.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup buka Setelan/ Pengaturan dalam aplikasi, lalu ketuk Akun > Privasi > Grup dan pilih salah satu dari ketiga opsi berikut: "Kontak Saya Kecuali", "Kontak Saya", atau "Semua Orang".

Pilihan "Kontak saya" berarti hanya pengguna yang tercantum di buku kontak Anda yang dapat menambahkan ke grup, sedangkan opsi "Kontak saya, kecuali..." memberikan kendali tambahan kepada Anda untuk menentukan siapa di antara kontak yang dapat menambahkan Anda ke grup.

Baca juga: Cara Baca Chat WhatsApp Pacar yang Selingkuh Tanpa Ketahuan

4. Amankan Privasi Profil WhatsApp


Anda sebagai pemilik smartphone dan nomor WhatsApp berhak mengontrol informasi apa saja yang akan dibagikan ke orang lain. WhatsApp memungkinkan Anda memutuskan dengan siapa Anda ingin membagikan informasi profil. Jadi Anda bebas mau berbagi ke semua orang, daftar kontak, atau tidak ke siapa pun.

Caranya dengan membatasi fitur Terakhir Dilihat atau Last Seen, Foto Profil, Tentang atau About, dan Status WhatsApp.

5. Verifikasi Dua Langkah


Tingkatkan keamanan WhatsApp dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah. Caranya mudah, buka Settings > Account > Two-step Verification > Enable. Fitur ini membantu untuk mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp apabila kartu SIM Anda dicuri atau nomor rusak.

6. Blokir Pengguna


Jika Anda merasa terganggu dengan seseorang, segera blokir orang tersebut. WhatsApp menyediakan fitur blokir agar Anda terbebas dari gangguan orang lain.

7. Hapus Chat dan Laporkan Spam


Terkadang ada saja orang yang mengirim pesan panjang dan isinya kurang baik. Nah, pesan seperti ini bisa dihapus dan dilaporkan sebagai spam. Dengan begitu, WhatsApp Anda lebih bersih dan aman.

8. Keluar dari Grup


Apabila Anda merasa kurang nyaman dan kurang aman di dalam sebuah grup segera keluar saja. Aplikasi ini memudahkan untuk siapa saja yang ingin keluar grup karena alasan tertentu. 

Baca juga: Cara Menghapus Chat WA yang Sudah Lama Lewati Batas 7 Menit

Kesimpulan


Demikian beberapa cara mengamankan WhatsApp agar tidak mudah disadap orang iseng. Terkadang pacar sendiri sering menyadap WhatsApp untuk mengecek apakah Anda selingkuh atau tidak. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik lakukan pengamanan di aplikasi WhatsApp.

Kalau mau lebih aman, jangan pernah meminjamkan smartphone ke siapa pun. Selain itu, jangan menginstal aplikasi di luar Google Play Store atau Apps Store. Aplikasi yang tidak resmi bisa mengandung spam yang berbahaya bagi keamanan WhatsApp.

Post a Comment