Google Play Music Ditutup Ganti YouTube Music (foosbytes.com)

Bagi pengguna yang sudah lama mendengarkan lagu lewat Google Play Music, mungkin akan kaget. Pasalnya, Google Play Music akan segera tutup. Dipastikan pengguna tidak akan bisa mengakses Google Play Music pada akhir tahun 2020

Sedih memang, tapi mau bagaimana lagi. Google sudah memiliki layanan musik baru yaitu YouTube Music. Layanan tersebut dinikmati lebih nyaman jika pengguna berlangganan. Tanda-tanda penutupan Google Play Music sudah tercium lama.

Google Play Music Dilebur Jadi YouTube Music


Sebelumnya, Google sudah meminta pengguna Play Music untuk mentransfer daftar lagu ke YouTube Music. Permintaan tersebut sepertinya sejalan dengan rencana Google akan melebur layanan Play Music dan YouTube Music menjadi satu layanan musik terlengkap di dunia.

Diketahui pengguna bisa transfer pengaturan dan playlist ke YouTube Music. Saat ini Google Play Music memang masih bisa diakses. Tujuannya mungkin untuk memberikan waktu kepada pengguna untuk berpindah ke YouTube Music.

Perbedaan Google Play Music dan YouTube Music


Salah satu perbedaan yang paling menonjol adalah YouTube Music memiliki versi premium berbayar, sementara Google Play Music sepenuhnya gratis. Meski YouTube Music bisa juga diakses secara gratis, tapi lebih puas jika Anda berlangganan ke YouTube Music Premium. 

Anda bisa berlangganan YouTube Music Premium sebesar Rp 49.000 per bulan. Kelebihan yang versi premium sudah pasti tanpa iklan, download lagu untuk diputar secara offline, hingga putar lagu dengan layar ponsel mati.

Baca juga:

Daftar Paket YouTube Music Premium


YouTube Music menawarkan beberapa paket berlangganan yang murah untuk semua lapisan masyarakat. Bahkan, paket pelajar juga diberikan untuk pelanggan YouTube Music.

  1. Paket Pelajar: Rp 24.900 per bulan.
  2. Paket Individu: Rp 49.000 per bulan.
  3. Paket Keluarga: Rp 75.000 per bulan.

Cara Berlangganan YouTube Music Premium


  1. Buka situs youtube.com/musicpremium/.
  2. Pilih mau coba layanan premium gratis 1 bulan atau berbayar.
  3. Pilih paket berlangganan individu, pelajar, atau keluarga.
  4. Login ke akun Google yang ingin digunakan untuk berlangganan.
  5. Pilih gambar profil Anda.
  6. Tekan Dapatkan Music Premium.
  7. Untuk mengetahui detail tentang langganan premium buka situs youtube.com/paid_memberships/.
  8. Pembayanan default biasanya kartu kredit atau debit. Namun, ada juga metode pembayaran lain bisa dengan potong pulsa.

Sesuaikan langganan YouTube Music Premium berdasarkan keadaan keuangan Anda. Apabila Anda masih pelajar, gunakan saja paket pelajar. Namun, bila Anda mempunyai keluarga yang suka mendengarkan musik, maka pilih paket keluarga.

Post a Comment