Smartphone Lama Jadi Alat Canggih Serbaguna (gottabemobile.com)

Banyak orang tergiur smartphone keluaran terbaru dan melupakan smartphone lama. Mereka terkadang masih menggunakan smartphone lawas, tetapi sebagian menyimpannya dan tidak digunakan lagi. Padahal, sejatinya smartphone lama tersebut memiliki segudang manfaat dan bisa dijadikan alat canggih serbaguna.

Ya, apabila Anda sudah memiliki ponsel baru, maka manfaatkan ponsel lama atau bekas untuk hal-hal bermanfaat. Smartphone lama mungkin kinerjanya lambat dan lemot. 

Baca juga:
Cara Restore Aplikasi dari Smartphone Lama ke Smartphone Baru
8 Tips Hemat Membeli Smartphone Baru Sesuai Kebutuhan 

Anda bisa menyiasati hal tersebut dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik agar terasa ringan. Setelah itu, download aplikasi yang sekiranya berguna dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Sehingga smartphone lawas dan bekas tetap bisa dimanfaatkan, walau tidak untuk alat komunikasi.

1. Smartphone Jadi Kamera CCTV

Smartphone Jadi Kamera CCTV (techtrendingnews.com)
Smartphone Jadi Kamera CCTV (techtrendingnews.com)


Smartphone Android atau iPhone lama Anda bisa dijadikan kamera CCTV di rumah. Ponsel pintar kebanyakan sudah memiliki kamera cukup mumpuni dan sambungan internet. Nah, manfaatkan hal tersebut untuk mengawasi keadaan di rumah atau lingkungan sekitar.

Anda dapat mengunduh aplikasi kamera CCTV, seperti IP Webcam, WiFi Baby Monitor, WardenCam, tinyCam Monitor, IP Cam Viewer Basic, Live Camera Viewer, DroidCam Wireless, Webcam, Video Surveillance Ivideon, iVMS-4500, Foscam Viewer, dan lain-lain.

Setelah menginstal salah satu aplikasi tersebut, letakkan smartphone lama di ruangan yang ingin dipantau atau lingkungan sekitar. Dengan begitu, Anda bisa mengawasi rumah walau Anda sedang bepergian.

2. Smartphone Jadi Remote Kontrol Universal

Smartphone Jadi Remote TV (tomsguide.com)
Smartphone Jadi Remote TV (tomsguide.com)


Remote televisi dan AC mudah sekali hilang entah ke mana. Biasanya kedua alat ini hilang karena lupa menaruh atau jatuh dan rusak. Nah, daripada bingung cari remote TV dan AC, Anda bisa mengubah smartphone lama menjadi remote kontrol universal.

Aplikasi remote yang bisa dicoba antara lain, Mi Remote Controller, Android TV Remote Control, Universal Remote Control, Universal TV Remote Control, dan lain sebagainya.

Biasanya smartphone yang bisa mendukung aplikasi tersebut adalah smartphone yang memiliki fitur inframerah atau infrared. Jika ponsel Anda tidak dibekali inframerah, sebaiknya dicoba dulu karena ada dua kemungkinan, antara bisa dan tidak bisa.

Kalau Anda ingin mengganti channel TV atau suhu udara AC, Anda tinggal mengaturnya lewat smartphone. Enaknya lagi, remote tersebut tidak akan hilang karena Anda bisa memanggilnya kapan saja melalui telepon.

3. Smartphone Jadi Mouse Wireless

Smartphone Jadi Mouse (gadgethacks.com)
Smartphone Jadi Mouse (gadgethacks.com)


Terkadang mouse pad di laptop atau mouse di PC rusak. Nah, Anda tidak perlu beli mouse baru karena Anda bisa mengandalkan smartphone lama.

Caranya download saja aplikasi Remote Mouse dari Google Play Store, maka Anda bisa menggunakan smartphone lama Anda layaknya mouse sungguhan.

Menariknya lagi, aplikasi ini dibekali berbagai fitur tambahan yang bisa mengetik teks, keyboard tombol fisik, tombol pengetikkan suara, sensor gyro (ponsel digerakkan seperti mouse), left-handed mode, dan lain-lain.

4. Smartphone Jadi Penunjuk Jalan di Mobil dan Motor

Smartphone Jadi Penunjuk Arah di Mobil (bestproducts.com)
Smartphone Jadi Penunjuk Arah di Mobil (bestproducts.com)


Anda yang sering bingung mengenai arah jalan, tenang saja manfaatkan smartphone sebagai penunjuk jalan. Instal aplikasi Asisten Google dari Google Play Store.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penunjuk arah jalan, lokasi tempat, cuaca, rekomendasi tempat makan, hotel, SPBU, ATM Bank, tempat ibadah, dan lain-lain.

Smartphone bisa diberi mounting dan di tempel di dashboard mobil atau dekat spedometer motor. Kalau baterai smartphone lama mudah habis, Anda bisa membawa charger khusus mobil atau power bank.

5. Smartphone Jadi Kalender Digital

Smartphone Jadi Kalender Digital (appadvice.com)
Smartphone Jadi Kalender Digital (appadvice.com)


Bagi pekerja kantoran, tentu jadwal dan waktu bisa sangat padat. Apabila jadwal tersebut tidak dicatat sudah pasti akan lupa. Oleh sebab itu, manfaatkan smartphone lawas untuk dijadikan kalender digital.

Dengan kalender tersebut, Anda bisa mengetahui sekarang tanggal berapa, pengingat jadwal meeting atau pertemuan, tanggal ulang tahun orang tersayang, mengatur aktivitas kerja di kantor atau di rumah, dan lain-lain. Nah, smartphone ini bisa diletakkan di meja kerja, sehingga sewaktu-waktu Anda bisa melihatnya.

Kesimpulan


Demikian beberapa manfaat smartphone lama sebagai alat canggih serbaguna. Jadi jangan pernah membuang atau menjual smartphone lama. Alasannya, pertama harga jualnya akan turun drastis, kedua kenapa harus jual ponsel kalau bisa dimanfaatkan lagi.

Namun, jika memang Anda sedang butuh uang, maka smartphone tersebut bisa dijual saja. Anda bebas menentukan mau diapakan ponsel Anda. Kami memberikan saran ini sebagai pilihan daripada ponsel lama cuma diletakkan di laci atau disimpan di kotak smartphone.

Post a Comment