Fitur Tersembunyi Samsung Gear S3 (sammobile.com)

Smartwatch Samsung Gear S3 menjadi salah satu jam tangan paling populer karena eksteriornya yang kasar dan terlihat seperti jam tangan biasa. Sebenarnya banyak pilihan jam tangan yang mengesankan untuk dipilih, tapi untuk perangkat Android sepertinya masih jatuh ke tangan Samsung Gear S3.

Pada jam tangan pintar ini terdapat fitur tersembunyi yang mengesankan. Sehingga pengguna bisa melakukan lebih banyak hal bermanfaat tanpa harus membuka smartphone.

Baca juga: 10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Smartwatch Anak

Berikut beberapa fitur tersembunyi Samsung Gear S3 paling berguna yang harus Anda ketahui. Kemungkinan fitur ini tidak semuanya terdapat di smartwatch lain.

Fitur Menarik di Smartwatch Samsung Gear S3 (symbios.pk)
Fitur Menarik di Smartwatch Samsung Gear S3 (symbios.pk)


1. Hemat Daya Baterai


Samsung Gear S3 memiliki fitur hemat baterai yang mematikan layar setelah waktu tertentu untuk menghemat daya baterai. 
Namun, banyak orang suka mengaktifkan fitur selalu aktif sehingga setiap kali mereka melihat jam tangan mereka tidak perlu memencet apapun.

Untuk masalah ini, Anda bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus dengan mengaktifkan fitur Gerakan Bangun. Fitur ini akan menyalakan layar arloji setiap kali Anda mengangkat pergelangan tangan ke wajah Anda. 

Untuk mengaktifkannya, cukup ketuk Pengaturan > Lanjutan > Gerakan Bangun untuk mengaktifkan fitur.

2. Samsung Gear S3 selalu aktif


Jam tangan Samsung Gear S3 mempunyai fitur tersembunyi berupa Watch Always On. Fitur ini memungkinkan jam tangan selalu aktif dan tentunya cukup menguras baterai.

Untuk mengaktifkan fitur tersembunyi Samsung Gear S3 ini, cukup ketuk Pengaturan > Tampilan > Watch Always On, lalu ketuk On untuk mengaktifkan Watch Always On .

3. Otomatis Buka Aplikasi


Biasanya, untuk membuka aplikasi pada Samsung Gear S3, Anda perlu menekan tombol Home. Lalu gulir ke aplikasi yang Anda inginkan di tampilan aplikasi. Kemudian ketuk ikon aplikasi untuk membukanya. Anda dapat menghemat waktu dan mencari jalan pintas dengan mengaktifkan aplikasi Buka otomatis .

Untuk mengaktifkan fitur ini, ketuk Pengaturan > Aplikasi > Buka aplikasi secara otomatis, lalu ketuk On untuk mengaktifkan aplikasi Buka otomatis .

Sekarang Anda dapat mengikuti prosedur yang sama seperti di atas untuk membuka aplikasi, tetapi alih-alih mengetuk ikonnya, tunggu saja titik putih berkedip dan aplikasi akan terbuka secara otomatis.

4. Mendengarkan Musik Tanpa Ponsel


Secara default, aplikasi musik Samsung Gear S3 akan memutar musik yang disimpan di ponsel Anda atau musik yang telah Anda transfer ke smartphone. 

Namun, ada trik keren untuk mendengarkan musik tanpa ponsel karena Samsung Gear S3 bisa terhubung ke Wi-Fi dan aplikasi Spotify. Sehingga Gear S3 bisa browsing dan memutar musik langsung dari ponsel Anda.

Untuk melakukan ini, gunakan aplikasi Galaxy Wearable di ponsel. Kemudian instal aplikasi Spotify di smartwatch.

Anda harus login dari smartwatch. Lalu Anda akan diminta memasukkan ID dan kata sandi untuk masuk ke akun Spotify Anda.

Baca juga: Spotify Hadir di Smart Watch, Tak Perlu Pakai Smartphone

Setelah Anda login dari Samsung Gear S3, Anda dapat meninggalkan telepon di rumah. Selama Anda memiliki akses ke Wi-Fi, jam tangan pintar Samsung Gear S3 dapat menelusuri dan memainkan musik apa pun dari akun Spotify.

Anda juga dapat mendengarkan musik tanpa koneksi Wi-Fi dan tanpa ponsel Anda dengan menggunakan aplikasi Spotify di smartwatch. Namun Anda harus mengunduh dulu beberapa lagu dari Spotify ke smartwatch.

5. Dengarkan Musik dan Lakukan Panggilan dengan Headset Bluetooth


Mendengarkan musik dari smartwatch mungkin terdengar bagus. Namun, apakah semua orang di sekitar harus ikut mendengarnya? Jika Anda berada di lokasi ramai, Anda dapat memasangkan headset bluetooth dengan smartwatch dan mengaktifkan bluetooth.

Untuk mengaktifkan ini, cukup ketuk Pengaturan > Koneksi > Bluetooth, lalu ketuk On untuk mengaktifkan Bluetooth .

Biasanya Bluetooth Anda sudah diaktifkan jika Anda menghubungkan smartwatch ke ponsel Anda melalui bluetooth.

6. Screenshot atau Tangkapan Layar di Smartwatch


Apakah Anda mendapatkan pesan teks penting yang ingin Anda bagikan ke orang lain? Anda dapat dengan cepat mengambil screenshot atau tangkapan layar pada Samsung Gear S3 dengan menahan tombol Home sambil menggeser satu jari di layar.

Caranya cukup tekan tombol Home dengan ibu jari Anda, dan geser ujung jari telunjuk Anda dari kiri ke kanan melintasi layar. Anda akan melihat gambar kecil muncul ketika tangkapan layar diambil.

7. Pintasan Tombol Beranda


Bosan menelusuri halaman tampilan aplikasi dengan bezel Anda? Anda bisa mendapatkan akses instan ke aplikasi favorit Anda dengan menekan tombol Home dua kali.

Untuk melakukan ini, ketuk Pengaturan > Lanjutan > Tekan dua kali tombol Home, gulir ke Aplikasi terbaru, lalu pilih aplikasi. Sekarang Anda dapat menekan tombol Home dua kali dan menggunakan bezel untuk menelusuri aplikasi yang baru saja digunakan dan memilihnya.

Anda juga dapat mengonfigurasi tombol Home tekan dua kali untuk membuka aplikasi lain secara instan, termasuk Cuaca, Spotify, Pengaturan, Galeri, dan lain-lain.

8. Temukan Ponsel Saya


Salah satu alasan terbaik untuk memiliki Samsung Gear S3 adalah Anda tidak akan pernah kehilangan ponsel lagi. Ini berkat aplikasi Find My Phone asli. Buka aplikasi ini dari perpustakaan aplikasi dan cukup ketuk ikon kaca pembesar. Ponsel Anda akan mulai berdering keras sehingga Anda dapat menemukannya.

Jika Anda tidak berada di dekat telepon, ketuk tiga titik di sebelah kanan ikon, lalu ketuk Temukan telepon. Smartwatch akan melakukan geolokasi smartphone Anda dan memberi Anda alamat di mana ia berada.

Agar fitur ini berfungsi dengan baik, Anda harus mengaktifkan layanan Find My Device di smartphone Android.

9. Mengirim Permintaan SOS atau Pertolongan


Jika Anda sering berjalan di area yang gelap dan sepi setelah pulang bekerja, atau harus mengunjungi lingkungan berbahaya, Anda akan senang memiliki fitur Kirim Permintaan SOS pada Samsung Gear S3. 

Cara mengaktifkannya Anda cukup mengetuk tombol Home tiga kali dengan cepat. Smartwatch akan segera mengeluarkan panggilan ke kontak darurat Anda sehingga Anda dapat memberi tahu mereka bahwa Anda dalam masalah atau bahaya.

Untuk mengatur fitur ini, buka aplikasi Galaxy Wearable di ponsel Anda, lalu ketuk Kirim permintaan SOS > Kirim pesan SOS dan masukkan kontak yang ingin Anda gunakan dalam keadaan darurat.

Anda juga bisa menggunakan 911 sebagai kontak darurat, serta mengaktifkan apakah Anda ingin aplikasi menunggu 5 detik sebelum menelepon sehingga Anda punya waktu untuk membatalkan panggilan jika perlu.

10. Mode Diam Samsung Gear S3



  1. Jangan ganggu : Semua notifikasi dimatikan, kecuali alarm.
  2. Mode teater : Semua notifikasi dan suara dinonaktifkan, termasuk alarm. Awasi selalu aktif dan gerakan bangun sama-sama dinonaktifkan.
  3. Mode selamat malam : Sama seperti mode teater, kecuali Anda masih akan menerima alarm (jadi Anda tidak terlambat untuk bekerja).


Untuk mengaktifkan salah satu mode ini, ketuk Pengaturan > Tingkat Lanjut, lalu gulir ke bawah untuk mengetuk Jangan ganggu, mode Teater, atau mode Selamat Malam untuk mengaktifkannya.

Mengaktifkan fitur Jangan ganggu di smartwatch juga akan mengaktifkannya di ponsel Anda jika Anda telah mengaktifkan fitur Sinkronisasi Jangan ganggu di aplikasi Galaxy Wearable.

Kesimpulan


Demikian beberapa fitur tersembunyi Smartwatch Samsung Gear S3 yang jarang diketahui banyak orang. Kemungkinan banyak orang menggunakan smartwatch untuk melihat jam dan notifikasi saja. 

Baca juga: Smartwatch Xiaomi Hadir untuk Anak-anak di China

Padahal, jam tangan pintar ini memiliki segudang fitur mengesankan. Anda harus mengutak-atik fitur jam tangan Samsung Gear S3 agar mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Post a Comment