Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android (apkpure.com)

Menyembunyikan aplikasi pada smartphone Android adalah cara yang bagus untuk memastikan informasi pribadi Anda aman. Sistem operasi Android cukup menyulitkan pengguna dalam menyembunyikan aplikasi sensitif, tapi ada cara gampang untuk menyembunyikan aplikasi Android.

Namun, ada beberapa cara dalam menjaga informasi pribadi Anda dari penyadapan atau orang-orang yang berniat memata-matai ponsel Anda. Sehingga ponsel Anda menjadi aman dan tidak mudah diintip oleh orang lain.

Alasan Menyembunyikan Aplikasi di Android


Sebenarnya menyembunyikan apa pun, bahkan aplikasi di ponsel Android atau tablet Anda, adalah cara orang menjaga keamanan atau privasi. Dalam hal menyembunyikan aplikasi, seseorang dapat memilih untuk melakukan itu karena sejumlah alasan. 

Misalnya, seseorang mungkin memiliki anggota keluarga yang tidak percaya pada privasi. Menyembunyikan aplikasi yang berisi informasi sensitif atau komunikasi adalah salah satu cara untuk melindungi privasi pribadi Anda.

Alasan lain mengapa orang memilih untuk menyembunyikan aplikasi pada perangkat mereka adalah untuk melindungi informasi seperti detail keuangan, rahasia bisnis, atau kekayaan intelektual agar tidak terganggu jika ponsel mereka hilang atau dicuri.

Baca juga: 5 Aplikasi Untuk Membersihkan Cache di Android agar Tidak Lemot

Selain itu, biasanya pengguna melakukan hide aplikasi untuk melindungi privasi dari pasangan atau pacar. Soalnya, pasangan terkadang terlalu kepo hingga membuat pasangan merasa risih.

Ada juga alasan lain yakni karena aplikasi bloatware. Aplikasi kurang bermanfaat dan jarang digunakan. Kemudian aplikasi ini juga bisa membuat ponsel jadi lemot. Sehingga tidak ada pilihan lain untuk menyembunyikan aplikasi tersebut.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android


Hal pertama yang perlu diketahui tentang menyembunyikan aplikasi di smartphone Android adalah sebenarnya tidak ada fitur bawaan untuk merahasiakan aplikasi Anda. Namun, masih ada cara untuk memaksa agar aplikasi Android mau sembunyi. 

Sehingga dapat dikatakan, ini tidak benar-benar menyembunyikan aplikasi tapi menonaktifkan aplikasi di Android. Cukup dengan menonaktifkan aplikasi dan menghapusnya dari App Drawer, lalu menghentikannya dari sistem sudah mirip dengan menyembunyikan aplikasi.


  1. Caranya, buka Pengaturan > Aplikasi.
  2. Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan.
  3. Pada halaman Info Aplikasi, pilih Nonaktifkan.
  4. Pesan konfirmasi muncul. Jika Anda yakin ingin menonaktifkan aplikasi, pilih Nonaktifkan.
  5. Aplikasi dinonaktifkan, dan tidak akan muncul lagi di tampilan layar depan.


Jika Anda tidak melihat aplikasi yang bisa dinonaktifkan, pergi ke sudut layar Aplikasi, pilih menu tiga titik di sudut kanan atas. Kemudian pilih tampilkan aps sistem. Perlu Anda ketahui, saat menonaktifkan aplikasi sistem, beberapa aplikasi tersebut dapat menyebabkan kesalahan sistem.

2. Aplikasi Untuk Menyembunyikan Aplikasi Non-Sistem


Aplikasi yang belum diinstal pada perangkat Anda (yang Anda unduh dari Google Play Store atau sumber lain) biasanya tidak dapat dinonaktifkan. Menyembunyikan aplikasi itu sedikit lebih sulit. Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk menyelesaikannya. 

Aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi hadir dalam beragam fitur. 

1. Calculator Vault 


Aplikasi ini bisa menyembunyikan aplikasi di dalam folder yang disamarkan oleh aplikasi lain. Terkadang aplikasi penyamaran ini berfungsi penuh, dan terkadang itu hanya aplikasi tiruan. 

Idenya adalah bahwa siapa pun yang mencari aplikasi yang Anda coba sembunyikan kemungkinan tidak akan menemukannya.

2. Apex Launcher


Aplikasi Apex Launcher membuat skin (atau antarmuka) yang baru pada perangkat Anda. Antar muka tersebut mencakup folder aman yang memerlukan kata sandi untuk mengakses aplikasi tertentu. 

3. AppLock 


Aplikasi AppLock juga bisa menyembunyikan aplikasi tapi di dalam semacam lemari besi. Anda dapat mengatur kode pin untuk mengakses apa pun yang disimpan di lemari besi, tetapi lemari besi itu tetap terlihat oleh siapa saja yang mengakses ponsel Anda. Jadi, Anda akan ketahuan sedang menyembunyikan sesuatu di dalam lemari besi tersebut.

Penyembunyi aplikasi adalah cara terbaik untuk mengamankan aplikasi yang tidak ingin orang lain akses. Luangkan waktu untuk meninjau beberapa dari mereka sebelum Anda membuat keputusan akhir tentang mana yang akan digunakan, karena masing-masing akan memiliki fitur dan persyaratan yang berbeda untuk bekerja.

3. Cara Menyembunyikan Aplikasi di Folder Keamanan


Beberapa ponsel Android, seperti Samsung Galaxy, juga memiliki kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi (serta gambar, dokumen, dan file lainnya) dalam folder yang aman. 

Seperti lemari besi aplikasi, folder keamanan ini memerlukan nomor pin atau kunci keamanan biometrik untuk membukanya. Siapa pun yang mengakses perangkat Anda akan memerlukan kunci tersebut untuk mengakses apa pun yang tersembunyi di folder keamanan.

Cara menyiapkan folder keamanan cukup mudah, yaitu buka Pengaturan > Biometrik dan keamanan > Folder Aman dan kemudian ikuti petunjuk untuk mengatur folder dan berikan kode keamanan. Setelah semuanya siap, Anda akan menemukan Folder Aman di tampilan aplikasi Anda.

Kesimpulan


Aplikasi seperti note, galeri foto, bank, chatting, media sosial, sebenarnya merupakan aplikasi yang perlu disembunyikan. Sebab, menjaga privasi lebih sulit bila ponsel Anda sering dipinjam oleh teman atau saudara.

Baca juga: Cara Restore Aplikasi dari Smartphone Lama ke Smartphone Baru

Oleh karena itu, daripada privasi Anda bocor ke mana-mana, lebih baik sembunyikan beberapa aplikasi yang dirasa penting. Setelah disembunyikan, berikan keamanan tambahan pada kunci layar ponsel.

Post a Comment