Hasil Uji Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy S20 Ultra (ign.com)

Semahal apapun smartphone, kalau baterainya habis tidak berarti apa-apa. Daya tahan baterai smartphone sangat penting. Oleh karena itu diperlukan pengujian daya tahan baterai Samsung Galaxy S20 Ultra, ponsel terbaik dari Samsung.

Kira-kira apakah baterai Samsung Galaxy S20 Ultra bisa tahan lama? Entahlah, kami tidak mau membocorkannya di awal. Smartphone dengan kapasitas baterai 5.000 mAh ini termasuk memiliki baterai yang besar. Seharusnya perangkat ini bisa bertahan untuk berbagai kinerja.

Baca juga: Perbandingan Samsung Galaxy S20 Ultra, Xiaomi Mi 10 Pro, iPhone 11 Pro Max

3 Mode Pengujian Baterai Samsung Galaxy S20 Ultra


Ya, pengujian ini akan dibagi menjadi tiga, yaitu tampilan Full HD pada 60 Hx, Full HD pada 120 Hz, dan Quad HD pada 60 Hz. Setelah pengujian ini diharapkan akan diketahui mode tampilan mana yang hemat dan cukup boros.

Tes objektif baterai ini dilakukan oleh AndroidAuthority.com (11/3/2020). Pengujian baterai ini berupa aktivitas sehari-hari, seperti tes loop video, loop penelusuran web, dan campuran loop video atau web sampai ponsel mati.

Rangkaian Tes Baterai Samsung Galaxy S20 Ultra


Oh iya, tes baterai ini juga dikombinasikan dengan Speed Test G yang mana smartphone akan diminta menjalankan serangkaian uji coba prosesor yang berbeda secara berturut-turut, uji baterai, dan lain-lain.
 

Selain itu, Samsung Galaxy S20 Ultra juga akan diuji rendering grafik di mesin Unity dan Unreal serta harus menangani 16 perhitungan thread dalam waktu yang sama, perhitungan SQlite, dan JSON, penyortiran, pengaburan, kompresi, gulir tak terbatas, dan masih banyak lagi. 

Jadi hasil tes ini akan menunjukkan seberapa buruk smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra dapat bertahan. Mungkin kalau penggunaan sehari-hari seperti buka media sosial, foto, dan main game tidak akan seberat ini. 

Baca juga: 10 Hasil Jepretan iPhone 11 Pro Max dan Samsung Galaxy S20 Ultra

Hasil Tes Ketahanan Baterai Samsung Galaxy S20 Ultra 

Hasil Tes Baterai Samsung Galaxy S20 Ultra (androidauthority.com)
Hasil Tes Baterai Samsung Galaxy S20 Ultra (androidauthority.com)


Seluruh pengujian baterai menggunakan tingkat kecerahan layar smartphone yang sama yaitu 200 nits atau 58,9 persen. 


  1. Tampilan Full HD 60 Hz tahan selama 4 jam 58 menit. 
  2. Tampilan Full HD 120 Hz tahan selama 4 jam 32 menit. 
  3. Tampilan Quad HD 60 Hz tahan selama 4 jam 9 menit. 


Dari sini dapat diketahui kalau resolusi tampilan dan refresh rate semakin besar, maka daya tahan baterai juga akan cepat habis. Namun, kembali lagi bahwa ini pengujian terberat yang dialami smartphone. Sehingga untuk penggunaan standar sehari-hari pasti hasilnya bisa lebih lama lagi.

Post a Comment