Cara Restore Aplikasi dari Smartphone Lama ke Smartphone Baru

Smartphone baru harus menginstal lagi satu persatu dan kemungkinan pengguna lupa aplikasi apa saja yang telah diinstal di smartphone lama. Oleh karena itu diperlukan restore dan backup aplikasi agar hal-hal seperti di atas tidak terjadi.
Cara Restore Aplikasi di Smartphone Lama ke Smartphone Baru (androidcentral.com)

Saat membeli smartphone baru, terkadang ketakutan pengguna adalah tentang aplikasi yang sudah terinstal di smartphone lama. Pasalnya, smartphone lama sudah mampu memuaskan kebutuhan pengguna. Sementara, smartphone baru harus menginstal lagi satu persatu dan kemungkinan pengguna lupa aplikasi apa saja yang telah diinstal di smartphone lama.

Oleh karena itu diperlukan restore dan backup aplikasi agar hal-hal seperti di atas tidak terjadi. Pengguna bisa dengan tenang berganti smartphone baru tanpa harus memikirkan aplikasi. Sebab, dengan fungsi restore, maka aplikasi di smartphone lama dapat dipindahkan secara otomatis ke smartphone baru.

Baca juga: Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone dan Android Gratis

Bagaimana cara melakukannya? Anda tidak perlu menginstal aplikasi lagi karena semuanya sudah tersedia di fitur pengaturan atau setting. Jadi coba cek di bagian pengaturan dan lihat apakah di sana ada fitur tersebut. Oh iya, fitur pembahasan restore aplikasi khusus untuk smarthone Android.

Cara Backup Aplikasi di Smartphone Lama



  • Pilih Settings > System > Backup.
  • Geser tombol ke kanan untuk menyalakan fitur Back up to Google Drive.
  • Tap tombol Back up now.
  • Tunggu proses backup sampai selesai, dan data di smartphone lama Anda pun sudah tersimpan di cloud atau penyimpanan awan.


Cara Restore Aplikasi di Smartphone Baru



  • Setelah proses backup di smartphone lama, Anda dapat memulihkan aplikasi dan data lainnya di smarthone yang baru.
  • Buka smartphone baru, ikuti instruksi sampai menemukan pilihan restore data dari perangkat lama. Klik restore dari smarthone lama.
  • Pilih nama smartphone Anda sebelum menekan tap Copy Your Data.
  • Smartphone baru akan diminta untuk mengoneksikan perangkat ke jaringan WiFi.
  • Kemudian akan muncul tampilan restore backup aplikasi di smarthone baru.
  • Login di smarthone baru dengan akun Google yang sama di smarthone lama.
  • Pilih aplikasi atau data apa saja yang ingin dipulihkan atau restore. Setelah itu, tekan Restore.
  • Tunggu beberapa menit, maka data dan aplikasi yang lama akan berpindah ke smarthone baru.


Cukup mudah bukan? Anda sekarang tidak perlu khawatir membeli smartphone baru kalau kendalanya cuma pada masalah aplikasi saja. Sebab, aplikasi lama dapat di-backup dan di-restore di perangkat yang baru.

Baca juga: 5 Aplikasi Untuk Membersihkan Cache di Android agar Tidak Lemot

Sekarang silakan beli smartphone baru kesukaan Anda, tapi sebelumnya jangan lupa untuk melakukan backup data dan aplikasi. Tujuannya agar sewaktu-waktu Anda membeli smarthone baru lagi, maka Anda tinggal melakukan restore ulang. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar