Aplikasi untuk Membersihkan Cache di Android (arkasoftwares.com)

Kebanyakan orang hanya berpikir untuk membersihkan smartphone mereka ketika ada sesuatu yang salah. Smartphone Android cukup pintar sehingga pemeliharaan rutin tidak perlu dilakukan. Namun, membersihkan cache di Android, tetap harus dilakukan agar smartphone tidak lemot.

Caranya dengan mencari aplikasi pembersih cache ponsel Android yang benar-benar dapat membersihkan secara tuntas. Kalau sekadar aplikasi pembersih abal-abal, justru akan memenuhi ruang penyimpanan. 

Dampak paling buruk, aplikasi tersebut dapat menginfeksi perangkat Anda dengan malware dan spam berupa iklan. Namun, ternyata tidak semua aplikasi pembersih cache Android tidak berguna. Kami telah mengumpulkan beberapa aplikasi pembersih cache di HP Android agar ponsel tidak lambat.

1. Droid Optimizer


Droid Optimizer adalah salah satu alat pembersih cache Android paling terkenal, dengan lebih dari satu juta unduhan di Google Play Store. Aplikasi ini mudah digunakan, terutama untuk pemula.

Droid Optimizer menawarkan sistem rangking yang dirancang untuk memotivasi Anda untuk menjaga perangkat Anda dalam kondisi prima dan lancar. 

Hanya satu ketukan untuk memulai pembersihan ponsel. Kemudian Anda akan melihat statistik ponsel Anda di bagian atas layar serta ruang kosong dan RAM di sebelah skor peringkat.

Jika Anda lebih suka mengatur setingan sebentar lalu meninggalkannya, aplikasi Droid Optimizer memungkinkan Anda mengatur pembersihan rutin dan otomatis. 

Pembersihan otomatis ini akan membersihkan cache Anda, menghentikan aplikasi latar belakang, dan menghapus file yang tidak perlu. 

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan "penjadwal malam yang baik" untuk menghemat energi baterai secara otomatis. Jadi Droid Optimizer akan menonaktifkan beberapa fitur seperti Wi-Fi saat tidak aktif. Droid Optimizer juga dapat menghapus aplikasi secara massal.

Ini bukan aplikasi pembersih cache yang paling bagus, tetapi berfungsi baik. Jika Anda mencari aplikasi pembersih ponsel Android terbaik dan tidak ingin melakukan banyak pekerjaan sendiri, Droid Optimizer harus ada dalam ponsel Anda.

2. CCleaner


Dulunya, CCleaner merupakan aplikasi pembersih memori desktop yang sudah penuh. Sekarang aplikasi ini juga mempunyai fungsi yang sama, tapi untuk perangkat Android. 

Penggunaan CCleaner di Windows sudah mulai menurun sejak Avast memperoleh layanan. Walau yang versi aplikasi Android juga tidak sempurna, tetapi CCleaner Android lebih baik daripada beberapa aplikasi pembersih spam lainnya.

CCleaner Android adalah aplikasi multifungsi yang dapat menganalisis dan membersihkan file-file liar tidak berguna. Fungsi utama CCleaner yakni fitur pembersih yang dapat menghapus data cache dari aplikasi, membersihkan folder kosong, dan menghapus berbagai riwayat.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda memilih beberapa aplikasi untuk dihapus. Terakhir, CCleaner juga menawarkan halaman System Info memonitor sumber daya ponsel Anda (CPU, RAM, detail perangkat) sehingga Anda dapat melihat apa yang terjadi dengan cepat.

Aplikasi pembersih memori ini tidak perlu root dan gratis. Anda juga dapat meningkatkan ke layanan Pro untuk beberapa tambahan fitur.

3. All-in-One Toolbox


Tidak hanya membersihkan ponsel Anda dari file yang tidak berguna, Anda juga dapat memantau baterai, suhu CPU Anda, iklan-iklan seluler melalui aplikasi All-In-One Toolbox.

Ya, aplikasi ini mampu membersihkan file sementara di perangkat Android, menghapus cache, menghapus folder kosong, dan file-file bekas aplikasi yang sudah dihapus. Cukup dengan satu ketukan untuk menganalisis perangkat Anda, kemudian ketuk lagi untuk menghapusnya.

Menariknya, aplikasi ini menawarkan fitur Boost yang dapat membersihkan cache sistem dan menutup aplikasi latar belakang secara manual. Kalau ingin berjalan otomatis, Anda dapat berlangganan versi pro untuk mendapatkan fitur Boost +.

All-In-One Toolbox juga memberikan fitur penghemat baterai. Tugasnya menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menyediakan statistik baterai.

Jika fitur tersebut tidak cukup, ada juga pembersih aplikasi massal, alat pembersih file canggih, dan analisis Wi-Fi. Sesuai namanya, All-In-One Toolbox mencoba melakukan semuanya. 

4. SD Maid


Aplikasi SD Maid mengklaim "siap melayani Anda" sebagai pembersih digital untuk ponsel Android. Namun, aplikasi tetap memberikan pengalaman yang sederhana, seperti fitur tindakan cepat yang dapat Anda gunakan untuk "merapikan" perangkat Anda.

Sebut saja fitur CorpseFinder, fungsinya mencari dan menghapus file atau folder bekas yang tersisa dari menghapus aplikasi. Kemudian, SystemCleaner yakni alat pencari atau penghapus file dan folder umum secara aman.

Jika Anda ingin layanan yang lebih maksimal, maka Anda bisa berlangganan SD Maid Pro. Di aplikasi tersebut terdapat area Database untuk membantu mengoptimalkan basis data aplikasi apa pun yang digunakan, seperti menghapus memori 40MB dari Spotify.

Ada juga fitur untuk menganalisis penyimpanan (untuk membantu Anda menemukan dan menghapus file besar) dan penghapusan aplikasi massal jika Anda melihat penyetelan ponsel yang lebih besar.

5. Norton Clean


Selain CCleaner, tidak ada aplikasi yang berasal dari perusahaan keamanan tingkat atas, kecuali Norton Clean. Aplikasi pembersih terbaik untuk Android rasanya kurang lengkap tanpa menyebutkan Norton Clean, dari Symantec.

Norton telah mengklaim dapat "menghapus segala kekacauan" di perangkat Android Anda. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Norton Clean akan mencari dan menghapus cache, menghapus file sampah, dan menghapus aplikasi yang tidak terpakai yang telah Anda instal. 

Fitur kelola aplikasi akan mencantumkan semua aplikasi Anda. Hal ini memungkinkan Anda mengurutkannya berdasarkan penggunaan terakhir, tanggal pemasangan, atau berapa banyak penyimpanan yang digunakannya.

Aplikasi ini mengambil pendekatan sederhana. Dibandingkan dengan daftar aplikasi pembersih yang lain, Norton Clean memiliki antarmuka yang paling bersih, paling cerdas, dan paling modern. Semua yang Anda butuhkan cukup dengan satu atau dua ketukan saja.

Baca juga: 45 Game Android Terbaik Offline dan Gratis 2018

Demikian beberapa aplikasi untuk membersihkan cache atau memori RAM di Android. Semua aplikasi ini berguna untuk membuang file-file sampah dan memilih file yang penting-penting saja. Sehingga smartphone Android Anda tidak lemot lagi. 

Kalau memori penuh, smartphone tidak bisa berjalan lancar karena kinerja RAM terbebani oleh banyaknya aplikasi. Oleh karena itu, beberapa aplikasi pembersih RAM tadi akan membantu Anda meringankan kerja smartphone.

Post a Comment