Tips Mengajukan Pinjaman Online (pikiran-rakyat.com)


Teknolagi.net - Mengapa beberapa waktu belakangan banyak sekali kasus yang berkaitan dengan pinjaman online? Ini karena cara melakukan pinjaman online atau pinjol sangat gampang. Bahkan, cuma butuh aplikasi dan verifikasi standar.


Namun, kasus ini bermunculan karena para peminjam mendapatkan bunga yang begitu besar dan tak wajar. Kemudian mereka ditagih oleh oknum dengan cara yang kasar dan tidak manusiawi.


Teror penagihan pinjaman online menyerang korban, teman, dan keluarganya. Bunga lama kelamaan melambung tinggi hingga tak bisa terbayar. Alhasil, peminjam stres, frustasi dan sebagian melakukan tindakan yang tidak terpuji.


Oleh karena itu, Anda harus memahami cara meminjam uang online agar tidak terkena getahnya.

Baca juga: 15 Pinjaman Online Aman, Pencairan Cepat, dan Syarat Mudah


Tips Mengajukan Pinjaman Online di Aplikasi


1. Pinjaman Online Terdaftar di OJK


Tips pertama yang harus dilakukan saat mengajukan pinjaman online di aplikasi adalah memastikan pinjaman telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. 


Terdaftar dan terpantau oleh OJK menunjukkan bahwa pinjaman ini bukan jenis pinjaman ilegal, jauh lebih aman dan dapat melindungi Anda dari kerugian di kemudian hari.   


2. Pinjaman Online Memiliki Suku Bunga dan Biaya yang Transparan


Kedua, pilih aplikasi pinjaman dengan tingkat bunga dan biaya yang transparan. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengetahui tentang biaya administrasi, suku bunga, tenggat waktu, biaya keterlambatan, dan denda jika Anda membayar lebih cepat. 


Di sini Anda bisa menilai apakah pinjaman ini sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak.   


3. Baca Semua Persyaratan Dengan Hati-hati


Membaca semua persyaratan adalah bagian penting yang tidak boleh Anda lewatkan.Misalnya, jika Anda mengajukan Pinjaman Rupiah Cepat, Kredit Pintar, atau pinjaman lainnya, pastikan untuk membaca semua persyaratan dengan cermat.   

Baca juga: 5 Cara Memilih Pinjaman Online yang Aman dan Terdaftar OJK


4. Pinjaman Online Ada Fungsi Cek Status Pinjaman


Selain membaca semua persyaratan dengan cermat, Safe Fintech juga memiliki fungsi cek status pinjaman yang akan memudahkan Anda mengelola pinjaman yang Anda minta. 


Pastikan data dalam status pinjaman ini sesuai dengan pinjaman yang Anda ajukan, mulai dari jumlah pinjaman, jangka waktu, suku bunga hingga tanggal jatuh tempo.   


5. Ada Kontrak Perjanjian


Perjanjian-perjanjian selalu ada ketika Anda mengajukan pinjaman termasuk pinjaman online ini. 


Perjanjian perjanjian merupakan salah satu ciri dari pinjaman online resmi, jadi sebelum mengajukan pinjaman pastikan bahwa itu adalah perjanjian pinjaman ini.


Pastikan Anda membaca perjanjian ini dengan cermat dan bahwa data yang dikandungnya cocok dengan data pribadi Anda.   


6. Terdapat Layanan Pelanggan


Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memastikan pinjaman online memiliki layanan pelanggan. Apabila ada yang belum jelas, Anda dapat menanyakannya pada admin aplikasi pinjaman online.  


7. Pinjaman Online Memiliki Aplikasi dan Website Resmi


Secure Fintech harus memiliki aplikasi dan website resmi dengan informasi yang diawasi oleh OJK, sehingga dapat menjadi referensi bagi Anda dalam mencari pinjaman online yang aman.

Baca juga: Pahami Terlebih Dahulu Sebelum Melakukan Pinjaman Online


8. Pinjaman Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan


Saat melakukan pinjaman online, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Sehingga ketika mengembalikan pinjaman, Anda bisa tepat waktu dan cepat lunas.


9. Tidak Meminjam Lagi Untuk Menutupi Pinjaman Lainnya


Banyak kasus bunga pinjaman membengkak dan pengguna tidak bisa melunasi utang karena pinjam satu belum lunas, ditutup dengan aplikasi pinjol lainnya.


Sebaiknya lunasi dulu utang pertama, dengan kerja keras. Kemudian lakukan pinjaman lagi bila sedang membutuhkan. Ini aman untuk keuangan Anda dan tidak membuat Anda stres.


10. Cek Dulu Legalitas dan Lokasi Pinjol


Sempatkan waktu 2 menit untuk mengecek legalitas pinjol di OJK. Kalau perlu coba telusuri letak kantor pinjol tersebut. Ini tindakan awal agar Anda tidak terjebak pinjaman online ilegal.


Kesimpulan


Demikian tips mengajukan pinjaman online melalui aplikasi pinjol. Pastikan semua layanan di pinjaman online sudah diawasi dan terdaftar OJK. 


Dengan begitu, Anda bisa meminjam uang dengan aman dan tanpa rasa khawatir. Yang penting, pengembalian pinjaman sesuai jadwal, maka tidak akan merugikan pengguna.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment