WhatsApp Tingkatkan Fitur Pencarian di Android

Advanced Search sangat berguna untuk menjelajahi semua media (foto, GIF, tautan, video, dokumen, audio) di WhatsApp pada perangkat Android.

Fitur Pencarian di WhatsApp Ditingkatkan (whatsapp.com)


Whatsapp, melalui akun Twitter-nya @WhatsApp, mengumumkan fitur baru yang tersedia untuk perangkat Android. Fitur ini disebut Advanced Search (Fitur Pencarian Lanjutan).


Advanced Search sangat berguna untuk menjelajahi semua media (foto, GIF, tautan, video, dokumen, audio) di WhatsApp pada perangkat Android. Sebelumnya, fitur ini sudah digunakan di iPhone.


Fungsi Advanced Search


Seperti namanya, fitur ini memudahkan dalam mencari file di WhatsApp. Pencarian lanjutan dapat mengklasifikasikan file di WhatsApp menurut media dan jenis file. 


Fungsi pencarian lanjutan baru belum tersedia di WhatsApp versi stabil. Namun, pengguna Android yang menggunakan program WhatsApp Beta dapat mulai menggunakannya. 


Fitur Advanced Search Aktif secara Default


Secara default, fitur baru ini diaktifkan di aplikasi WhatsApp. Sekarang, pengguna dapat memilih alat pencarian di bagian atas antarmuka utama WhatsApp, dan menu drop-down akan muncul dengan berbagai opsi termasuk foto, video, tautan, GIF, audio, dan dokumen. 


Pengguna dapat mengetuk salah satu opsi untuk mencari item tertentu atau cukup mengetik teks ke dalam bilah pencarian. Sekarang ketika pengguna mengetik di bilah pencarian, hasil pencarian akan menyertakan foto terkait, video, dan lainnya, bersama dengan obrolan terkait. 


Pencarian Sesuai Jenis File


Memilih salah satu opsi akan menampilkan semua yang telah dibagikan di WhatsApp dari jenis file tersebut. Misalnya, jika pengguna memilih foto, mereka akan melihat semua foto yang dikirim dan diterima di WhatsApp. 


Fitur pencarian WhatsApp baru sangat membantu, terutama jika Anda adalah pengguna yang menyimpan banyak hal di aplikasi perpesanan. 


Banyaknya obrolan yang dikumpulkan dapat menyulitkan pengguna untuk menemukan file. Mengategorikan menurut jenis file akan mempermudah pencarian.

Baca juga:

3 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus
8 Cara Mengamankan WhatsApp agar Tidak Mudah Disadap
Cara Video Call WhatsApp sampai 50 Orang di Ponsel


Fitur Always Mute Selamanya


WebBetainfo melaporkan bahwa selain fitur pencarian lanjutan, pembaruan iOS 2.10.110.23 juga menyediakan fungsi always mute untuk percakapan di WhatsApp. 


Fungsi mute permanen menjadi salah satu fitur yang paling dinantikan para pengguna WhatsApp, karena selama ini pengguna hanya bisa memilih opsi mute selama 8 jam, 1 minggu dan 1 tahun. Namun, tidak ada informasi tentang kapan fungsi bisu permanen akan tersedia di Android.

Posting Komentar