Fitur Baru Instagram di Bulan Oktober 2020

Bertepatan dengan perayaan hari jadi ke-10, platform media sosial Instagram merilis sejumlah fitur baru pada 6 Oktober 2020.
Fitur terbaru Instagram 2020 (gainapp.com)


Bertepatan dengan perayaan hari jadi ke-10, platform media sosial Instagram merilis sejumlah fitur baru pada 6 Oktober 2020. Salah satu fitur baru adalah Stories Map pribadi. 


Selain itu, update fitur juga ada di IGTV Shopping. Ada juga banyak ikon aplikasi khusus yang tersedia untuk mendesain ulang layar pengguna agar sesuai dengan tren terbaru, kata Tech Crunch. 


Fitur Story yang Bisa Diunggah dari 3 Tahun Silam


Menurut laporan Verge, fitur Stories Map pribadi memungkinkan pengguna Instagram untuk mencari cerita yang diunggah dalam 3 tahun terakhir. 


Mengingat bahwa cerita dirancang untuk menghilang secara otomatis 24 jam setelah diunggah, kehadiran fitur peta riwayat pribadi yang memungkinkan pengguna untuk memiliki arsip Story dari tahun-tahun sebelumnya merupakan suatu kejutan. 


Arsip story telah berubah serta termasuk tampilan kalender bulanan baru yang menunjukkan hari-hari pengguna mengunggah story mereka.


Ada tampilan kalender bulanan dengan ikon melingkar pada hari-hari tertentu. Ikon melingkar adalah petunjuk story yang diunggah oleh pengguna dan diurutkan berdasarkan tanggal unggahan. Ada juga peta lokasi sejarah di sebelah kalender. 


Kedua fitur ini memudahkan pengguna IG untuk melihat story yang diunggah sekaligus mengecek lokasinya. Fitur kalender dan peta tersedia di menu Story Archive (Story Archive), keduanya hanya tersedia secara langsung oleh pemilik akun. 


Pemilik akun dapat berbagi story lama dengan mengklik tombol Bagikan melalui saluran atau tampilan riwayat. 


Fitur Anti-Bullying


Selain itu, Instagram juga telah menambahkan fitur anti-bullying baru. Fitur ini secara otomatis menyembunyikan komentar yang dianggap menyinggung pengguna.


Komentar yang akan disembunyikan didasarkan pada komentar yang dilaporkan sebelumnya. Namun, komentar tersebut tidak benar-benar disembunyikan. 


Saat Anda mengetuk Tampilkan Komentar Tersembunyi, pengguna dapat melihatnya. Namun, fitur ini diuji secara terbatas. Fitur anti-perundungan ini akan tersedia secara luas setelah pengujian selesai seperti yang dinyatakan di situs iDB. 


Fitur Untuk Pelaku Intimidasi


Instagram juga menambahkan fitur yang menargetkan pelaku intimidasi. Jika pengguna terus menulis komentar yang menyinggung, Instagram menyarankan agar mereka mempertimbangkan komentar mereka dan memikirkan kemungkinan dampaknya. 


Tech Crunch menulis bahwa fitur yang didasarkan pada kecerdasan buatan akan menawarkan perubahan kepada pengguna sebelum mengirimkan komentar yang "kasar".


Fitur Menyesuaikan Ikon Baru


Fitur terakhir lainnya memungkinkan pengguna menyesuaikan tampilan ikon di aplikasi Instagram. Ada banyak tampilan ikon baru untuk dipilih, seperti orange, kuning, hijau, ungu, hitam, putih, dan lainnya. Ikon pelangi juga tersedia pada varian tampilan terbaru. 


Untuk pengguna yang ingin mengingat tampilan lama Instagram, ada juga ikon kamera lama. 

Baca juga:

100 Follower Instagram Terbanyak di Dunia dan Indonesia
Pengalaman Cara Mengatasi Shadowban Instagram sampai Normal
Rekor Baru 1 Juta Follower Instagram Tercepat oleh Kakek 94 Tahun


Fitur IGTV Shopping


Fitur terbaru terakhir memungkinkan pengguna untuk menjual produknya melalui IGTV. 


Pembaruan fitur di IGTV Shopping ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk yang mereka cari dengan lebih mudah. Pengguna Android dan iOS dapat mengakses fitur-fitur ini di Instagram versi terbaru.

Posting Komentar