Syarat dan Cara Monetisasi YouTube Terbaru (3playmedia.com)

YouTube menjadi platform berbagi video terbesar di dunia. Banyak pengiklan yang ingin memasarkan produknya melalui YouTube. Otomatis para pemilik channel YouTube akan mendapakan bayaran dari sistem monetisasi YouTube. Iklan yang muncul di video mereka akan dikonversi menjadi uang dan dibayarkan ke pemilik YouTube.

Siapa saja bisa mendapatkan uang dari YouTube. Namun, sekarang ada syarat dan cara monetisasi YouTube terbaru. Dulu memang mudah sekali memonetisasi video YouTube. Bahkan, penggunaan musik atau video yang mirip dengan milik orang lain tidak terkena pelanggaran hak cipta atau copyright.

Ini sudah pasti karena pengguna YouTube semakin banyak. Pihak YouTube ingin melindungi karya original pengguna. Sehingga orang yang cuma copy paste sebuah karya akan tersingkirkan. Tak heran, hanya pengguna-pengguna serius di YouTube yang bisa bertahan. Pengguna yang cuma ambil video sana sini milik orang lain akan kena banned.

Daripada lelah harus membuat channel YouTube baru karena melakukan pelanggaran, lebih baik Anda serius mengikuti persyaratan monetisasi dari YouTube.

Syarat Monetisasi YouTube Terbaru


1. Akun YouTube Terverifikasi


Anda harus memverifikasi channel YouTube dengan identitas pemiliki. Caranya mudah, Anda cukup mendaftarkan nomor ponsel yang aktif Anda gunakan sehari-hari. Tujuan dari pendaftaran ini supaya lebih terpercaya dan bisa mengunggah video berdurasi panjang.

2. Jam Tayang Lebih dari 4.000 Jam


Selanjutnya Anda harus memiliki total jam tayang minimal 4.000 jam dalam 1 tahun. Jam tayang atau watch time merupakan akumulasi berapa lama video Anda sudah ditonton oleh pengunjung channel. Perlu Anda ketahui, jam tayang berbeda dengan durasi total video yang telah Anda unggah.

3. Subscriber Lebih dari 1.000


Selain persyaratan jam tayang, Anda juga harus mempunyai lebih dari 1.000 subscriber. Untuk masalah ini tentunya cukup sulit. Soalnya, jika video kurang menarik dan jarang update, maka penonton tidak akan menekan tombol subscribe. 

Berbeda ceritanya jika Anda niat dalam membuat konten YouTube, maka dalam sekejab subscriber Anda akan meningkat.

4. Punya Akun Google Adsense


Dulu Anda harus mendaftar secara manual untuk memiliki akun Google Adsense. Sekarang Anda bisa mendaftar Google Adsense bersamaan dengan monetisasi YouTube. 

Nantinya, setelah Anda menyelesaikan persyaratan di atas, maka Anda akan direkomendasikan untuk mendaftar Google Adsense. 

5.Tidak Melanggar Kebijakan YouTube


YouTube membebaskan pengguna untuk berkreasi dalam membuat konten video. Namun, pengguna YouTube tetap harus mematuhi peraturan kebijakan di YouTube. Jika melanggar peraturan tersebut, channel YouTube bisa kena banned dan tidak bisa dipulihkan untuk selamanya. 

Biasanya konten video yang melanggar kebijakan YouTube adalah konten berbau p0 rno grafi, SARA, kekerasan, copyright, dan lain-lain. Pelanggaran paling ringan, biasanya iklan tetap tayang di beberapa video tapi Anda tidak mendapatkan pemasukan uang sama sekali. 

Kalau pelanggaran berat, channel bisa dihapus dan akun YouTube dinonaktifkan selamanya. Biasanya pelanggaran seperti ini sudah menyangkut masalah-masalah serius. Tidak menutup kemungkinan, Anda juga bisa berurusan dengan hukum jika melakukan pelanggaran berat.

Cara Monetisasi YouTube Terbaru


Setiap pengguna Google Chrome biasanya langsung memiliki akun Google. Namun, Anda belum mempunyai channel YouTube. Nah, dari sini Anda harus membuat channel YouTube terlebih dahulu.

Setelah membuat channel YouTube, Anda baru bisa membuka menu YouTube Studio dan masuk ke menu Dashboard. Dalam satu akun Google bisa dipakai untuk membuat beberapa channel YouTube dengan kategori yang berbeda.

Dalam hal ini, kami anggap Anda sudah memiliki channel YouTube.

  1. Buka YouTube kemudian pilih Your Channel.
  2. Klik YouTube Studio dan masuk ke menu Dashboard.
  3. Pilih menu Monetization.
  4. Anda akan diminta menyetujui persyaratan YouTube Partner Program dengan mengklik Accept.
  5. Kemudian Anda akan harus menyambungkan akun YouTube dengan akun Adsense.
  6. Tunggu review dari pihak YouTube. 
  7. Cepat lambatnya Anda diterima monetisasi saat Anda sudah memiliki lebih dari 1.000 subscriber dan jam tayang lebih dari 4.000 jam.
  8. Jika pengajuan monetisasi YouTube disetujui, iklan akan muncul otomatis di video.
  9. Anda juga bisa mengatur model iklan di video dan memberikan berapa banyak iklan dalam satu video. 
  10. Kalau bisa buat video minimal 3 menit agar iklan bisa muncul secara maksimal.
  11. Kunci utama diterima monetisasi YouTube adalah fokus upload beberapa video setiap hari. 
  12. Walau di awal-awal tidak ada yang menonton video Anda, tetaplah konsisten dan jangan mudah putus asa.
  13. Ingatlah channel YouTube terbesar pun juga mengalami masa-masa sulit dalam mendapatkan subscriber.

Kesimpulan


Demikian syarat dan cara memonetisasi YouTube terbaru. Kalau Anda termasuk orang yang kreatif, maka Anda bisa dengan mudah membuat video setiap hari. Walaupun sebenarnya Anda tidak terlalu jago dalam mengedit video.

Baca juga:

Anda bisa mendapatkan ide-ide cemerlang setiap membuat video baru. Berbeda dengan orang yang tidak kreatif, walau dia pintar mengedit video, pasti dia akan kesulitan untuk membuat konten baru. Alasannya dia tidak punya ide untuk membuat konten baru.

Post a Comment