Netflix Bisa Diakses di IndiHome dan Telkomsel (wired.co.uk)

Setelah empat tahun menunggu sesuatu yang tak pasti, akhirnya Netflix dapat diakses di IndiHome, Telkomsel, dan Wifi.id. Jaringan Telkom Group diketahui telah mengizinkan pelanggan mengakses berbagai konten menarik di Netflix.

Apa alasan Telkom Group membuka blokir Netflix di Indonesia? Ternyata Netflix telah melakukan beberapa perubahan untuk menyesuaikan pasar Indonesia. Perubahan ini terkait dengan akses konten-konten hiburan yang kurang pantas ditonton pengguna di bawah umur.

Pengakuan Pihak Telkom Group


Pembukaan Netflix ini telah dikonfirmasi oleh Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo. Menurutnya pembukaan blokir Netflix karena pihak Netflix telah berupaya melakukan pendekatan platform streaming supaya sesuai dengan tuntutan pasar di Indonesia.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” kata Arif Prabowo.

Perubahan yang Dilakukan Netflix


Sebenarnya apa yang dilakukan Netflix hingga akhirnya diperbolehkan tayang lagi di Indonesia? Usut punya usut, Netflix mempunyai berbagai fitur untuk membatasi tayangan yang tidak layak ditonton pengguna di bawah umur, seperti fitur parental controls.

Selain itu, pihak Netflix bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai kurun waktu yang sudah ditentukan.

Ada lagi yang tak kalah penting, Netflix telah menyepakati komitmen kepatuhan pada "Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN".

Dalam komitmen tadi, Netflix sepakat tidak akan menayangkan konten-konten terlarang seperti p0r nogr4 fi anak, ter 0ris me, konten yang melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), serta konten yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

Nah, dari perubahan tersebut, akhirnya Telkom Group mencabut blokir yang sudah diterapkan sejak 4 tahun lalu atau tepatnya tahun 2016.

Arif menambahkan pihak Netflix bisa memajukan perfilman Indonesia. Kalau bisa konten-konten lokal diperbanyak agar produk dalam negeri ikut berjaya di seluruh dunia.

"Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tayangan produk konten lokal," kata Arif Prabowo.

Pembukaan Blokir Netflix Bertahap


Bagi Anda yang belum bisa membuka Netflix mohon bersabar. Sebab, pembukaan akses Netflix tidak dilakukan serentak ke semua pelanggan. Jadi pembukaannya dilakukan bertahap di beberapa wilayah.

Anda tinggal menunggu giliran saja, nanti Netflix juga bisa diakses di semua daerah di Indonesia. Bahkan, sebelum pengumuman pembukaan Netflix diresmikan sejumlah pengguna sudah bisa mengakses Netflix. Artinya, akses Netflix memang dilakukan bertahap sesuai struktur jaringan Telkom Group.

Harga Tarif Berlangganan Netflix Premium


Untuk mendapatkan akses premium di Netflix, Anda harus berlangganan dulu. Caranya mudah, Anda tinggal mendaftar di Netflix.com melalui smartphone Android atau iPhone. Kemudian pilih kategori berlangganan, sebagai berikut:

  1. Mobile: Rp 49.000
  2. Basic: Rp 109.000
  3. Standard: Rp 139.000
  4. Premium: Rp 169.000

Dengan uang Rp 49.000 Anda sudah bisa berlangganan Netflix selama 1 bulan. Bayangkan Anda sudah bisa menonton konten di Netflix sepuasnya sehari cuma bayar tak sampai Rp 2.000. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan kartu kredit atau kartu debit yang sudah berlogo Visa.

Baca juga:

Kesimpulan


Anda sekarang dapat nonton film bagus di Netflix. Jadi tidak perlu ke bioskop karena tayangan di bioskop sebagian besar sudah ada di Netflix. Ini lebih aman karena sesuai dengan prinsip social distancing. 

Jika ingin berlangganan Netflix lebih murah lagi, silakan menyelam ke Twitter dan Instagram. Di sana biasanya ada orang yang menawarkan jasa berlangganan Netflix premium dengan harga murah.

Post a Comment