Arti HP Kentang dan Ciri-cirinya (teknolagi.net)

Sebagian dari Anda mungkin bingung dengan istilah HP kentang. Apa yang dimaksud HP kentang? Ini bukan ponsel yang terbuat dari kentang, tapi hanya julukan saja. Sebenarnya, HP kentang ditujukan untuk smartphone dengan spesifikasi yang tanggung.

Nah, dari situlah muncul istilah HP kentang, singkatan dari "kena tanggung". Jadi, ponsel yang dimaksud memiliki spesifikasi yang tanggung. Artinya, spesifikasi tidak terlalu tinggi, tapi juga tidak terlalu rendah.

Mungkin Anda mengira HP kentang ditujukan untuk smartphone murah saja. Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi yang paling benar HP kentang adalah smartphone dengan spesifikasi nanggung.

Kata Pengamat Gadget tentang HP Kentang


Penjelasan ini sudah dikatakan oleh Lucky Sebastian, selaku pengamat gadget. Menurutnya istilah kentang yang dimaksud adalah singkatan dari kena tanggung. Hal tersebut merujuk pada spesifikasi smartphone yang bersangkutan.

Herry SW seorang pengamat gadget juga mengatakan hal serupa. Menurut Herry HP kentang merupakan ponsel dengan spesifikasi pas-pasan. Misalnya, prosesor kelas bawah, memori kecil, RAM kecil, dan lain-lain.

Menurut YouTuber Gadget Sobat Hape, Irwan Kusuma, istilah HP kentang dinilai subjektif. Artinya tidak ada spesifikasi khusus untuk menentukan suatu smartphone masuk dalam kategori HP kentang. 

Kalau versi Sobat Hape, definisi HP kentang muncul saat ada sebuah smartphone yang memiliki spesifikasi nanggung bila dibandingkan dengan smartphone lain yang harganya setara. Artinya julukan HP kentang biasanya untuk smartphone yang harganya sama tapi spesifikasi lebih rendah.

Ciri-ciri HP Kentang


  1. RAM kecil biasanya di bawah 2 GB.
  2. Memori internal 16 GB atau kurang dari itu.
  3. Usia smartphone sudah tua atau lawas.
  4. Main game selalu lag parah.
  5. Pengoperasian smartphone sangat lemot.
  6. Tidak bisa main game berat, seperti PUBG Mobile, Asphalt 9, CS GO, dan lain-lain.
  7. Kapasitas baterai kurang dari 4.000 mAh.

Kesimpulan


Demikian penjelasan pengamat gadget tentang arti istilah dan singkatan HP kentang. Kalau menurut kami sendiri, HP kentang mempunyai spesifikasi yang terbatas atau nanggung. Kami setuju dengan pendapat Lucky Sebastian dan Herry SW.

Baca juga:

Jadi HP kentang adalah smartphone dengan spesifikasi nanggung yang biasanya memiliki RAM kecil, memori kecil, kapasitas baterai kecil, lemot, lag, ponsel lawas, dan lain-lain. Namun, HP kentang tidak semuanya murah, ada juga yang mahal.

Post a Comment