Konten Media Sosial untuk Pemilik Usaha dan Bisnis (freepik.com)

Jualan tidak selalu menawarkan produk barang saja. Sesekali buat konten di media sosial tentang tips, konten viral, tutorial, pengumuman, promo, giveway, dan lain-lain. Hal ini membuat konten di media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter menjadi lebih berwarna.

Jangan hanya merawat toko online saja, tapi Anda juga harus mengembangkan konten di media sosial. Sebab, sebagian besar pembeli juga berasal dari media sosial. Misal, awalnya mereka akan melihat postingan di Instagram, kemudian terpikat produk Anda dan akhirnya membeli produk Anda melalui Shopee atau Tokopedia.

Jadi jangan pernah remehkan kekuatan media sosial terutama untuk pemilik usaha dan pebisnis. Branding produk yang sesungguhnya lebih bagus melalui konten media sosial. Pasalnya, media sosial kontennya lebih komplek, bebas, dan kreatif.

Berikut konten media sosial terbaik untuk pemilik usaha dan bisnis:

1. Bangun Semangat dengan Quote Inspiratif


Buat orang bersemangat setiap hari dengan quote-quote inspiratif. Paling mudah, Anda bisa mengedit gambar di Canva, kemudian ditambah kata-kata penyemangat. Pastikan Anda mengutip quote dari orang-orang yang berpengaruh atau sudah sukses. Dengan begitu, peminat dan jangkauan postingan Anda akan tinggi.

2. Tips dan Trik yang Berhubungan dengan Produk Barang


Misal Anda jual sepatu, berarti bagikan tips dan trik cara membersihkan sepatu, merawat sepatu agar warnanya tidak pudar, tips mengetahui sepatu asli atau KW, dan masih banyak yang lain. 

Nah, tips ini bisa dibuat dalam bentuk gambar atau video. Namun, sekarang minat orang lebih ke konten video. Ingat konten ini harus berkaitan dengan sepatu, jangan pernah melenceng ke konten lain.

3. Tutorial Belanja Produk yang Jarang Diketahui


Contoh nyata, Anda memiliki bisnis yang berhubungan dengan fashion. Anda bisa membuatkan konten tutorial cara membeli baju yang murah dibandingkan hari-hari biasa. Ada merek-merek fashion tertentu yang memberikan promo besar-besaran, tapi tidak banyak orang yang mengetahuinya. 

Berikan tutorial untuk membeli baju tersebut agar orang yang belum pernah mencobanya akan tertarik dan membagikan tutorial yang Anda buat. Semakin banyak konten tutorial rahasia seperti ini maka Anda akan memiliki banyak follower.

4. Giveway


Setelah berhasil melakukan jual beli dalam jumlah besar, tentunya keuntungan Anda akan melimpah. Untuk membahagiakan follower di media sosial sekaligus mengembangkan media sosial, Anda bisa melakukan Giveway.

Misalnya, Anda menjual produk kategori bayi, maka berikan Giveway hadiah berupa mainan edukatif, sepeda, produk fashion bayi, dan lain-lain. Kemudian beri persyaratan untuk follow dan share postingan ke banyak orang supaya produk Anda lebih terkenal.

5. Promo Barang


Kalau ada barang yang baru datang, Anda bisa mempromosikan barang tersebut. Selain itu, promo juga bisa tertuju pada produk yang harganya lebih murah. Dengan begitu, follower Anda akan terpikat untuk membeli produk tersebut.

6. Pengumuman


Konten di media sosial bisa dipakai untuk memberikan pengumuman di toko online. Misalnya ada barang yang stoknya tinggal sedikit. Anda bisa mengumumkan barang tersebut kepada masyarakat agar mereka tahu. Pengumuman ini juga bisa bersifat kegiatan jual beli libur atau tidak dan lain-lain.

7. Ajukan Pertanyaan


Pelanggan setia membutuhkan kolom khusus untuk bertanya. Nah, Anda bisa memanfaatkan sebuah postingan agar mereka bisa melakukan QnA atau tanya jawab. Contoh, bisnis Anda dibidang impor barang dari luar negeri, maka Anda bisa membuka sesi tanya jawa seputar cara mengimpor barang-barang murah dari luar negeri kemudian dijual ke masyarakat.

8. Konten Endorse atau Paid Promote


Jika Anda ingin banyak pelanggan yang tertarik, coba buat konten endorse dari artis. Minta kepada artis untuk membuatkan video review produk Anda. Setelah itu, posting video tersebut untuk memikat pelanggan yang lain.

9. Proses Pembuatan


Bagikan cuplikan foto atau video tentang proses pembuatan barang yang Anda jual. Tidak perlu terlalu detail, yang penting berkualitas dan berasal dari bahan terbaik. Contoh, Anda mempunyai usaha kaos, rekam saja proses memotong kain, jahitan, hingga sablon.

10. Bukti Pesanan yang Menumpuk


Anda juga dapat membuat bukti foto atau video tentang pesanan para pelanggan yang menumpuk. Semakin banyak pesanan, menunjukkan bahwa usaha Anda sangat ramai dan sukses. Ini bukan ajang pamer, tetapi hanya menunjukkan kepada pelanggan bahwa setiap hari traksaksi pesanan Anda sangat banyak.

Baca juga:

Kesimpulan


Demikian beberapa konten bisnis atau usaha yang bisa diunggah di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Begitu banyak konten kreatif yang pastinya sangat membantu perkembangan bisnis Anda. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan membagikan konten positif melalui media sosial.

Sekarang media sosial sudah seperti jiwa manusia. Rasanya ada yang kurang kalau sehari tidak membuka media sosial. Mengetahui hal tersebut, Anda sekarang harusnya sudah mulai memikirkan konten dan topik apa saja yang bagus untuk bisnis Anda.

Post a Comment