Media sosial terbaik dan paling populer (cnet.com)

Jika ditanya media sosial apa yang Anda suka? Sebagian besar orang pasti akan menjawab Facebook, Instagram, dan Twitter. Ya benar, tiga media sosial ini memang yang terbaik dan paling populer di seluruh dunia. Bahkan, bisa dibilang ketiganya selalu terinstal di berbagai smartphone.

Rasa-rasanya, sehari tidak membuka Facebook, Instagram, dan Twitter, seperti makan sayur tanpa garam, hambar sekali. Namun ternyata, tidak hanya tiga media sosial tersebut yang populer. Ada juga beberapa media sosial terbaik lainnya yang populer di seluruh dunia.

Penasaran dengan daftar media sosial terbaik di dunia? Berikut kami telah merangkumnya dari MakeUseOf.com.

1. Facebook


Mari kita mulai dengan pilihan yang jelas. Untuk semua kesalahannya (pencurian data), Facebook masih menjadi jaringan media sosial paling populer di dunia.

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna, ini adalah tempat untuk dikunjungi jika Anda ingin terhubung dengan sebagian besar orang dari kehidupan Anda saat ini atau di masa lalu.

2. Instagram


Jika Anda lebih tertarik untuk melihat gambar dan klip video pendek, Instagram mungkin merupakan jejaring sosial terbaik untuk Anda. 35 persen orang dewasa Amerika memiliki akun Instagram.

Media sosial ini mungkin dianggap ajang pamer dan penuh selfie. Namun, jika Anda menggali lebih dalam, Anda dapat menemukan fotografi yang menakjubkan, karya seni yang luar biasa, dan banyak lagi.

Baca juga: 10 Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dibanned, Diblokir, atau Dinonaktifkan

3. Twitter


Twitter adalah jaringan lain yang menerima banyak liputan negatif. Batas 280 karakter (sebelumnya 140 karakter) tidak secara tepat mempromosikan perdebatan yang masuk akal, dan kehadiran jutaan bot palsu hanya berfungsi untuk mengikis pengalaman lebih lanjut.

Namun, jika Anda ingin menyampaikan berita, reaksi instan, dan akses ke bintang olahraga, selebritas, dan jurnalis favorit Anda, Twitter adalah sumber yang tak tertandingi.

4. Linkedln


LinkedIn menyediakan jejaring sosial untuk para profesional. Seiring berkembangnya situs, ini menjadi salah satu cara terbaik untuk membangun (CV) curriculum vitae Anda, menemukan pekerjaan baru, dan jaringan dalam lingkaran profesional Anda.

5. Snapchat


Snapchat hampir secara eksklusif tempat nongkrong anak muda; Anda tidak mungkin menemukan nenek Anda dengan akun Snapchat. 

Situs ini tentang berbagi gambar dan video yang merusak diri sendiri, maksudnya Anda seperti mengumbar aib sendiri ke khalayak ramai. Meskipun ada juga fitur pesan dan banyak fitur gamification di Snapchat.

6. Tumblr


Inilah yang terjadi ketika dunia jejaring sosial dan blogging bertabrakan. Anda dapat memposting teks, foto, video, dan konten media lainnya ke halaman blog Anda, yang kemudian dapat diikuti oleh pengguna lain.

Jaringan juga mendukung pengeditan HTML; jika Anda cukup terampil, Anda dapat sepenuhnya menyesuaikan tampilan dan tata letak halaman Anda. Anda bahkan dapat menggunakan nama domain kustom Anda sendiri.

Tumblr sekarang (seharusnya) aman untuk anak di bawah umur. Sebelum muncul larangan pada bulan Desember 2018, diperkirakan 22 persen dari lalu lintas situs Tumblr bersifat p0r nogr 4fi.

7. Pinterest


Pinterest paling layak digambarkan sebagai situs bookmark gambar (meskipun juga mendukung GIF dan video). Anda dapat menambahkan gambar ke papan publik atau pribadi Anda sendiri, mengikuti pengguna dan papan lainnya, serta mengomentari pin.

Situs ini dapat dibuka saat Anda ingin mencari inspirasi untuk proyek DIY atau Anda perlu sesuatu untuk memicu ide kreatif di kepala Anda.

8. Sina Weibo


Sina Weibo adalah jawaban Cina untuk Twitter. Dengan lebih dari 400 juta pengguna, ini adalah salah satu jejaring sosial paling populer di dunia.

Pemerintah Cina sangat menyensor situs tersebut, tetapi jika Anda ingin mengetahui apa yang terjadi di Cina, ada baiknya mendaftar Sina Weibo.

9. Reddit


Tahukah Anda, Reddit dianggap sebagai halaman depan internet. Reddit adalah forum diskusi dan situs pengiriman konten. Pengguna dapat menaikkan dan menurunkan posting untuk membantu mempengaruhi apa yang populer pada saat tertentu.

Situs ini dibagi menjadi beberapa subreddits. Mereka mencakup hampir setiap materi pelajaran yang dapat Anda pikirkan. Jika Anda memiliki hobi khusus, Reddit adalah tempat yang tepat untuk menemukan orang yang berpikiran sama.

10. TikTok


TikTok adalah salah satu aplikasi media sosial terbaru di dunia. Ia mencoba mengisi ruang yang ditinggalkan Vine setelah dimatikan.

Jelas ada permintaan besar untuk video pendek; TikTok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada kuartal pertama tahun 2018.

11. Ask.fm


Ask.fm adalah situs tanya jawab. Pengguna mengirimkan pertanyaan dan siapa pun dapat melompat masuk dan menawarkan pemikiran mereka.

Situs ini dulunya anonim, tetapi setelah muncul kasus bunuh diri dua remaja Inggris karena mereka dituduh melakukan pelecehan cyber, sekarang tersedia juga opsi untuk non-anonim.

12. VKontakte


VKontakte adalah bahasa Rusia yang setara dengan Facebook; itu adalah situs paling populer di negara Rusia.

Jaringan ini berbagi banyak fitur yang sama dengan mitranya di Amerika, termasuk grup, halaman, pesan pribadi, manajemen acara, penandaan gambar, dan game dalam aplikasi.

13. Flickr


Flickr merupakan situs hosting foto. Ada opsi gratis dan berbayar. Opsi gratis yang digunakan untuk menyediakan ruang 1TB, tetapi pada awal 2019, perusahaan menguranginya menjadi 1.000 gambar.

14. Meetup


Meetup merangkul kesenjangan antara jaringan sosial online dan jaringan sosial kehidupan nyata. Anda dapat menggunakan alat online untuk menemukan grup dan acara yang sesuai dengan minat Anda, lalu membuka pertemuan grup berikutnya.

Jika Anda tinggal di kota besar, pertemuan yang tersedia dapat beragam seperti tim olahraga hingga kelompok belajar bahasa. Di daerah yang lebih pedesaan, pilihannya bisa lebih terbatas.

15. InterNations


Jika Anda termasuk orang yang mempunyai jiwa sosial, Anda harus memiliki akun di InterNations. Situs ini memungkinkan Anda menemukan orang lain di kota Anda yang cocok dengan bahasa, minat, atau bidang pekerjaan Anda.

Seperti Meetup, ada banyak acara fisik yang bisa Anda hadiri. Atau, Anda bisa menggunakan situs ini untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan wawasan tentang hobi atau masalah Anda.

16. XING


XING adalah alternatif populer untuk LinkedIn di daratan Eropa. Situs ini menawarkan profil, grup, acara, forum diskusi, dan fitur komunitas.

Jika Anda ingin menggunakan fitur pencarian lanjutan, Anda harus membayar biaya bulanan.

17. Nextdoor


Nextdoor adalah jaringan sosial berbasis lingkungan. Ini memiliki kontrol privasi yang ketat, artinya hanya orang yang tinggal di daerah Anda yang dapat bergabung dengan grup khusus lingkungan Anda.

Jika Anda mencari cara untuk mengelola skema pengawasan lingkungan, mengorganisir pembelian dan pembelian lokal, atau membiarkan semua orang mengikuti berita komunitas lokal, Anda memerlukan Nextdoor dalam hidup Anda .

18. Tinder


Apakah Anda sedang jomblo dan ingin mencari pasangan atau pacar? Tinder adalah aplikasi yang perlu ditelusuri. Platform media sosial ini penuh dengan pengguna single yang ingin bertemu dan menghabiskan beberapa jam bersama orang lain. Siapa tahu melalui Tinder, Anda menemukan jodoh yang tepat dan baik.

19. Foursquare


Foursquare adalah aplikasi media sosial berbasis lokasi. Anda dapat menggunakannya untuk menemukan tempat menarik, restoran, acara, dan lokasi terdekat lainnya saat Anda bepergian.

Tentu saja, aspek berbasis lokasi berarti aplikasi meminta banyak pertanyaan privasi. Bagi Anda yang kurang suka mengumbar privasi lokasinya, mungkin aplikasi ini kurang cocok untuk Anda.

20. Myspace


Ya, Myspace masih hidup. Saat ini, Myspace adalah jejaring sosial bertema musik. Dalam banyak hal, Myspace mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Spotify setelah perusahaan Swedia menghilangkan fitur sosialnya.

Myspace memungkinkan beberapa pengguna mendengarkan musik sambil mengobrol tentang musik tersebut dengan pengguna lain.

Demikian beberapa media sosial terbaik yang sebagian mungkin belum Anda ketahui. Saat ini Anda lebih suka dengan media sosial yang mana? Kami yakin jika Anda dari kalangan remaja, pasti lebih tertarik pada Instagram. Sementara, orang-orang dewasa lebih suka menggunakan Facebook dan Instagram.

Untuk para pekerja, mereka lebih tertarik memakai LinkedIn karena itu seperti portofolio online yang bisa diakses siapa saja. Perusahaan akan lebih mudah mengenal karyawan dari LinkedIn. 

Sebenarnya semua media sosial sama saja manfaatnya yakni menghubungkan seseorang yang jauh menjadi lebih dekat. Namun, efeknya media sosial dapat menjauhkan dekat seperti sedang berkumpul dengan teman tapi semuanya sibuk dengan ponsel masing-masing.

Begitulah kekuatan media sosial, semoga Anda dapat mengambil positifnya dan membuang negatifnya. Kami yakin di antara pengguna milenial pasti masih banyak orang yang menggunakan media sosial untuk hal-hal baik dan menginspirasi.

Post a Comment