Cara Cek Tagihan Listrik Online, SMS, dan Telepon (okezone.com)

Penggunaan listrik yang tidak terbatas akan membuat tagihan membengkak. Anda yang tidak mempunyai uang cadangan, tentunya akan kesulitan membayar listrik bila tagihan listrik naik. Oleh karena itu, cek tagihan listrik dulu secara online agar Anda bisa mempersiapkan biaya untuk bayar listrik.

Sebab, beberapa waktu lalu terdapat kasus tagihan listrik bengkak yang tidak masuk akal. Setelah diperiksa ternyata tagihan listrik naik berkali-kali lipat karena kerusakan komponen. Namun, pihak PLN sepertinya tetap meminta pembayaran, walau bayarnya dicicil.

Nah, berkaca dari kasus seperti itu, lebih baik Anda selalu memantau tagihan listrik online. Tujuannya untuk memastikan bahwa tagihan listrik normal dan tidak mengalami kenaikan. 

Cara Cek Tagihan Listrik secara Online


  1. Download aplikasi PLN Mobile dari Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  2. Buka aplikasi PLN Mobile, lalu daftar akun atau login.
  3. Anda juga bisa masuk ke aplikasi tanpa harus login atau daftar akun.
  4. Buka menu Informasi, pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  5. Masukkan nomor ID pelanggan atau nomor meteran.
  6. Klik tombol Cek Tagihan.
  7. Tagihan listrik yang belum dibayar akan muncul.

Cara Cek Tagihan Listrik via SMS


Cek tagihan listrik lewat SMS biasanya sangat bermanfaat untuk pengguna smartphone jadul yang tidak bisa mengakses internet. Banyak orang dewasa tidak memiliki smartphone, sehingga cuma bisa komunikasi lewat telepon atau SMS.

Nah, untuk membantu masyarakat yang tidak mempunyai smartphone, PLN memberikan akses cek tagihan listrik lewat SMS. Pengecekan tagihan listrik lewat SMS tersedia dalam dua pilihan yakni tagihan satu bulan sekali atau informasi tagihan berlangganan setiap bulan otomatis.

Cek Tagihan Listrik lewat SMS Sekali


  1. Kirim SMS ke nomor 8123 dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan.
  2. Contoh: REK 12939403939 kirim ke 8123.

Cek Tagihan Listrik lewat SMS Berlangganan Setiap Bulan


  1. Kirim SMS ke nomor 8123 dengan format PLN (spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan.
  2. Contoh: PLN ON 12939403939 kirim ke 8123.

Informasi tagihan listrik lewat SMS dipungut biaya Rp 500 tapi belum termasuk PPN 10 persen. Untuk berhenti berlangganan, kirim SMS serupa ke 8123 dengan mengganti kata ON ke OFF.

Cara Berhenti Berlangganan Cek Tagihan Listrik via SMS


  1. Kirim SMS ke nomor 8123 dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) No ID Pelanggan.
  2. Contoh: PLN OFF 12939403939 kirim ke 8123.

Cara Cek Tagihan Listrik lewat Telepon


Kalau Anda butuh informasi tagihan listrik begitu mendesak, Anda bisa melakukannya lewat telepon. Anda dapat menelepon Customer Service PLN di nomor 123. Jangan lupa cantumkan kode area rumah Anda. 

Layanan telepon cek tagihan ini 24 jam. Sehingga Anda bebas mau telepon kapan saja. Namun, disarankan Anda menelepon di jam kerja agar panggilan telepon Anda diterima lebih cepat. Panggilan telepon PLN tidak gratis. Anda akan dikenakan biaya telepon sesuai tarif masing-masing operator.

Baca juga:

Kesimpulan


Demikian beberapa cara cek tagihan listrik secara online, SMS, dan telepon. Cara-cara ini bisa dikatakan resmi karena berasal dari PLN sendiri.

Untuk pengecekan tagihan online dari aplikasi PLN Mobile. Sedangkan SMS dan Telepon langsung ke nomor resmi PLN. Oh iya, Anda juga bisa mengecek tagihan listrik dari Tokopedia, Bukalapak, aplikasi Tagihan Listrik Bulanan PLN, aplikasi Cek Tagihan Listrik PLN, aplikasi Cek Tagihan Listrik Bulanan, aplikasi Cek Tagihan PLN, aplikasi Info Tagihan Listrik, dan lain-lain.

Post a Comment