Cara Mengatasi Pengisian Baterai Lambat atau Lemot (kurmiji.com)

Apakah Anda merasa pengisian baterai ponsel terasa sangat lemot atau lambat? Tenang kasus seperti ini bukan berarti smartphone Anda rusak. Namun ada berbagai hal yang menyebabkan pengisian daya ponsel menjadi lambat.

Ya, walau merek smartphone Anda mahal sekalipun tidak menjamin smartphone Anda bebas dari masalah pengisian baterai. Bisa jadi proses lambat dalam charging ponsel karena kerusakan yang lain, bukan berasal dari ponsel.

Penyebab dan Cara Mengatasi Pengisian Baterai Ponsel Lambat


  1. Aplikasi Berjalan di Latar Belakang
  2. Kerusakan Kabel Charger
  3. Komponen IC Power atau Charger Rusak
  4. Usia Smartphone yang Tua
  5. Sering Gonta Ganti Charger

1. Aplikasi Berjalan di Latar Belakang


Biasanya banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang membuat pengisian baterai menjadi lemot. Normalnya Anda bisa mengisi baterai ponsel 100 persen dalam 2 jam, sekarang jadi lebih lama yakni 5 jam.

Kalau memang demikian, coba Anda hentikan semua aplikasi yang berjalan di background. Jika perlu, matikan ponsel agar tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

2. Kerusakan Kabel Charger


Kabel charger suatu ponsel tidak didesain tahan lama. Jadi bila Anda tidak menggulung kabel dengan benar dan rapi, maka kabel tersebut bisa putus atau terkelupas.

Otomatis hal tersebut berpengaruh pada daya listrik yang tidak mengalir sempurna. Daya listrik menjadi kecil karena ada sebagian kabel yang putus. 

Untuk mengatasi hal ini segera beli kabel charger yang lebih berkualitas. Tidak perlu mahal, tapi beli kabel charger yang sudah jelas kualitasnya. Kalau Anda beli kabel charger murah dan bentuknya gepeng, bukannya tambah cepat, proses charging baterai HP Anda justru semakin lambat.

Sementara kepala charger atau adaptor tidak perlu beli karena merupakan bawaan smartphone. Setiap adaptor sudah disesuaikan dengan kemampuan ponsel yang bersangkutan. 

Kalau Anda beli charger fast charging tetapi hardware smartphone tidak mendukung, maka baterai akan cepat rusak dan kehilangan daya. Pengisian daya mungkin cepat, tapi baterai juga cepat habis dan tidak awet.

3. Komponen IC Power atau IC Charger Rusak


Penyebab IC Power atau IC Charger rusak bisa terjadi karena keseringan diisi daya dalam waktu lama. Selain itu, IC mungkin terbakar karena HP terlalu panas.

Suhu ruangan sekitar harus diperhatikan agar saat mengisi daya baterai tidak terlalu panas. Kesalahan dalam mengisi daya juga bisa menyebabkan IC Power dan Charger rusak. Misalnya, Anda terbiasa mengisi daya saat ponsel mati. Hal tersebut sangat tidak disarankan.

Sebaiknya baterai ponsel diisi ulang saat kapasitasnya 40-50 persen. Dengan begitu waktu pengisian tidak akan terlalu lama. Baterai menjadi sehat dan komponen smartphone tidak terlalu panas. Oh iya, kalau bisa pengisian baterai ponsel jangan sampai penuh, cukup 90-95 persen.

4. Usia Smartphone yang Tua


Semakin lama dipakai, smartphone akan kehilangan kemampuannya. Setiap smartphone memiliki jangka hidup masing-masing. Oleh karena itu, performa smartphone juga ikut menurun.

Dulu berbagai aplikasi bisa dijalankan dengan lancar, tapi sekarang menjadi lemot karena kapasitasnya bertambah. Begitu juga dengan baterai ponsel yang mulai cepat habis karena kemampuan baterai menyimpan daya sudah menurun. Kalau sudah seperti ini berarti solusinya beli ponsel baru.

5. Sering Gonta Ganti Charger


Anda mungkin sering gonta ganti charger ponsel di sekolah, kampus, atau kantor. Hal ini menjadikan baterai ponsel cepat panas karena tegangan dan arusnya tidak sama dengan merek smartphone.

Jika kebiasaan seperti ini terus dilakukan dalam jangka waktu yang lama, sudah pasti ponsel Anda juga akan cepat rusak.

Baca juga:

Kesimpulan


Sekarang Anda pasti sudah mengetahui apa saja yang menyebabkan pengisian daya baterai smartphone lambat dan lemot. Kembali lagi kami beritahukan bahwa ponsel lemot saat mengisi daya bukan hanya karena ponsel tapi juga disebabkan oleh aplikasi, kabel, ganti charger, IC, dan lain-lain.

Jadi cepat lambatnya suatu pengisian daya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Periksa satu persatu mulai dari yang ringan-ringan dulu sampai ke komponen. Agar semua masalah lebih transparan, bawa saja ponsel Anda ke tempat servis.

Post a Comment