Oppo Find X Lamborghini Edition Super Cepat (gsmarena.com)

Oppo baru saja merilis smartphone Find X Lamborghini Edition. Sama seperti namanya, Oppo Find X edisi Lamborghini dilengkapi teknologi pengisian daya tercepat di dunia menggunakan SuperVOOC. Pengisian baterai 3,400 mAh mulai dari 0 persen sampai 100 persen cuma berlangsung selama 35 menit.

Ya, belum lama ini GSMArena.com (7/10/2018) menerima versi ultra-premium dari Oppo Find X - Edisi Lamborghini. Ini pada dasarnya adalah Find X Super Flash Edition tetapi dengan serat karbon dan backing bermerek Lamborghini, headphone nirkabel di dalam box, beberapa tema Lamborghini, dan memori internal 512GB. 

Lebih penting lagi, kedua edisi khusus ini membanggakan teknologi pengisian tercepat di dunia seluler yang disebut SuperVOOC - penerus pengisi suara VOOC populer oleh Oppo.

Pengisian Baterai 0-100 Persen Butuh Waktu 35 Menit

Oppo Find X Lamborghini Edition (gsmarena.com)
Oppo Find X Lamborghini Edition (gsmarena.com)


Tetapi apakah standar SuperVOOC baru begitu hebat? Nah, menurut pabrikan, baterai 3,400 mAh dari Find X Lamborghini Edition bisa naik dari 0 hingga 100 persen hanya dalam 35 menit, berkat charger yang mencapai 50W. 

Meskipun terdengar gila, kami telah mengujinya dan dapat mengonfirmasi bahwa pengisi daya benar-benar mengisi baterai yang datar hanya dalam 35 menit. Kami telah memberi Anda grafik untuk melihat kinerjanya.
Grafik Pengisian Daya Oppo Find X Lamborghini Edition (gsmarena.com)
Grafik Pengisian Daya Oppo Find X Lamborghini Edition (gsmarena.com)


Tentu saja, untuk menjaga baterai Anda tetap sehat, beberapa persentase terakhir lebih lambat untuk diisi, karena itu akan menurunkan sel-sel lebih cepat dari waktu ke waktu. 

Setelah 80 Persen Kecepatan Pengisian Melambat

Oppo Find X Edisi Premium Lamborghini (gsmarena.com)
Oppo Find X Edisi Premium Lamborghini (gsmarena.com)


Jadi dalam skenario dunia nyata, jika Anda perlu mengisi daya ponsel Anda dengan cepat saat di perjalanan, ponsel akan menghabiskan hanya beberapa menit di perangkat untuk mengisi antara 20 dan 80 persen, tapi setelah itu akan melambat.

Muatan trickle melesat masuk dengan menurunkan tegangan dan dengan demikian mengurangi panas yang dihasilkan untuk proses pengisian terakhir.

Bagaimana Pengisiannya bisa Begitu Cepat?

Charger SuperVOOC Oppo Find X Lamborghini (gsmarena.com)
Charger SuperVOOC Oppo Find X Lamborghini (gsmarena.com)


Tapi bagaimana Oppo dapat mengisi daya telepon dengan tegangan tinggi tanpa menghasilkan terlalu banyak panas dalam baterai? Beberapa pengisi daya laptop saja 40W, tapi ini baterai kecil, dijejalkan di dalam ponsel lagi. 

Sama seperti teknologi pengisian VOOC standar, konversi listrik terjadi di dalam perangkat pengisi, yang merupakan sumber utama panas. Juga, ia bekerja pada tegangan 5V yang lebih tinggi dari Quick Charge atau Power Delivery sehingga menghasilkan lebih sedikit panas. 

Sebagai tambahan bonus hebat dari pendekatan Super VOOC ini adalah bahwa tidak perlu waktu lebih lama untuk mengisi daya telepon saat Anda menggunakannya untuk menonton video, menjelajah web dan bahkan bermain game - itu tetap sama walau layar dihidupkan atau mati.

Oppo Find X Lamborghini Tercepat

Grafik Kecepatan Pengisian Daya SuperVOOC Oppo (gsmarena.com)
Grafik Kecepatan Pengisian Daya SuperVOOC Oppo (gsmarena.com)


Seperti yang Anda lihat dari grafik, teknologi SuperVOOC baru saja mememangkan kompetisi. iPhone XS Max menempatkan kinerja yang memalukan, tetapi kemudian kami tahu apa yang diharapkan dari pengisi daya 5W. 

Fakta menarik, jika Anda mengisi daya iPhone secara nirkabel menggunakan pengisi daya nirkabel cepat, Anda akan mendapatkan pengisian output sekitar 7,5W. 

Artinya jika Anda membeli charger sendiri dengan fitur pengisian cepat maka prosesnya akan lebih cepat daripada pengisi daya kabel yang disertakan dalam box.

Post a Comment