Streaming Musik Spotify dan Joox (tipspintar.com)

Anda termasuk pecinta streaming musik Spotify atau Joox? Sepertinya dua aplikasi tersebut sudah menarik minat sebagian besar masyarakat, terutama anak muda atau para remaja. Sebagian dari mereka terbagi menjadi tim Spotify dan tim Joox. 

Setiap aplikasi streaming music ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda mungkin sudah menyadari kalau sudah mencoba semuanya. Namun, bagi yang belum pernah menjajal kedua aplikasi, tentu mereka tidak akan bisa membandingkan mana aplikasi yang lebih bagus.

Perlu Anda ketahui, Spotify dan Joox merupakan dua aplikasi streaming musik terbesar di Indonesia (menurut kami). Jadi, kami hanya membandingkan dua aplikasi saja.

Spotify


Aplikasi Spotify beroperasi lebih dulu daripada Joox. Spotify diluncurkan pertama kali tanggal 7 Oktober 2008. Layanan yang diberikan Spotify di antaranya tawaran berbagai playlist, rekomendasi musik, layanan premium, podcast, download musik, pemutaran lagu offline, dan lain-lain.

Joox


Sedangkan aplikasi Joox tidak berbeda jauh dengan Spotify. Bedanya, aplikasi Joox baru diluncurkan bulan Januari 2015. Nama Joox berasal dari Jukebox, yakni mesin pemutar lagu otomatis. Fitur yang dihadirkan di aplikasi ini seperti streaming musik, mendengarkan radio, playlist, download musik, mendengarkan musik offline, podcast, layanan premium, rekomendasi musik, dan lain sebagainya.

Persamaan Spotify dan Joox


Kedua aplikasi ini bisa diakses dari web resminya atau aplikasi. Anda dapat membuat playlist sendiri atau mendengarkan playlist yang sudah tersedia. Spotify dan Joox bisa diakses secara gratis dan berbayar.

Perbedaan Spotify dan Joox


Spotify


Bicara tentang perbedaan keduanya, Spotify terlihat lebih simpel dan minimalis. Sehingga Spotify jadi lebih ringan dan cepat. Pendaftaran Spotify terbilang mudah, cukup menggunakan email atau Facebook.

Joox


Sementara tampilan Joox lebih berwarna dan atraktif. Anda bisa mengunduh tema agar tidak bosan dengan tampilan. Sayangnya, gara-gara tema tersebut kinerja aplikasi jadi menurun, sehingga sedikit lebih berat.

Beda Kualitas Suara Spotify dan Joox


Spotify


Kualitas suara streaming musik di Spotify bagus. Seperti yang dikatakan Tubefab, katanya banyak yang memberi predikat baik pada kualitas suara Spotify, bahkan lebih baik dari Joox. Anda bisa mengatur kualitas suara low, medium, dan high.

Joox


Kalau Joox terdapat kualitas suara yang bisa disesuaikan dengan preferensi pengguna. Pilihannya ada tiga yakni low, medium, dan high. Jika kualitas high masih kurang nendang, Anda dapat meningkatkannya dengan fitur DTS. Namun, fitur tersebut memerlukan biaya tambahan sebesar Rp 15.000 per bulan.

Katalog Musik Spotify dan Joox


Berdasarkan jumlah lagunya, Spotify lebih banyak dari Joox yakni lebih dari 30 juta lagu. Sementara Joox memiliki jumlah 20 juta lagu. Walau sedikit, penikmat musik lokal Indonesia, pasti lebih suka Joox karena terdapat genre dangdut, pop sunda, dan lain-lain.

Kalau urusan playlist, Spotify lebih unik dan mengena di hati pengguna. Pasalnya, mereka menggunakan nama-nama playlist sesuai keadaan pengguna, misal Macet Jakarta, Lebih Produktif, Mager Parah, Generasi Galau, dan lain sebagainya.

Harga Layanan Premium Spotify dan Joox


Paket Spotify Premium Individu


Untuk Spotify, mereka mematok harga layanan premium mulai dari Rp 49.990 - Rp 599.880. Anda bisa berlangganan Spotify premium dengan membayar Rp 49.990 per bulan, Rp 149.970 setiap 3 bulan, Rp 299.940 per 6 bulan, dan Rp 599.880 setiap tahun.

Paket Joox Premium Individu


Sedangkan Joox harga layanan premium lebih terjangkau, bahkan bisa gratis. Anda dapat membayar Rp 25.000 setiap minggu untuk berlangganan premium di Joox dan Rp 49.000 untuk berlangganan sebulan. Kalau mau menikmati layanan Joox premium gratis sehari, Anda bisa membagikan lagu Joox ke WeChat atau Facebook.

Fitur Tambahan di Spotify dan Joox


Spotify unggul di urusan sinkronisasi karena download Spotify di PC tapi bisa dikontrol dari smartphone atau sebaliknya. Anda juga bisa mendengarkan lagu di memori smartphone atau PC melalui Spotify.

Sementara Joox mempunyai fitur timer dan lirik lagu. Timer berfungsi untuk menghentikan lagu sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya, lagu diputar selama 2 jam, setelah itu musik bisa berhenti otomatis. Di samping itu, juga ada fitur lirik yang muncul secara otomatis.

Baca juga:

Kesimpulan


Sekarang pilihan bagus dan kurang bagus ada di tangan Anda. Setiap aplikasi streaming musik Spotify dan Joox memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa menentukan mau memilih aplikasi yang mana sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda suka berbagai genre lagu dan playlist yang menarik, Anda bisa menggunakan Spotify. Namun, bila Anda ingin menikmati lagu premium tapi gratis, silakan memakai Joox.

Post a Comment