Spotify Lite Tersedia di Android Indonesia (spotify.com)

Akhirnya bagi pecinta musik tapi miskin kuota akan mendapat hadiah yang tak terlupakan. Bagaimana tidak, salah satu aplikasi streaming musik yakni Spotify telah merilis versi aplikasi yang lebih ringan, yakni Spotify Lite. Aplikasi Spotify ini ditujukan khusus untuk pengguna dengan koneksi Internet lemot dan perangkat kelas menengah ke bawah serta penyimpanan terbatas.

Aplikasi ini disebut Spotify Lite yang tersedia untuk smartphone Android. Sementara ini Spotify Lite masih tersedia di 36 negara tapi akan terus bertambah ke lebih banyak negara dalam beberapa bulan mendatang.

Spesifikasi Spotify Lite


Sama seperti Spotify yang versi biasa, untuk Spotify Lite tersedia program berlangganan gratis dan premium. Aplikasi ini membutuhkan setidaknya sistem operasi Android 4.3. Ukuran memorinya hanya 10 MB, sehingga dapat dengan mudah dipasang pada perangkat yang hanya memiliki ruang penyimpanan 16 GB.

Untuk versi Spotify Lite, tentunya ada beberapa keterbatasan fitur. Meski begitu fungsi penting dalam streaming musik masih ada yang memungkinkan pengguna mencari dan memutar lagu serta artis favorit mereka.

Menariknya, pengguna juga dapat menghapus cache untuk mengosongkan ruang pada perangkat mereka. Selain itu, Spotify Lite bisa diinstal berdampingan dengan aplikasi Spotify utama. Sehingga jika sewaktu-waktu koneksi internet sedang lambat, pengguna masih dapat mendengarkan musik melalui Spotify Lite.

"Spotify Lite dibangun dari bawah ke atas berdasarkan umpan balik pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini memungkinkan jutaan orang lebih menikmati pengalaman musik terbaik dunia - terutama di daerah dengan bandwidth dan penyimpanan telepon terbatas," kata Kalle Persson, Senior Product Manager di Spotify, seperti yang disadur dari Softpedia.com (9/7/2019).

Perlu Anda ketahui, Spotify Lite telah menghabiskan lebih dari setahun dalam sebuah program pengujian, dan ia datang dengan fitur khusus yang memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasikan berapa banyak bandwidth yang dapat digunakan. 

Selanjutnya, setiap kali batas itu tercapai, aplikasi Spotify Lite bakal mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna untuk memastikan bahwa paket data tidak melebihi batas maksimal.

Spotify Lite di iPhone


Lalu untuk pengguna iPhone bagaimana? Apakah mereka juga mendapatkan Spotify versi ringan? Saat ini, pihak Spotify belum memberikan informasi spesifik kapan perusahaan dapat merilis Spotify Lite di iPhone. Namun, kemungkinan pengguna iPhone juga akan mendapatkannya.

Semoga saja, semua perangkat kebagian secara merata, termasuk perangkat iOS. Ditunggu saja karena kemunculan Spotify Lite di iPhone mungkin tidak lama lagi. Kalau di Android, Spotify Lite memang sudah masuk ke Indonesia. Anda dapat mengunduh langsung aplikasi Spotify Lite di Google Play Store.

Post a Comment