Aplikasi Desain Rumah Gratis untuk Laptop atau PC (microsoft.com)

Harga rumah semakin melambung tinggi. Hati ini ingin memiliki tapi apa daya rumah impian masih belum kebeli. Namun, Anda tidak perlu khawatir, setidaknya Anda bisa mendesain rumah dulu di aplikasi rumah gratis.

Aplikasi-aplikasi desain rumah sudah tersedia banyak di pencarian Google. Anda bisa mengunduh aplikasi bangun rumah secara gratis. Jika kebingungan, Anda bisa download aplikasi desain rumah dari situs resminya.

Baca juga: 7 Aplikasi Belajar Online dari Rumah Biar Aman dari Virus Corona

Sehingga di waktu-waktu luang, Anda dapat mencoba mendesain bagian ruang tamu dulu. Kemudian, besoknya desain kamar tidur, ruang keluarga, taman, kamar mandi, dapur, dan lain-lain.

Sebagian aplikasi desain rumah dan bangunan ini bisa digunakan oleh pengguna awam. Namun, ada juga aplikasi yang khusus untuk dipakai para profesional hingga arsitek.

Daftar Aplikasi Desain Rumah untuk Laptop atau PC


1. Sweet Home 3D


Tahukah Anda, Sweet Home 3D yang adalah aplikasi open-source dari SourceForge.net. Anda dapat melakukan pengeditan langsung tanpa instal aplikasi via browser. Anda juga bisa mengunduh versi gratisnya yang bisa digunakan pada laptop dengan sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux.

Aplikasi Sweet Home 3D versi gratis ini menawarkan 100 buah furnitur dan 26 tekstur yang bisa dipakai untuk mendesain rumah impian. 

2. SkecthUp Free


Selanjutnya, SketchUp Free adalah aplikasi desain rumah online dari Google dan saat ini dikembangkan oleh Trimble Inc. Aplikasi SkecthUp Free versi gratis bisa diakses secara online tapi beberapa fitur yang dibatasi. 

Untuk arsitek atau desainer profesional bisa menggunakan aplikasi SketchUp Make dan SketchUp Pro yang bisa didapat melalui berlangganan.

3. HomeByMe


Kemudian ada lagi HomeByMe yang merupakan aplikasi desain rumah 3D. Aplikasi ini dapat Anda coba dengan mengakses situs resminya dan edit-edit secara online.

Semua fitur di HomeByMe bisa Anda akses secara gratis dengan database yang cukup lengkap dibandingkan dengan aplikasi desain rumah lain. Tidak hanya menawarkan sudut pandang 2D dan 3D saja, ada juga fitur sudut pandang orang yang membuat Anda seakan berada di dalam rumah.

4. DreamPlan


Selain online, ada juga aplikasi desain rumah PC offline bernama DreamPlan. Tampilan DreamPlan agak terkesan usang, tapi lebih dari cukup untuk mendesain rumah kecil. Aplikasi ini akan menawarkan beberapa template yang bisa dijadikan contoh untuk mulai mendesain rumah.

5. Roomstyler 3D Home Planner


Salah satu aplikasi gambar rumah yang bagus dan gratis adalah Roomstyler 3D Home Planner. Ornamen di aplikasi ini terbilang lengkap seperti model lantai, bentuk jendela, pintu, kasur, tempat tidur, lemari, sampai jam.

Menariknya, Anda dapat mendesain rumah secara 2D dan dilihat dalam visualisasi 3D. Desain rumah Anda juga bisa disimpan dengan cara export untuk dicetak dan lain-lain.

Kesimpulan


Banyak aplikasi desain rumah yang tersedia secara gratis. Bahkan, ada juga aplikasi yang tidak perlu diinstal ke laptop. Anda cukup mengunjungi situs resminya dan mengedit rumah secara online.

Walau rumah masih menjadi angan-angan, setidaknya desain rumahnya sudah jadi. Dengan begitu, Anda bisa mencetaknya dan ditempel di tembok. Gunakan gambar desain rumah sebagai penyemangat agar Anda bisa kerja keras dan pantang menyerah.

Post a Comment