Cara Membatasi Anak Main Game di iPhone dan iPad (macworld.com)

Anak yang sudah kecanduan game sulit sekali untuk berhenti bermain smartphone. Terkadang orangtua sudah memperingatkan tapi anaknya tidak mau mendengarkannya. Bahkan, anak cenderung marah dan ngamuk kalau diingatkan untuk berhenti main game. Untungnya, iPhone dan iPad sudah memiliki fitur Screen Time untuk membatasi anak main game.

Ya, Screen Time membantu orang tua membatasi akses ke fitur permainan dan membatasi penggunaan untuk periode waktu tertentu. Fitur ini bisa dicoba di iOS 13 dan iPadOS 13. Selain membatasi anak main game, fitur tersebut juga bisa digunakan untuk memantau penggunaan sendiri. 

Baca juga: 5 Cara Paling Mudah Memasukkan Lagu di iPhone tanpa iTunes

Sekarang di sistem operasi iOS 13.3 dan iPadOS 13.3, orangtua bisa memberikan kontrol kepada anak tentang siapa saja yang dapat menghubunginya. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengatur preferensi komunikasi Anda sendiri, seperti yang disadur dari Macworld.com (19/12/2019).

Cara Mengatur Fitur Screen Time


Pada tampilan baru, pilih Settings > Screen Time > Communication Limits, orang dengan kode sandiScreen Time dapat mengontrol siapa yang menghubungi perangkat (atau perangkat yang disinkronkan) atau dihubungi oleh pengguna perangkat melalui iPhone, FaceTime, dan Pesan yang mengandalkan sebagian besar pada entri dalam daftar Kontak.

Sinkronisasi iCloud dari Kontak harus diaktifkan agar fitur ini berfungsi, yang juga secara efektif mengunci akses ke Kontak sehingga anak-anak tidak dapat mengubah entri atau menambah entri baru. 

Baca juga: 17 Fitur Tersembunyi iOS 13 yang Jarang Diketahui

Komunikasi diperbolehkan selama waktu layar juga diizinkan, dan saat akses umum ditolak di luar pengecualian yang ditetapkan untuk aplikasi tertentu. 

Bahkan jika Screen Time memungkinkan panggilan telepon, FaceTime, atau Pesan saat downtime, batas yang ditetapkan di sini diutamakan dengan siapa.

Selama fitur Screen Time diperbolehkan, komunikasi dapat diatur ke Semua Orang atau Hanya orang di daftar Kontak saja. Peralihan tambahan memungkinkan pesan grup di mana akun anak menjadi bagian untuk menambahkan orang yang tidak ada dalam Kontak atau kontak iCloud atau seseorang dalam daftar Family Sharing mereka yang merupakan bagian dari grup.

Baca juga: Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone dan Android Gratis

Sebaliknya, saat pengguna dibatasi, dia hanya boleh komunikasi dengan Kontak Tertentu, yang harus ditambahkan melalui browser Kontak atau editor.

Semoga fitur Screen Time ini bermanfaat untuk orangtua dan anak. Sepertinya, fitur ini memang sangat bagus, terutama untuk anak-anak yang sulit diatur dalam hal kontrol waktu dengan smartphone. 

Post a Comment