Cara Menyimpan Lagu di iPhone tanpa iTunes (theverge.com)

Semua orang tahu, ada beberapa kekurangan pada produk ponsel Apple atau iPhone. Dari kekurangan tadi yang paling membuat orang kesal yaitu ketergantungan mereka pada iTunes.Ya, jika Anda ingin memasukkan lagu di iPhone, Anda harus menggunakan iTunes untuk mendapatkannya di sana.

Walaupun iTunes adalah cara yang baik untuk membeli dan mengatur perpustakaan musik Anda, tetapi kadang-kadang ada sebagian orang yang tidak ingin dibatasi seperti itu. 

Jadi apa saja alternatifnya? Anda mungkin akan terkejut, tetapi sebenarnya ada lebih dari satu cara untuk memasukkan musik di iPhone tanpa harus menggunakan iTunes.

Caranya cukup banyak, salah satunya layanan cloud. Beberapa layanan cloud besar dan gratis memungkinkan Anda mengunggah koleksi musik Anda untuk diputar di iPhone atau diputar secara offline.


1. Google Play Music

Aplikasi Google Play Music di iOS (gadgethacks.com)
Aplikasi Google Play Music di iOS (gadgethacks.com)

Salah satu aplikasi streaming musik berbasis cloud terbaik adalah Google Play Music. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah hingga 50.000 lagu mereka sendiri secara gratis. 

Tanpa pernah membayar sepeser pun, Anda dapat mengunggah musik ke cloud, mendengarkannya di perangkat apa pun.

Instal Google Play Music secara gratis dari iOS App Store

Menambahkan perpustakaan musik Anda ke Google Play sangat mudah, meskipun Anda membutuhkan komputer untuk menangani unggahan awal. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagian dari proses ini, pastikan untuk mengunjungi panduan lengkap kami di bawah ini:

Selain berfungsi sebagai penyimpanan online untuk perpustakaan musik Anda, Google Play Music adalah toko musik dengan tipe yang sama dengan iTunes. 

Ketika Anda membeli lagu atau album melalui aplikasi Google Play Music, mereka akan segera ditambahkan ke perpustakaan Anda, yang kemudian memungkinkan Anda untuk menyimpan salinan MP3 ke ponsel atau komputer Anda.

Selain streaming musik Anda sendiri, Google Play Music menawarkan layanan berlangganan opsional yang disebut All Access yang memungkinkan Anda melakukan streaming seluruh perpustakaan musik Google secara gratis dan tanpa iklan. 

Layanan ini dikenakan biaya $ 9,99 / bulan untuk akun individu, tetapi paket keluarga $ 14,99 dapat dibagi enam cara untuk menghemat uang Anda. Selain itu, All Access hadir dengan layanan YouTube bebas iklan dan YouTube Red. Jadi Google Play Music adalah pilihan yang bagus di sini.


2. Amazon Music

Aplikasi Amazon Music (gadgethacks.com)
Aplikasi Amazon Music (gadgethacks.com)

Selain layanan dari Google, Amazon juga memiliki layanan musik cloud yang berfungsi dengan iPhone Anda yang disebut Amazon Music . 

Namun, tidak seperti tawaran Google untuk 50.000 lagu, Amazon hanya memungkinkan 250 lagu dari koleksi musik Anda untuk diunggah ke cloud. 

Anda dapat membayar $ 24,99 per tahun untuk menyimpan hingga 250.000 lagu Anda sendiri, atau Anda dapat menggunakan keanggotaan Amazon Prime Anda untuk mendapatkan akses ke lebih dari satu juta lagu streaming dengan Amazon Prime Music.

Instal Amazon Music secara gratis dari iOS App Store

Salah satu kelemahan utama Amazon Music adalah jika Anda ingin membeli musik apapun, Anda harus mengunjungi mengunjungi situs web Amazon menggunakan browser web Safari. 

Anda tidak dapat membeli MP3 melalui aplikasi Cloud Player. Tetapi di situs web Amazon, Anda dapat menelusuri perpustakaan yang berisi lebih dari 20 juta lagu dan album.

Setelah diimpor atau diunduh, lagu-lagu Anda segera diunggah ke cloud Amazon, di mana lagu-lagu itu kemudian dapat diputar melalui aplikasi Amazon Cloud Player, dan lagu-lagu itu juga berfungsi secara offline.


3. Dropbox

Aplikasi Dropbox untuk Memutar Musik (gadgethacks.com)
Aplikasi Dropbox untuk Memutar Musik (gadgethacks.com)

Jika Anda menyimpan koleksi musik Anda di Dropbox, Anda tidak memerlukan aplikasi lain untuk memutar file - cukup masuk ke akun Dropbox Anda, dan pilih lagu apapun yang ingin Anda dengar. 

Lagu akan secara otomatis diputar di browser web, dan bahkan memberi Anda layar pemutaran gelap yang bagus untuk membantu menghemat baterai.

Instal Dropbox secara gratis dari iOS App Store

Anda juga dapat meninggalkan browser dan membuka aplikasi lain atau menavigasi ke mana saja di perangkat dan musik tidak akan berhenti diputar.

Jika Anda tidak ingin menggunakan browser Anda, Anda dapat mengunduh aplikasi Dropbox gratis dan memutar musik Anda di sana juga. Ini sedikit lebih lancar daripada menggunakan browser dan juga mampu melanjutkan pemutaran ketika Anda meninggalkan aplikasi.

Fitur bagus lainnya adalah kemampuan untuk "membintangi" lagu atau grup lagu untuk diputar secara offline. Dropbox adalah cara super mudah untuk mendapatkan lagu baru ke iPhone Anda dan memutarnya di mana saja, kapan saja. Kalau saja aplikasi Dropbox dapat membuat daftar putar, siapapun tidak perlu lagi pemutar musik.

Jika Anda tidak ingin menggunakan layanan besar apapun? Berikut adalah beberapa program yang dapat Anda gunakan sebagai pengganti iTunes untuk mentransfer musik dari komputer ke iPhone.


4. CopyTrans Manager untuk Windows

CopyTrans Manager untuk Windows (gadgethacks.com)
CopyTrans Manager untuk Windows (gadgethacks.com)

Jika Anda adalah pengguna Windows, ada program gratis bernama CopyTrans Manager yang dapat sepenuhnya menggantikan iTunes dan meringankan Anda dari beberapa gangguan yang biasa terjadi. 

Freeware ini memungkinkan pengeditan sambil berjalan, penambahan drag-and-drop ke pustaka Anda, dan dapat disalin ke flash drive untuk manajemen di beberapa PC.

CopyTrans Manager juga mentransfer perpustakaan iTunes Anda ke pemutar musiknya sendiri. Ini bagus untuk orang-orang yang sudah memiliki banyak musik di iTunes dan takut kehilangan lagu-lagu itu dengan menggunakan layanan lain.


5. Media Monkey untuk Windows

Media Monkey adalah media player gratis lainnya untuk komputer Windows. Setelah diinstal, Media Monkey akan memindai file audio di komputer Anda dan secara otomatis menambahkannya ke perpustakaan. 

Anda juga dapat menyinkronkan iPhone ke Media Monkey tanpa menggunakan iTunes. Program ini memakai add-on dan memiliki banyak skin serta fitur yang dapat disesuaikan.

Anda dapat mengunduh versi gratis atau memilih edisi Gold Media Monkey untuk Windows seharga $ 24,95. Edisi Gold mencakup beberapa tambahan fitur seperti pengelola perpustakaan otomatis dan kecepatan pembakaran CD yang lebih cepat. 

Jika Anda tidak ingin membeli Gold secara langsung, Anda juga bisa mendapatkan salinan gratis dengan mengisi penawaran dengan salah satu mitra Media Monkey (Apple, Gamefly, GAP). Oh iya, Media Monkey baru-baru ini menambahkan kompatibilitas dengan produk Apple, ia memiliki semua fitur iTunes dan banyak lagi.

Baca juga: 10 Perangkat Apple dengan Performa Terbaik versi Antutu 

Demikian beberapa cara menyimpan lagu atau musik di iPhone tanpa iTunes. Jadi, mulai saat ini Anda tidak perlu bergantung pada iTunes atau harus mengeluarkan uang untuk sekadar mendengarkan lagu. Soalnya, aplikasi lain menyediakan layanan pemutar musik di iPhone secara gratis.

Jika Anda mengetahui cara lain untuk mentransfer lagu ke iPhone tanpa iTunes, Anda bisa menambahkan di kolom komentar. Terima kasih.

Post a Comment