Fitur Tersembunyi di iOS 13 (ilounge.com)

Banyak pembaruan fitur besar di iOS 13 yang pastinya membuat Anda bersemangat, seperti mode gelap, peningkatan privasi, peta terbaru, dan lain-lain. Namun, ada juga fitur-fitur kecil tersembunyi yang jarang diketahui, seperti sentuhan kecil, peningkatan kualitas hidup, dan sedikit fitur yang membuat interaksi sehari-hari dengan iPhone jadi lebih menyenangkan.

Saat kami mencoba iOS 13 beta, kami menemukan berbagai macam fitur kecil keren yang tidak terlalu diekspose debut WWDC iOS 13. Berikut daftar beberapa fitur tersembunyi di iOS 13 yang jarang diketahui tapi menarik, seperti yang disadur dari Macworld.com (26/6/2019).

1. Penelepon yang tidak dikenal senyap


Jika Anda menuju ke aplikasi Pengaturan, lalu ketuk pada Telepon, Anda akan melihat pilihan baru untuk Penelepon Tak Dikenal Senyap. Saat ini fitur tersebut diaktifkan, iOS menggunakan intelijen Siri untuk memungkinkan panggilan hanya berdering di ponsel Anda jika nomornya terdapat di Kontak, Mail, atau Pesan Anda. Panggilan dari nomor lain langsung ke voicemail.

2. Ketuk dan seret indikator volume baru


Banyak keluhan tentang indikator volume besar di tengah layar selama bertahun-tahun. Di iOS 13, Apple akhirnya mengganti indikator volume dengan bilah vertikal yang lebih kecil di sudut kiri atas layar (dekat tombol volume).

Terlebih lagi, Anda dapat menarik bilah volume ini ke atas dan ke bawah dengan jari Anda. Saat Anda melakukannya, Anda akan melihat indikator di bagian bawah bilah volume yang menunjukkan output suara iPhone Anda: speaker, AirPods, atau perangkat Bluetooth.

3. Secara otomatis menutup tab di Safari


Di iPhone Anda, tab Safari ditumpuk dalam semacam "tumpukan yang penuh". Jadi terkadang sulit untuk menyadari bahwa Anda memiliki 87 tab yang sedang berjalan, termasuk hal-hal yang tidak lagi Anda perlukan seperti halaman IMDB dari aktor yang Anda cari enam minggu lalu .

Di iOS 13, Anda dapat pergi ke Pengaturan > Safari dan lihat di bagian Tab untuk opsi Tutup Tab yang baru . Dalam menu ini Anda dapat memilih untuk secara otomatis menutup tab Safari setelah satu hari, satu minggu, atau satu bulan. Ini adalah cara yang baik untuk menjaga tab peramban seluler Anda tetap terlihat rapi dan ringan.

4. Pencarian pesan lebih lengkap


Pada pembaruan iOS 13, Anda dapat menarik daftar pesan Anda sedikit untuk menampilkan bilah pencarian di bagian atas. Saat Anda mengetik, Anda akan melihat kontak, pesan, tautan, foto, lokasi, hingga apa pun yang cocok dengan pencarian.

Semuanya teratur rapi, instan, dan jauh lebih bermanfaat daripada sebelumnya. Jika Anda memiliki Pesan di iCloud diaktifkan dan bertahun-tahun teks didukung, Anda akan memiliki fitur tersebut.

5. Pencarian suara di mana-mana


Berbicara tentang pencarian, Anda akan melihat bahwa pada dasarnya setiap bilah pencarian di iOS 13 sekarang memiliki sedikit mikrofon di sebelah kanan. Spotlight, Pesan, tab Safari (bukan bilah URL), Mail, dan Pengaturan. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan suara Anda untuk mencari hampir di mana saja.

6. Wi-Fi dan Bluetooth terhubung di Pusat Kontrol


Anda selalu dapat mengetuk ikon Wi-Fi atau Bluetooth di Pusat Kontrol untuk menghidupkan atau mematikannya, tetapi jika Anda ingin menyambungkan ke hotspot Wi-Fi atau perangkat Bluetooth yang berbeda, itu pergi ke menu Pengaturan dengan Anda.

Sekarang tidak lagi! Setelah memperluas bagian koneksi Control Center, cukup 3D Touch atau tekan lama tombol Wi-Fi atau Bluetooth untuk mengubah koneksi Anda dengan cepat.

7. Anda dapat mengunduh aplikasi besar melalui seluler


Jika Anda ingin mengunduh aplikasi yang sangat besar ketika tidak terhubung ke Wi-Fi, iOS akan memunculkan pesan yang memberitahu Anda bahwa aplikasi tersebut tidak akan mengunduh hingga Anda terhubung ke Wi-Fi.

Dengan iOS 13, Anda benar-benar dapat menguji paket data tak terbatas Anda dengan unduhan multi-gigabyte. Tampilan baru muncul untuk aplikasi lebih dari 200MB memungkinkan Anda untuk mengunduh nanti melalui Wi-Fi atau langsung melalui seluler.

Di Pengaturan > iTunes & App Store , Anda dapat mengatur iOS untuk selalu mengizinkan unduhan aplikasi melalui seluler, tanyakan hanya ketika lebih dari 200MB, atau selalu tanyakan.

8. Memindai dokumen langsung ke aplikasi File


Aplikasi Files lebih baik dalam banyak cara di iOS 13, tetapi salah satu favorit kami adalah kemampuan untuk memindai dokumen ke PDF secara langsung ke lokasi mana pun di Files.

Sebelumnya, Anda harus melalui sedikit pengaturan di aplikasi Notes untuk memindai dokumen, menyimpannya sebagai PDF, dan membagikannya ke tempat Anda ingin menyimpannya. 

Sekarang aplikasi Files memberi Anda akses ke lokasi mana pun, dari penyimpanan iPhone / iPad lokal, folder bersama, Drive iCloud, bahkan drive jaringan.

Di sembarang lokasi File, seret sedikit ke bawah untuk menampilkan opsi tampilan (pengurutan dan gaya tampilan). Ketuk tombol (...) di sebelah kiri, dan Anda mendapatkan opsi untuk membuat folder baru, memindai dokumen, atau terhubung ke server. 

Abadikan formulir atau tanda terima penting itu sebagai PDF, langsung ke folder cloud yang Anda inginkan, dan jangan pernah tanpa salinan dokumen penting Anda!

9. Sentuhan Haptic yang Diperluas


Di iOS 13, Haptic Touch berfungsi hampir di semua tempat 3D Touch bekerja. Cukup tekan agak lama pada ikon aplikasi untuk mendapatkan tindakan cepatnya (pastikan untuk melepaskannya sebelum ikon memasuki kondisi pengaturan ulang yang cepat). Dan dengan iOS 13, iPad juga mendapatkan Haptic Touch untuk pertama kalinya.

10. Ubah lokasi pengunduhan Safari default


Pengelola unduhan baru di Safari membuatnya lebih seperti browser desktop. Secara default, peramban mengunduh file ke folder Unduhan pada drive iCloud Anda, tetapi Anda dapat mengubah lokasi default menjadi apa pun yang Anda inginkan, bahkan penyimpanan lokal ponsel Anda.

Cukup buka Pengaturan > Safari dan lihat di bawah tajuk Umum . Anda akan melihat opsi Unduhan, yang memungkinkan Anda memilih folder yang tepat untuk mengunduh file melalui Safari.

11. Gesture shortcut bar (ketukan tiga jari)


Gerakan "goyang untuk membatalkan" tidak intuitif untuk banyak pengguna iPhone dan iPad, sehingga Apple telah menambahkan beberapa gerakan gesek tiga jari tambahan untuk memotong, menyalin, menempel, membatalkan, dan mengulang.

Tetapi jika Anda bukan penggemar gerakan menggesek, cukup ketuk dan tahan selama satu detik dengan tiga jari, di mana saja di layar. Anda akan mendapatkan bilah edit kecil yang bagus dengan tombol untuk membatalkan, mengulang, memotong, menyalin, dan menempel.

12. Simpan tangkapan layar langsung ke File


Setelah mengambil tangkapan layar (screenshot), ketuk pratinjau kecil untuk mengeditnya di Markup, dan kemudian ketuk Selesai, Anda akan melihat opsi baru.

Selain opsi Simpan ke Foto dan Hapus Tangkapan Layar, Anda sekarang akan melihat opsi ketiga untuk Simpan ke File. Sekarang Anda dapat langsung menyimpan tangkapan layar ke penyimpanan lokal atau folder iCloud atau folder jaringan atau lokasi File lainnya, tanpa melompat ke aplikasi Foto, berbagi tangkapan layar, lalu menghapusnya.

13. Cubit untuk memperbesar memo suara


Jika Anda pengguna Memo Suara, Anda mungkin ingin sedikit lebih banyak kontrol memangkas atau mengeditnya. Sekarang, ketika Anda dalam mode Edit, Anda dapat mencubit untuk memperbesar bentuk gelombang, memberi Anda kontrol yang lebih baik dan membuatnya lebih mudah untuk digunakan melalui rekaman yang sangat panjang.

14. Pengisian baterai yang dioptimalkan


Lihatlah di Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Jika Anda menjalankan iOS 13, Anda akan melihat pilihan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan baru .

Jika fitur ini diaktifkan, iPhone Anda akan belajar kapan Anda biasanya mengisi daya ponsel Anda, dan seberapa banyak Anda menggunakannya. Ini akan menggunakan informasi itu untuk menghentikan pengisian daya ponsel Anda pada 80% jika Anda tidak membutuhkannya.

Misalnya, jika Anda selalu mengisi daya ponsel dalam semalam, mulai sekitar jam 10 malam, dan Anda kebetulan menghubungkan ponsel Anda pada jam 7 malam, itu mungkin berhenti pada 80%, karena Anda tahu Anda tidak akan menghabiskan lebih dari biaya sebanyak itu sebelum menghubungkannya. masuk lagi beberapa jam kemudian.

Dengan menghindari pengisian penuh saat tidak diperlukan, baterai iPhone Anda dapat mempertahankan lebih dari kapasitas maksimumnya. Sehingga walau iPhone Anda berusia tiga tahun, ia masih akan mengisi daya baterai dengan kemampuan hampir sama dengan pengisian saat beli baru.

15. Buat Memoji di Kontak


Di iOS 12, Anda terlebih dahulu harus membuka pesan baru di Messages dan kemudian ketuk aplikasi Animoji / Memoji Messages.

Di iOS 13, ada cara lain. Di Kontak, ketika Anda Edit kontak dan kemudian Edit potret untuk orang itu, Anda diberikan pilihan untuk menggunakan Animoji atau Memoji, termasuk kemampuan untuk membuat yang baru. Ini berfungsi baik untuk kontak Anda sendiri atau kontak lainnya.

16. Peringatan berlangganan aktif


Jika Anda menghapus aplikasi di iOS 13, dan aplikasi itu memiliki langganan aktif (melalui Apple melalui pembelian dalam aplikasi, bukan langganan yang Anda buat di tempat lain di web), Anda akan mendapatkan peringatan bila aplikasi tersebut akan dihapus.

17. Hapus aplikasi dari layar pembaruan


Menghapus aplikasi sedikit lebih nyaman di iOS 13. Cara biasa masih bekerja, tetapi ada cara baru yang mungkin sedikit menghemat waktu. Ketika Anda membuka App Store, Anda akan melihat pembaruan aplikasi telah pindah ke akun Anda.

Jika Anda melihat aplikasi di daftar itu dan ingin menghapusnya, cukup seret aplikasi ke kiri dan Anda akan melihat opsi untuk memberikannya boot. Ini berfungsi untuk aplikasi apa pun dalam daftar, apakah ada pembaruan yang tertunda atau tidak.

Demikian beberapa fitur tersembunyi di iOS 13 yang jarang diketahui. Semoga setelah ini Anda jadi dapat memanfaatkan fitur-fitur kecil tersebut untuk membantu kinerja iPhone atau iPad agar lebih baik lagi.

Manfaatkan hal kecil untuk mempermudah melakukan hal yang lebih besar. Jangan menyia-nyiakan fitur kecil di iOS 13 agar fitur besar dan fitur utama ikut terbantu dalam hal pengoperasian.

Post a Comment