Cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone dan Android (nydailynews.com)

Dalam hati ingin menghapus foto yang tidak penting, tapi malah menghapus foto-foto pribadi. Masalah seperti ini sering kali muncul tanpa disengaja, baik di iPhone atau smartphone Android. Lantas, bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone dan Android?

Ya, terkadang kita semua terlalu bersemangat untuk menghapus gambar dan secara tidak sengaja telah menghapus gambar yang sempurna ke Instagram atau bahkan lebih buruk lagi, yaitu secara tidak sengaja telah menghapus seluruh album foto liburan.

Untungnya, berkat adanya teknologi selalu ada cara untuk memulihkan barang yang hilang. Apple membuat pemulihan foto mudah dengan iOS 8, tetapi ketika tiba saatnya memulihkan foto yang dihapus dari ponsel Android dan kartu memori, Anda memerlukan sedikit bantuan dari aplikasi pihak ketiga. 

Apakah Anda menggunakan iPhone atau ponsel Android, panduan ini akan membantu Anda mengembalikan foto yang terhapus dari perangkat iPhone dan Android.

Cara mengembalikan foto terhapus di iPhone


Kalau pakai iPhone, Anda tidak perlu khawatir karena Apple membuatnya sangat mudah untuk memulihkan foto yang terhapus di OS terbarunya. 

Cara melakukannya seperti ini: 


  1. Akses Aplikasi Foto Anda dan masuk ke album Anda. 
  2. Gulir ke bawah dan ketuk "Recently Deleted". 
  3. Dalam folder foto itu Anda akan menemukan semua foto yang telah Anda hapus dalam 30 hari terakhir. 
  4. Untuk memulihkan Anda cukup tekan foto yang Anda inginkan dan tekan "Recover". 
  5. Anda juga dapat menekan "Delete" untuk menghapus foto itu secara permanen. 


Catatan: Jika ada gambar yang Anda cari yang lebih lama dari 30 hari maka Anda harus mengembalikan ponsel Anda menggunakan cadangan yang disimpan di iTunes atau menggunakan aplikasi pemulihan foto pihak ketiga.

Cara mengembalikan foto terhapus di smartphone Android


Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, bahwa Android tidak mempunyai fitur untuk mengembalikan foto terhapus sama seperti fitur di iPhone. Namun, pengguna Android memakai aplikasi pihak ketiga, seperti DiskDigger di Google Play Store.

Cara mengembalikan fotonya seperti ini: 


  1. Akses Google Play store Anda dan cari DiskDigger lalu unduh dan instal aplikasi. 
  2. Buka aplikasi DiskDigger dan ketuk "Refresh List" untuk mengisi layar. Setelah layar diisi, pilih folder "System". 
  3. Kalau sudah pilih folder, ketuk "Scan Device" dan layar akan memunculkan dengan daftar file yang baru terhapus. 
  4. Ketika Anda melihat foto yang ingin Anda pulihkan, cukup pilih dan tekan simpan. 
  5. Aplikasi kemudian akan menanyakan di mana Anda ingin menyimpan foto dan setelah Anda memilih tujuannya, foto Anda akan muncul kembali di kartu memori atau sistem telepon Anda.


Cara mengembalikan foto yang terhapus dengan software di laptop atau komputer PC


Jika Anda masih tidak dapat menemukan foto yang terhapus dengan menggunakan aplikasi Android, Anda juga dapat mencoba aplikasi desktop seperti Kvisoft Data Recovery. Software ini memindai dan menemukan file yang hilang di perangkat Android Anda. 

Namun, jika Anda ingin mengambil file yang terhapus, Anda harus membeli upgrade seharga $ 70 atau sekitar Rp 1 jutaan. 

Begini cara menggunakan software Kvisoft Data Recovery: 


  1. Anda harus mengaktifkan USB debugging pada ponsel Anda, yang dapat Anda lakukan dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Pengembang > kemudian pilih "USB debugging." 
  2. Sementara Anda melakukan itu pastikan bahwa Anda telah membuka Kvisoft Data Recovery.
  3. Setelah Anda mengaktifkan USB debugging dan program sedang berjalan, lanjutkan dan hubungkan telepon Anda ke komputer Anda menggunakan kabel USB dan pilih Multimedia / Mobile Device dari layar utama program. 
  4. Selanjutnya klik Multimedia / Perangkat Seluler, cari perangkat Anda berdasarkan nama atau ukuran kapasitas dan tekan start. 
  5. Program ini kemudian akan memindai seluruh perangkat Android dan menyusun daftar file untuk Anda telusuri. Setelah Anda memilih file yang ingin Anda pulihkan, Anda dapat mengklik "Recovery" dan menetapkan di mana Anda ingin file-file itu disimpan.


Cara mengembalikan foto yang terhapus gratis


Apabila Anda tidak ingin software berbayar, Anda bisa menggunakan software Wondershare's Dr. Fone untuk Android. Software ini hanya tersedia untuk PC, komputer, dan laptop.

Cara menggunakan Wondershare's Dr. Fone for Android:


  1. Hubungkan perangkat Anda ke komputer dan jalankan software Wondershare's Dr. Fone. 
  2. Anda kemudian harus mengidentifikasi perangkat Anda dan setelah itu Anda dapat menekan "Start." 
  3. Software ini kemudian akan memindai seluruh perangkat untuk data yang hilang dan menunjukkannya kepada Anda dalam thumbnail terorganisir. 
  4. Setelah Anda memilih foto mana yang ingin Anda pulihkan, Anda dapat menekan "Recover" dan menetapkan di mana Anda ingin menyimpan foto-foto yang terhapus tanpa disengaja.


Demikian cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone dan Android secara gratis seperti yang disampaikan oleh Nydailynews.com. Anda tidak perlu panik kehilangan foto penting, karena semuanya masih bisa dikembalikan seperti sedia kala.

Post a Comment