Sayembara Tangkap Hacker (securitysales.com)


Teknolagi.net - Pemerintah AS memberikan hadiah kepada siapa saja yang dapat memberikan informasi akurat tentang keberadaan kelompok hacker ini. Hadiah uang yang diusulkan adalah  10 juta USD, atau sekitar  Rp 143 miliar. 
 
Seperti dilansir BBC, pada bulan Mei, kelompok peretas bernama DarkSide menggunakan ransomware untuk menyerang sistem saluran bahan bakar penting di lepas pantai timur Amerika Serikat. 

Serangan itu menyebabkan kekurangan bahan bakar karena Pipa Kolonial harus ditutup selama beberapa hari. Akhirnya, mereka setuju untuk mengabulkan keinginan peretas dan membayar uang tebusan sebesar $4,4 juta. 
 
Pemerintah AS mengumumkan di Twitter bahwa hadiah hingga $10 juta diberikan untuk "informasi tentang operasi siber berbahaya yang menyerang infrastruktur penting AS." 


Memulai dengan DarkSide sangat sulit untuk ditangani. Menurut analisis ahli, kelompok peretas memperoleh setidaknya $90 juta dari 47 korban. Namun, sebagian uang yang dibayarkan dalam bitcoin pipa telah berhasil ditarik oleh pemerintah AS. 

Hadiah $ 10 juta adalah informasi terbesar yang pernah ada tentang peretas penjahat dunia maya. Sebelumnya, hadiah utama untuk  bos hacker bernama Evgeny Bogachev adalah $3 juta. 
 
DarkSide sendiri diduga berbasis di Rusia, seperti juga beberapa peretas lain yang mengikuti tindakan yang sama. Sangat sulit untuk menangkap mereka karena pemerintah Rusia terkadang tidak memperhatikan permintaan penangkapan dari negara-negara Barat. 

"Mereka  hidup bebas di Rusia dan dilindungi dari kemungkinan penangkapan oleh polisi setempat, yang umumnya mengabaikan tuduhan Barat tentang peretas Rusia," kata BBC.

Kesimpulan


Sebaiknya pikirkan lagi bila Anda ingin membocorkan keberadaan hacker tersebut. Sepak terjangnya sangat berbahaya. Hadiahnya besar tapi keselamatan Anda dan keluarga taruhannya.

Namun, untuk menjunjung tinggi kebaikan bersama, Anda bisa memberikan info tentang hacker DarkSide. Hadiah besar menanti, tapi Anda harus selalu berhati-hati.

Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment