Foto yang Wajib Disimpan di HP (indiefolio.com)


Teknolagi.net - Ada baiknya Anda menyimpan beberapa foto di Galeri HP. Jadi tidak hanya menyimpan foto selfie, foto makanan atau meme, tapi juga beberapa foto lain yang penting.

Foto itu nantinya harus bisa digunakan untuk sesuatu hal yang penting dan mendesak. Misalnya untuk pembuktian atau untuk melengkapi persyaratan tertentu.

Oleh karena itu, menyimpan foto-foto tersebut wajib hukumnya. Kalau galeri dipenuhi foto selfie, nanti bila ada kondisi mendesak, Anda tidak akan bisa berbuat banyak.

Foto yang Wajib di Simpan di HP


1. Sertifikat Vaksin 

 
Sederhana. Anda dapat dengan mudah  terhubung ke aplikasi PeduliLindungi untuk memeriksa sertifikat antivirus Anda. Tapi bagaimana jika internet mati? Simpan foto atau PDF sertifikat vaksin Anda untuk berjaga-jaga. 

2. Tanda Pengenal, Surat Izin Mengemudi atau Tanda Pengenal Lainnya 

 
Membawa kartu identitas, SIM atau dokumen identitas penting lainnya sangat wajib dibawa ke mana pun Anda bepergian. Namun, Anda harus menyimpan foto ID Anda jika Anda kehilangannya.

Jika seseorang mencuri ponsel Anda, Anda harus menyimpan gambar itu sebagai kata sandi agar aman dan tidak digunakan oleh penyusup. 

Baca juga: 

 

3. Plat Nomor dan Kartu Asuransi 

 
Jika Anda lupa, fotolah plat nomor dan kendaraan yang Anda miliki beserta kartu asuransi Anda. Ini akan sangat membantu polisi untuk menemukan mobil Anda jika dicuri. 
 

4. Asuransi Kesehatan 


Sudah banyak catatan asuransi kesehatan elektronik. Simpan gambar asuransi dan klik "Favorit". Apalagi sekarang, Anda tidak perlu membawa dompet jika memiliki ponsel. Jika diperlukan dalam keadaan darurat, Anda dapat menggunakan foto untuk mengurus persyaratan tertentu.

5. Foto Rental Mobil 

 
Saat bepergian ke suatu daerah, ada kalanya Anda terpaksa harus menyewa mobil atau kendaraan lain. Foto mobil sewaan sebelum digunakan lengkap dengan odometer. 

Jadi, jika pemilik meminta Anda untuk membayar baret lama, Anda dapat memberikan bukti jika tidak pernah menabrakkan mobil tersebut.

6. Sewa Property


Foto kondisi apartemen atau kontrakan yang sedang disewakan kepada orang lain. Tujuannya agar  penyewa bertanggung jawab jika apartemen atau kontrakan yang disewakan dikembalikan dalam kondisi rusak parah. 
 

7. Foto Keluarga 

 
Kalau foto keluarga tentu sudah banyak disimpan di HP. Ternyata foto ini juga penting karena ada kejadian penculikan anak yang pelakunya berpura-pura sebagai orangtua. 
 
Kemudian seolah-olah dia adalah korban dan menuduh orangtua yang asli sebagai penculik. Penculikan ini dilakukan berkelompok, sehingga banyak orang yang membantu pelaku dan menyudutkan orangtua yang asli. 
 
Kalau ada foto keluarga bersama tentu mereka bisa dibungkam. Sehingga penculikan tersebut tidak akan bisa terjadi. 

Kesimpulan


Demikian beberapa foto yang wajib disimpan di HP. Ingat sekarang mengurus identitas yang hilang sangat merepotkan. Lebih baik difoto identitasnya biar pihak kepolisian bisa langsung mengurusnya.

Anda tidak perlu membuat laporan kehilangan ke berbagai instansi karena sudah ada bukti bahwa identitas yang hilang adalah milik Anda. Ini untuk memperkuat bila nanti ada yang mengaku-aku sebagai Anda 

Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment