Alasan Swipe Up Instagram Diganti Link Stiker (freepik.com)



Teknolagi.net - Agustus lalu, Instagram resmi mengubah cara memasukkan tautan ke Instagram Stories, dari awalnya menggunakan fitur "swipe up" menjadi "stiker tautan". 

Pengguna Instagram yang  terbiasa menggesek mungkin bertanya-tanya mengapa Instagram menghapus fitur ini dari IG Stories dan  menggantinya dengan stiker dengan tautan, alias tautan ke situs web lain. 
  
CEO Instagram Adam Mosseri memposting video pendek di akun Instagram-nya dengan nama @mosseri untuk menjawab pertanyaan pengguna dan menjelaskan alasan  keputusan tersebut. 

Alasan Swipe Up Diganti Link Sticker


1. Agar Pengguna Bisa Balas IG Stories


Menurut Mosseri, alasan pertama untuk mengubah mekanisme swipe-up untuk stiker tautan adalah karena pengguna terus berinteraksi dengan IG Stories yang disematkan di tautan. 
 
Mosseri menjelaskan bahwa dengan menggunakan fitur gesek ke atas, ketika tautan disematkan, pengguna dapat mengaksesnya dengan menggeser layar ke atas dan kemudian diarahkan ke situs yang ditunjuk tautan tersebut. 
 
Cara swipe up ini menyebabkan pengguna kehilangan kemampuan dan pengalaman untuk merespon atau bereaksi terhadap postingan IG Stories. 

Dengan Stiker Link, followers tetap bisa merespon unggahan Instagram Stories dengan berkomentar melalui pesan langsung (DM) atau reaksi emoticon. 
  
Mosseri mengatakan dalam sebuah posting video ke akun @mosseri-nya, "Kami ingin melanjutkan keterlibatan bermakna kami dengan IG Stories (dengan tautan ke stiker)." 

Baca juga:

2. Link Stiker Lebih Kreatif


Alasan kedua untuk mengubah gesek ke atas pada stiker tautan adalah untuk memberi pengguna lebih banyak kontrol. 

Stiker tautan ini juga memberi Anda kontrol  lebih kreatif atas Cerita IG Anda. “Tujuan utama kami adalah memberi Anda kendali kreatif atas konten Anda,” kata Mosseri. 

3. Stiker Model Kekinian

 
Alasan ketiga adalah model stiker merupakan model yang menurut kami paling sesuai dengan perkembangan Instagram saat ini. 
  
Mosseri sendiri mengatakan bahwa IG Stories kini menjadi sarana utama bagi pengguna untuk membagikan karya mereka di Instagram daripada melalui saluran utama  seperti sebelumnya. 

"Jadi stiker lebih sesuai dengan cara kerja Instagram pada umumnya." kata Mosseri seperti yang disadur dari KompasTekno, Sabtu (10/06/2021). 

Alasan Swipe Up Instagram Diganti Link Stiker (pinterest.com)
Alasan Swipe Up Instagram Diganti Link Stiker (pinterest.com)



Link Stiker Diberikan ke Semua Pengguna

 
Tautan stiker ini tersedia untuk semua pengguna Instagram tanpa minimum jumlah pengikut. 
 
Dulu hanya tersedia untuk pengguna Instagram dengan pengikut lebih dari 10.000, jadi fitur "geser ke atas" yang memungkinkan orang untuk menautkan tautan di Instagram Stories sangat eksklusif. 

Karena jumlah pelanggan minimum, fitur geser ke atas biasanya hanya tersedia untuk influencer, pengguna  bisnis, atau akun  terverifikasi. 
 
Ketika gesek ke atas diganti dengan stiker tautan pada 30 Agustus, aturannya tetap sama. Stiker tautan hanya tersedia untuk pengguna dengan  10.000 pelanggan atau lebih. 

Kabar baiknya adalah pada akhir Oktober tahun lalu, Instagram memutuskan untuk menawarkan fitur stiker tautan. Fitur ini sekarang tersedia untuk semua pengguna Instagram tanpa  jumlah minimum pengikut. 
 
“Untuk menjadi platform yang mengurangi ketidaksetaraan, itu harus adil, terutama dengan fitur-fitur canggih seperti tautan lengket ini,” tutup Mosseri.

Kesimpulan


Demikian alasan kenapa fitur link di Instagram Story diganti dari Swipe Up ke Link Sticker. Anda tentu memahami bahwa sebenarnya alasannya agar pengguna masih bisa membalas story tersebut.

Kalau fitur swipe up, pengguna tidak bisa membalas pesan tersebut. Pasalnya, follower cuma bisa langsung usap layar ke atas dan lihat situs link tersebut.

Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment