Cara Blur Rumah di Google Street View (reddit.com)


Teknolagi.net - Baru-baru ini, seorang warga Tangerang memprotes Google karena tidak ingin rumahnya difoto dan dipajang di Google Street View. Untuk privasi dan alasan lainnya, rumah yang sudah ditampilkan di Google Street View dapat dengan mudah disembunyikan atau diblur. 


Google Street View agak kontroversial sejak diluncurkan pada 2007. Layanan ini dapat digunakan untuk menelusuri lokasi lain secara virtual, tetapi membawa risiko privasi yang signifikan. 


Pada tahun 2008, North Oaks, Minnesota, AS memutuskan untuk tidak menampilkan foto area tersebut di layanan Google. Berpikir bahwa Google telah masuk tanpa izin di wilayahnya, foto-foto yang diambilnya segera dihapus. 

 

Google Street View memiliki teknologi yang secara otomatis memburamkan wajah dan plat nomor mobil. Namun, memburamkan rumah atau apartemen di Google Street View masih membutuhkan proses manual. 

Baca juga:


Ada beberapa alasan seseorang mungkin ingin rumahnya tidak terlihat di Google Street View. Misalnya, menghindari penguntit, mencoba mencegah orang asing mengintip ke rumah Anda, atau sekadar melindungi privasi Anda. 


Cara menyembunyikan rumah dari Google Street View dengan alasan apa pun seperti dikutip  Mashable, Selasa 26 Oktober 2021. 

Cara Blur Rumah di Google Street View

 

  1. Buka Google Maps dan masukkan alamat rumah Anda. 
  2. Masuk ke Street View dengan mengklik ikon orang kuning  di sudut kanan bawah layar dan menyeretnya dari peta ke jalan di depan rumah Anda. 
  3. Saat Anda menemukan rumah Anda di Street View, klik Laporkan Masalah di sudut kanan bawah layar. 
  4. Pindah ke halaman berikutnya dan menandai rumah dengan batas merah. Pastikan hanya rumah  yang terdaftar di dalam kotak. 
  5. Di bawah, Google bertanya mengapa foto itu kabur. 
  6. Tujuan saya adalah untuk mengaburkan gambar rumah, jadi saya memilih opsi Rumah Saya. 
  7. Isi kolom yang menjelaskan  mengapa Anda ingin memburamkan foto. Masukkan alamat email 
  8. Anda dan klik Kirim untuk mendaftarkan permintaan Anda ke Google. 
  9. Saat Anda mengajukan permintaan untuk memburamkan foto rumah Anda, Anda akan menerima email yang menjelaskan bahwa Google sedang meninjau foto yang diklaim dan akan mengirimkan email tanggapan saat permintaan Anda selesai. 
  10. Google akan meminta klarifikasi lebih lanjut melalui email dan mengklarifikasi area yang ingin Anda buramkan. 
  11. Dalam hal ini, Anda harus mengulangi seluruh proses lagi dan menjelaskan area spesifik yang ingin Anda buramkan sedetail mungkin. Penting untuk dicatat bahwa foto buram rumah di Google Street View tidak dapat dikembalikan ke keadaan semula atau sifatnya permanen. Jadi, pastikan untuk memeriksa sebelum meminta Google untuk menyembunyikan foto Street View Anda dan pastikan Anda tidak memburamkan rumah orang lain karena alasan lucu-lucuan.


Tentang Pemburaman Google Street View


Google melakukan sejumlah langkah untuk melindungi privasi individu ketika citra Street View dipublikasikan ke Google Maps.


Google juga telah mengembangkan teknologi pemburaman wajah dan pelat nomor paling mutakhir, yang dirancang untuk memburamkan wajah dan pelat nomor yang dapat diidentifikasi pada citra kontribusi Google di Street View. 


Jika Anda melihat wajah atau pelat nomor yang perlu diburamkan lagi, atau ingin agar Google memburamkan seluruh rumah, mobil, atau tubuh Anda, kirim permintaan menggunakan alat "Laporkan masalah".


Kesimpulan


Cara memburamkan rumah di Google View ini bukan untuk main-main ya. Sebab, kalau sudah mengajukan permohonan dan disetujui, maka rumah Anda akan buram selamanya dan tidak bisa ditampilkan lagi.


Jadi pikir-pikir dulu sebelum melakukan pemburaman rumah di Google Map. Oh iya, kalau alasannya untuk privasi, pasti Google akan mengizinkan Anda dan menerima pengajuan untuk memburamkan rumah di Google Street View.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment