Cara Membuat HP Tidak Lemot (teknolagi.net)


Teknolagi.net - Smartphone Android sekarang mempunyai kecepatan yang tinggi. Berbeda dengan HP Android yang dibeli beberapa tahun lalu. Pastinya spesifikasi smartphone tersebut sudah berbeda jauh. 


HP versi lama cenderung lebih lemot bila digunakan di zaman sekarang. Ini karena kebutuhan aplikasi dan game sudah sangat tinggi. Sehingga kalau software dan hardware masih berteknologi lama, tentu akan kewalahan.


Meski begitu, Anda tidak perlu cemas. Sebab, tanpa membeli HP baru, Anda sudah bisa membuat HP tidak lemot dengan sebuah fitur di Android, namanya widget.


Sebelumnya akan kami ceritakan apa saja yang menyebabkan HP lemot. Dengan begitu, nanti kalian bisa dengan mudah memecahkan masalah HP lemot.

Baca juga: 3 Cara Bersihkan Cache Smartphone Android Agar Tidak Lemot


Penyebab HP Android Lemot


Sudah pasti HP lemot karena kapasitas RAM yang kecil. Sekarang minimal RAM yang lancar digunakan adalah 4GB. Apabila Anda masih menggunakan RAM 1-2 GB, pastinya terasa lemot dan berat.


Kemudian penyebab lainnya adalah Anda kebanyakan menginstal aplikasi dan game. Aplikasi saja sudah berat, apabila ditambah game yang berat, kinerja smartphone akan bertambah lemot.


Oleh karena itu, instal aplikasi yang penting saja. Aplikasi yang dibutuhkan untuk harian diinstal, sementara aplikasi yang tidak terlalu penting bisa di uninstal dulu.


Selain itu, HP lemot bisa karena cache aplikasi menumpuk. Sampah file juga banyak, sehingga smartphone jadi lambat.

Baca juga: 5 Aplikasi Untuk Membersihkan Cache di Android agar Tidak Lemot


Cara Membuat HP Android Tidak Lemot


1. Hapus Aplikasi Tidak Penting


Seleksi aplikasi apa saja yang penting dan tidak penting. Aplikasi yang tidak penting uninstal dan aplikasi penting pertahankan.


2. Hapus Cache File di Cleaner


Sebagian smartphone mempunyai aplikasi cleaner. Fungsinya untuk menghapus file yang terlalu besar, file yang jarang digunakan, hingga cache file.


Pakai aplikasi cleaner untuk membuat memori cukup lega. Sehingga kinerja smartphone menjadi lebih baik.


3. Nonaktifkan Aplikasi Menyala Otomatis


Di sistem Android terbaru, kita bisa mengatur aplikasi apa saja yang bisa aktif secara otomatis. Dengan begitu, kinerja smartphone menjadi lebih ringan.


Kalau semua aplikasi aktif bersamaan, pastinya smartphone jadi lemot. Coba aktifkan aplikasi yang penting saja. Sedangkan aplikasi yang kurang begitu penting bisa dinonaktifkan.


Begitu juga dengan game. Aktifkan game saat akan main saja. Banyak game yang tetap berjalan di latar belakang setelah selesai digunakan. Jadi setelah main game, coba pastikan dia tidak berjalan di background.


4. Aktifkan Widget


HP Android mempunyai sebuah widget bawaan yang menarik. Widget ini sebenarnya milik aplikasi Cleaner.


Saran kami aktifkan widget Cleaner tersebut. Begitu selesai menggunakan HP, tekan widget tadi. Nanti segala aplikasi yang berjalan di background akan berhenti.


Sehingga performa HP tidak lemot. Namun, kalau Anda masih menjalankan aplikasi yang penting, sebaiknya jangan ditekan dulu. Soalnya, nanti segala aktivitas akan dihapus di latar belakang. Mungkin hasil editan kalian juga hilang.


5. Pakai MicroSD


Penggunaan microSD cukup membantu karena memori internal jadi lebih lega. Hasil foto atau video bisa disimpan di microSD. Sementara memori internal untuk penyimpanan sistem Android saja.


Kesimpulan


Demikian beberapa cara membuat HP Android tidak lemot. Cara ini bisa dicoba di berbagai smartphone Android. Bahkan, kalau kalian menggunakan HP kentang sekalipun, Anda juga bisa mencobanya.


Yang perlu digarisbawahi adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang jangan terlalu banyak. Hapus aplikasi yang tidak penting. Hapus cache file dan file yang memberatkan sistem.


Kalau perlu file besar segera dipindah ke laptop atau PC. Sehingga kinerja HP lebih ringan. Jangan membuat HP lebih lemot karena banyak menyimpan file atau aplikasi dan game yang tidak berguna.



Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.


Post a Comment