TikTok Masuk FYP (moderneast.com)


Teknolagi.net - Saat ini banyak orang berlomba-lomba agar konten video TikTok miliknya bisa masuk FYP atau For Your Page. Jadi, di hashtag FYP ini merupakan video atau konten trending dan viral di TikTok.


Tidak semua pengguna bisa masuk ke FYP TikTok. Diperlukan konten berkualitas dan video news yang trending agar cepat viral di FYP. Memang sulit-sulit gampang bisa muncul di FYP.


Soalnya, rekomendasi FYP TikTok berbeda-beda, tergantung dari interest pengguna. Misalnya, Anda lebih suka nonton cewek-cewek goyang, maka FYP Anda isinya tentang cewek-cewek tersebut.


Berbeda bila Anda suka lihat orang masak, maka FYP yang direkomendasikan TikTok tentang akun yang suka masak atau kuliner. Fitur ini sama seperti Explore di Instagram.


Kelebihan Video TikTok Masuk FYP


  1. Follower Anda cepat bertambah.
  2. Konten cepat viral dan trending.
  3. Banyak pengunjung yang love, comment, dan share.
  4. Konten dilihat banyak orang dari berbagai belahan dunia.
  5. Membuat konten yang lain ikut trending.
  6. Video TikTok selalu muncul di beranda.
  7. Bisa viral di berbagai media sosial, seperti Instagram, Twitter, YouTube, dan Facebook.


Cara Masuk FYP TikTok


Lalu, bagaimana agar video konten kita masuk FYP atau beranda TikTok? Nah, ini perlu uji coba dan kerja keras karena tidak mudah muncul di FYP.

TikTok Challenge Biar Masuk FYP (youtube.com)
TikTok Challenge Biar Masuk FYP (youtube.com)



1. Selalu Ikut Trend dan Challenge


TikTok selalu menyelenggarakan Trend dan Challenge yang berganti-ganti setiap minggunya. Anda harus ikut Trend dan Challenge tersebut dengan konten berkualitas.


Usahakan video Anda lebih menarik dari kompetitor lain. Jangan meniru atau sekadar ikut-ikutan saja, tapi buat sesuatu yang berbeda sehingga konten Anda terlihat lebih menonjol di antara yang lain.

Baca juga: Cara Buat Video TikTok Wajah Jelek Jadi Cantik


2. Konten Original dan Engagement Tinggi


Untuk masuk FYP, konten harus original buatan Anda sendiri atau tim. Buatlah video agar mempunyai engagement tinggi. 


Buat konten dengan editan lain daripada yang lain. Setidaknya editan tersebut tidak bisa ditiru sembarangan orang. 


3. Video Ciri Khas Anda


Setiap video yang Anda upload di TikTok harus memiliki ciri khas tertentu. Sehingga orang-orang mengetahui bahwa ini pasti konten si A tanpa harus melihat nama akunnya.


Contoh sederhana, Anda selalu tampil bergaya modis tapi dengan barang-barang bekas di rumah. Mungkin Anda juga selalu mengajarkan bahwa barang bekas masih bisa dipakai kembali dan didaur ulang.


4. Video Durasi Pendek


Agar masuk FYP, videonya berdurasi pendek saja, antara 9 detik sampai 15 detik. Kalau kontennya panjang, bisa memakai durasi 60 detik.


Nah, karena kontennya dibatasi sangat cepat, Anda harus bisa memasukkan segalanya dalam waktu yang singkat.

Baca juga: Cara Edit Foto Jadi Kartun Anime di TikTok


5. Kolaborasi dengan Kreator Lain


Banyak yang sudah mencoba duet atau kolaborasi dengan kreator lain, ternyata engagement sangat tinggi. Ini bisa sangat membantu untuk masuk FYP dengan cepat.


Pilih kreator lain tidak boleh sembarangan. Kalau bisa pilih akun TikTok yang sudah mempunyai follower lebih banyak dari Anda. Hal ini untuk menaikkan views konten Anda dan siapa tahu follower Anda ikut bertambah.


6. Lagu atau Musik yang Populer di TikTok


Selalu update lagu atau musik apa saja yang sedang populer. Setelah mengetahuinya, pastikan Anda membuat konten dengan musik tersebut. 


Jangan menunggu terlalu lama, karena waktu juga ikut berperan di sini. Semakin cepat Anda membuat konten, maka konten Anda akan mudah masuk FYP.

Agar Masuk FYP TikTok (unifresher.co.uk)
Agar Masuk FYP TikTok (unifresher.co.uk)



7. Efek Populer di TikTok


Selain lagu, di TikTok ada efek yang populer atau sering dipakai banyak orang. Anda juga harus menggunakan efek tersebut lengkap dengan goyangannya.


Kalau efek yang sedang populer tarian ular, berarti Anda harus membuatnya juga. Meski Anda takut dengan ular atau geli melihat ular, lakukanlah demi konten masuk FYP.


8. Optimasi Penulisan Caption


Ibaratnya caption seperti judul suatu artikel. Banyak berita memakai judul yang bikin penasaran atau bisa juga click bait. Namun, dalam hal ini tidak perlu click bait, cukup bikin penasaran aja.


Selain itu, caption informatif juga penting. Soalnya, video tanpa info sama juga bohong. Video menunjukkan skill gerakan dan editing Anda, sementara caption untuk memperjelas konten Anda.

Baca juga: Cara Menghapus Watermark di Video Tik Tok Tanpa Aplikasi Tambahan


9. Hashtag Secukupnya dan Relevan


Jangan sembarangan memberikan hashtag pada video TikTok. Bukannya masuk FYP, Anda bisa kena shadowban. Sekarang banyak akun kena shadowban TikTok karena terlalu banyak menggunakan hashtag.


Semua hashtag viral disikat habis, padahal Anda bisa menggunakan hashtag yang penting-penting saja dan sesuai dengan konten tersebut.


Kalau bisa jumlah hashtag antara 3-5 saja. Lebih dari itu, sebenarnya tidak masalah, tapi bisa terkena shadowban. Jadi lebih baik berhati-hati daripada kena shadowban. 

Baca juga: 15 Cara Mengatasi Shadowban TikTok dan Penyebabnya


10. Follower Loyal Garis Keras


Anda bisa cepat masuk FYP kalau memiliki follower loyal garis keras. Artinya Anda sudah memiliki fans atau pendukung yang setia dengan konten-konten Anda.


Begitu Anda membuat konten, maka mereka akan segera memberikan love, komentar positif, dan share ke banyak orang.


Semakin banyak Anda memiliki follower seperti itu, maka Anda akan berpotensi lebih mudah masuk FYP. Akan lebih mudah lagi, bila Anda orang terkenal, publik figur, atau artis.


11. Upload Video TikTok di Jam Tertentu


Ada waktu-waktu tertentu di mana orang banyak mengakses aplikasi TikTok. Jadi, tidak sembarangan upload video pagi hari biar seharian ditonton orang.


Biasanya orang yang mengakses TikTok saat dia sedang istirahat atau rebahan. Kira-kira jam berapakah itu? Anda bisa menyesuaikan dari usia follower Anda.


Coba pantau sebagian follower Anda masih berusia berapa. Misal, follower kebanyakan orang kantoran, berarti konten Anda diminati oleh orang-orang yang kerja di kantor.


Posting atau upload video di jam-jam istirahat kerja. Contoh, jam 12.00 - 13.00 siang saat pekerja istirahat. Kemudian jam pulang kantor sekitar jam 16.00. Terakhir jam istirahat sebelum tidur, yaitu 19.00 - 23.00.


Saat-saat macet juga bagus untuk posting konten TikTok. Sebab, mereka yang naik kendaraan umum pastinya bosen menunggu lama, dan akhirnya buka aplikasi TikTok.

Baca juga: 15 Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus sampai Berhasil


12. Selalu Buat Konten Positif dan Menginspirasi


Dalam membuat konten trending dan viral, Anda harus menyajikan konten positif dan inspiratif. Jadi, tidak selalu tentang konten fulgar dan goyangan yang aduhai.


Ingat pengguna TikTok tidak semuanya cowok tapi ada juga cewek dan anak-anak. Pasar-pasar berbau fulgar biasanya disukai cowok dan anak-anak yang penasaran.


Sementara cewek sangat sedikit yang suka konten tersebut. Sehingga coba buat konten yang positif dan disukai semua kalangan. 


Contoh, buat konten tentang cara dapat uang online atau dari internet. Kalau masalah uang, tentu semua orang tertarik.


Kesimpulan


Demikian cara masuk FYP TikTok paling mudah dan cepat. Dengan begitu, konten Anda akan cepat trending dan viral. Tidak hanya di TikTok, konten Anda bisa dibagikan ke media sosial lain.


Semakin sering Anda viral, maka follower akan cepat bertambah, love banyak, dan komentar banyak juga. Yang penting jangan buat konten negatif, nanti video Anda banyak yang menghujat dan melaporkan akun Anda.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment