Cara Hapus File Foto dan Video di WhatsApp (marketnews27.com)


Teknolagi.net - Mengirim foto dan video di WhatsApp biasanya sangat sering dan menyimpan memori besar. Semakin banyak yang Anda dapatkan, semakin banyak ruang yang dibutuhkan di penyimpanan internal ponsel. Foto dan video biasanya berasal dari grup berbeda yang diikuti pengguna di WhatsApp. 

 

Sebagian besar file berasal dari grup yang sangat aktif. Anggotanya sibuk berbagi foto dan video. Jika Anda tidak mencentang kotak ini, memori akan habis dan akan lebih sulit ditemukan saat Anda membutuhkannya. Hanya ada satu solusi, silakan hapus. 

 

Pengguna WhatsApp dapat mengurangi penggunaan memori dengan berbagai cara, misalnya: WhatsApp memiliki fungsi yang lebih praktis yang dapat menghapus konten yang memakan memori dari manajemen memori smartphone. 

Baca juga: 3 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

 

Cara Cepat Hapus File Besar Foto dan Video di WhatsApp 

 

Untuk melakukannya, klik tombol vertikal dengan tiga titik di sudut kanan atas untuk membuka menu pengaturan di WhatsApp. Kemudian pilih Penyimpanan & Data > Kelola Penyimpanan. 

 

Setelah beberapa saat, semua file media yang disimpan di WhatsApp akan ditampilkan bersama dengan petunjuk ukuran file. Di bagian atas, Anda dapat melihat informasi tentang berapa banyak ruang penyimpanan yang telah digunakan (hijau) dan yang masih kosong (kuning). 

 

Di bawah ini adalah beberapa jenis file, diurutkan berdasarkan ukuran dari terbesar ke terkecil, termasuk file yang dikirim berkali-kali, file yang lebih besar dari 5 MB, dan riwayat obrolan. 

Cara Cepat Menghapus Foto Video WhatsApp dan Sortir File yang Besar Saja (whatsapp.com)
Cara Cepat Menghapus Foto Video WhatsApp dan Sortir File yang Besar Saja (whatsapp.com)


 

Kategori obrolan menunjukkan kontak mana yang paling banyak memposting konten serta ukuran file yang diunggah. Kemudian pilih kategori yang ingin Anda lihat, seperti kategori file lebih dari 5MB. Ini ditampilkan bersama dengan nama dan ukuran file yang dipesan diurutkan dari yang baru sampai lama.

 

Pengguna dapat memilih semua atau beberapa file untuk dihapus permanen atau melihatnya satu per satu. Selain itu, sebelum menghapus, pengguna dapat membuka file terlebih dahulu untuk memastikan gambar, video, foto, dokumen, atau jenis file lainnya tidak diperlukan lagi. 

 

Dalam mode aman, cukup tekan (tekan dan tahan) file yang ingin Anda hapus. Anda dapat memilih beberapa file sekaligus. Kemudian klik ikon wadah sampah di bagian pojok kiri atas untuk menghapus semuanya secara permanen. 

Baca juga: Cara Mengirim File Besar Video, Audio, dan Gambar di WhatsApp

 

Dengan menyortir file terkirim berdasarkan ukuran, manajemen penyimpanan juga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memeriksa file mana yang paling banyak menempati ruang di memori telepon, dan menghapusnya saat tidak diperlukan lagi. 

 

Cara ini juga lebih praktis dan aman dibandingkan penghapusan manual, karena akan langsung menampilkan seluruh file yang terletak di dalam folder aplikasi WhatsApp tanpa menyertakan aplikasi lain.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment