Menonaktifkan Download Otomatis di WhatsApp (whatsapp.com)


Pesan chat di grup WhatsApp bisa membuat memori smartphone penuh dan lemot. Apalagi kalau isi pesan tersebut berupa gambar dan video, maka memori ponsel bisa mendadak penuh. Kasus seperti ini sering kali terjadi karena fitur download otomatis di WhatsApp.


Jadi, sistem default di WhatsApp membuat isi pesan chat di WhatsApp terunduh otomatis. Gambar, audio, dokumen, hingga video akan tersimpan otomatis tanpa harus diunduh terlebih dahulu. Tentu hal ini cukup merugikan bila anggota di grup WhatsApp Anda gemar mengirim video.


Belum lagi bila video tersebut aneh-aneh atau berbau dewasa. Takutnya nanti pacar atau keluarga yang membuka galeri Anda menjadi berpikiran negatif kepada Anda karena isi galeri aneh-aneh semua. Nah, atas alasan tersebut kami akan memberikan tutorial yang bermanfaat dan cukup membantu masalah Anda.


Cara Menonaktifkan Download Otomatis di WhatsApp


  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Di bagian menu Chat, pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Pilih Setelan lanjut ke Data dan penyimpanan.
  4. Fokus ke menu Unduh otomatis media.
  5. Hilangkan centang di semua menu.


Di sana tertulis Pesan suara selalu diunduh secara otomatis untuk pengalaman komunikasi terbaik.


Lalu, di bawahnya ada beberapa menu, seperti Saat menggunaka data seluler, Saat terhubung ke Wi-Fi, dan Saat roaming. Untuk menonaktifkan download otomatis, hilangkan centang di ketiga menu tersebut, termasuk centang di foto, audio, video, hingga dokumen.


Dengan begitu, media baru akan tersimpan apabila Anda mengunduhnya secara manual. Kalau ada teman atau saudara yang mengirimi Anda video tidak senonoh, maka video tersebut akan berbentuk buram. Nanti setelah Anda menekan download, maka video akan terunduh dan bisa ditonton. 

Baca juga:

Cara Video Call WhatsApp sampai 50 Orang di Ponsel
7 Cara Mengetahui WhatsApp Dibajak atau Disadap
3 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus


Hal ini untuk mencegah memori ponsel menjadi penuh dan menghindari adanya foto atau video konten dewasa yang tersimpan di galeri ponsel. Sehingga smartphone menjadi ringan dan cepat. 


Kalau Anda masuk dalam grup WhatsApp dengan banyak anggota dan aktif mengirim media, pasti smartphone Anda menjadi lemot dan lambat. Oleh karena itu, fitur download media dinonaktifkan agar hal tersebut tidak terjadi lagi.

Post a Comment